29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Agar Tidak Salah, Kenalilah Ciri-ciri Berlian Asli

Kalung berlian emas putih saat ini menjadi populer karena di dalamnya terdapat berlian yang tidak hanya menampilkan keindahan, tetapi bernilai jual tinggi. Karena kepopulerannya itu, sudah banyak toko perhiasan yang menjual kalung ini.

Sayangnya, masih banyak oknum nakal yang menjual kalung dengan berlian palsu. Oleh karenanya, perhatikan dengan teliti batu berliannya ketika sedang membeli kalung berlian. Untuk mengetahui keaslian berlian, bacalah ciri-ciri berlian asli berikut ini supaya kamu tidak tertipu setelah membelinya!

7 Ciri-ciri Kalung Berlian Emas Putih Asli

Anti retak

Berlian termasuk batuan yang memiliki fisik paling keras. Dengan begitu berlian tidak mudah rusak walau terkena benturan keras atau berada di suhu ekstrim. Jadi, jika kalungmu mudah rusak atau patah ketika terkena benturan, berarti berlian tersebut adalah berlian imitasi.

Anti gores

Berlian asli juga tidak akan meninggalkan bekas goresan. Untuk membuktikannya coba saja goreskan berlian ke kaca. Apabila terdapat goresan di kaca dan berlian tidak tergores, tandanya berlian itu asli. Akan tetapi, jika terdapat goresan di permukaannya, maka berlian tersebut palsu.

Dapat memantulkan cahaya

Setiap sisi manapun permukaan berlian asli dapat memancarkan cahaya yang membuat tampilannya berkilau. Cahaya yang dipancarkan berlian asli hanya berwarna abu-abu saja. Jika berlianmu hanya memancarkan cahaya dari sisi atas saja dengan beragam warna, dipastikan itu adalah berlian palsu.

Memiliki cerminan yang tidak jelas

Banyak yang menganggap bahwa kita bisa melihat objek lain dari berlian secara jelas. Faktanya, berlian yang asli menampilkan refleksi yang tidak jelas. Untuk membuktikannya, letakkan permukaan berlian yang datar di atas tulisan dengan pencahayaan sekeliling yang terang. Lalu perhatikan tulisannya, jika tulisan tersebut dapat dibaca jelas, berarti berlian tersebut tidak asli. Sebab, berlian yang asli setiap sisinya membiaskan cahaya ke arah lain, bukan dalam satu garis lurus.

Tidak berkabut dan tidak panas

Untuk mengetes keaslian berlian, cobalah menghembuskan nafas ke arah berlian tersebut. Apabila kabut di permukaannya cepat menghilang, tandanya berlian tersebut asli, begitu pula sebaliknya. Hal itu dikarenakan berlian dapat menghantarkan panas, jadi dia bisa menyebarkan panas dari hembusan nafas secepat mungkin.

Tidak mengambang

Untuk menguji keaslian berlian selanjutnya yaitu dengan menyiapkan satu gelas lalu diisi dengan air hingga 3/4 gelas. Kemudian masukkan berlian ke air tersebut. Apabila ia mengambang, maka dipastikan berliannya palsu.

Memiliki sertifikat

Berlian asli dengan kadar di atas 0,3 karat biasanya telah dilengkapi oleh sertifikat berlian. Di mana sertifikat tersebut dikeluarkan oleh lembaga-lembaga yang resmi dan bisa dibuktikan kebenarannya.

Sekian informasi mengenai ciri-ciri berlian asli. Apabila kamu sedang mencari kalung berlian emas putih, datanglah ke The Palace Jeweler yang menawarkan varian emas berlian yang terpercaya.