01/03/2021

Disini Saja

Disini Saja

15 Tanda Mesin Mobil Mu Masih bagus

Memiliki mobil sangat penting untuk memastikan kendaraan dalam keadaan baik, tidak hanya badan mobil saja, tetapi mesin yang merupakan bagian penting darinya agar dapat digunakan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah.

Jika mesin tidak dirawat dengan baik, maka Anda harus rela mengeluarkan biaya yang besar karena harus mematikan atau memperbaikinya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ciri-ciri mesin mobil yang masih bagus, anda bisa simak ulasan yang akan diberikan kali ini.

1. Suara Mesin Masih Halus

Mesin masih dalam kondisi baik dan suaranya tetap halus saat mesin masih hidup atau hidup. Pastikan juga tidak ada suara seperti logam bergesekan atau saling berhadapan. Untuk memeriksanya, bawa mobil ke tempat yang sepi kemudian hidupkan mesin selama kurang lebih 5 menit dan ulangi proses tersebut kemudian buka tutup penutup mobil. Jika tidak ada suara mesin yang berombak, bisa dipastikan mesin masih dalam kondisi baik.

2. Tidak Ada Kebocoran Bahan Bakar atau Oli

Mesin mobil yang bagus tidak hanya membuat mesinnya bersuara halus, tetapi juga tidak ada kebocoran bahan bakar, oli dan cairan lainnya. Baut dan mur pada mesin masih terpasang dengan baik dan tidak laku. Jika ada cairan yang keluar, itu tandanya mesin mobil sudah diperlihatkan atau mengalami masalah.

Anda lagi cari toyota jogja? Yuk dapatkan kualitas maksimal harga toyota jogja murah pada tautan tersebut, silahkan bisa diklik saja.

3. Ujung Knalpot Pada Kondisi Bersih

Ujung knalpot yang bersih dan warna coklat kemerahan setelah digunakan selama beberapa menit menandakan mesin masih dalam kondisi yang baik karena stabilnya campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar serta komposisinya.

4. Perpindahan Gigi Cepat

Saat berpindah persneling ke mesin lain, mesin mobil yang bagus akan dapat menyala dengan cepat, namun jika perpindahan persneling agak sulit maka ini pertanda mesin mengalami masalah.

5. Lampu Indikator Tidak Menyala

Di setiap mobil terdapat banyak lampu indikator yang menunjukkan kondisi mesin, seperti suhu dan oli. Pada mesin mobil yang bagus, lampu indikator akan dalam keadaan mati atau mati, karena jika lampu indikator mobil menyala atau padam menandakan adanya kerusakan pada mesin.

6. Warna Asap Terlihat Normal

Warna asap mesin mobil dalam kondisi baik tidak akan diwarnai dan akan tampak putih atau hitam yang merupakan indikasi adanya pembakaran dan oli yang tercampur di ruang mesin. Sementara tetesan air di knalpot juga sering terjadi dan menjadi bukti bahwa kondisi mesin masih bagus.

7. Kepala Silinder Tidak Melengkung

Kepala silinder pada mesin akan menjadi rata dan lurus serta tidak melengkung. Jadi ini memastikan oli tidak akan bercampur dengan air dan mesin stabil serta tidak ada masalah.

8. Sistem Pelumasan Masih Penuh dan Tidak Kotor

Pelumasan atau minyak esensial agar mesin tidak runtuh setelah dinyalakan. Jika pemeriksaan oli melalui stick di dalam oli masih penuh dan tidak kotor, maka kondisi mesin masih baik. Karena itu, pastikan mengganti oli secara rutin agar performa mesin bisa tetap terjaga.

9. Timing Belt Masih Tersambung

Timing belt berdampak besar pada performa mesin, yaitu dengan mentransfer energi dari poros ke kamera. Pastikan timing belt masih tersambung dengan baik, karena jika timing belt putus, mesin akan bermasalah dan bisa terjadi benturan antara katup dan piston.

10. AC Masih Dingin

AC atau alat pengatur kondisi pada mobil juga dapat digunakan untuk menunjukkan apakah kondisi mesin masih bagus atau tidak. Jika kondisi AC masih normal atau dingin, maka bisa dipastikan mesin masih dalam keadaan normal. Namun jika mesin mengalami masalah maka secara otomatis AC akan mati sehingga proses pendinginan tidak berjalan dengan baik.

11. Air Tidak Muncrat Saat Mesin Dinyalakan

Cara lain untuk mengetahui apakah performa mesin masih bagus adalah dengan membuka penutup air radiator sebelum menghidupkan mesin. Jika tidak ada percikan air atau riak yang besar, bisa dipastikan pompa air dalam kondisi normal.

12. Temperatur Mesin Dalam Kondisi Normal

Temperatur dalam mesin yang baik akan berada dalam kondisi normal. Jika panas berlebih atau suhu mesin lebih tinggi, hal ini menandakan mesin mengalami kerusakan dan akan menimbulkan korban jiwa.

13. Putaran Mesin Berubah Saat Kabel Busi Dicabut

Untuk memeriksa apakah mesin mobil masih berfungsi, Anda dapat melakukannya dengan menghidupkan mesin mobil dan mencabut busi satu per satu. Jika terjadi perubahan putaran mesin, artinya mesin masih berjalan optimal.

Namun bila busi dicabut dan putaran mesin tidak menunjukkan adanya perubahan berarti mesin mengalami masalah karena busi mati dan tidak dapat digunakan.

14. Tidak Ada Knocking pada Mesin Turbocharger

Absennya hentakan turbocharger juga menandakan bahwa mesin memiliki kondisi yang berat. Jika terjadi tekanan tinggi pada ruang bakar mesin maka piston akan pecah dan mesin akan menimbulkan gejala knocking.

15. Mesin Tidak Mengeluarkan Bau

Fungsi pelumas tidak hanya untuk membantu kelancaran komponen tetapi juga untuk menjaga kestabilan suhu komponen mesin agar mesin tidak mengeluarkan bau yang dapat timbul saat mesin mengalami overheat.