03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Apa Itu Onkologi dan Peran Pada Kanker?

Onkologi adalah cabang kedokteran yang berfokus atau mengkhususkan diri pada kanker. Onkologi sendiri mempelajari bagaimana kanker dapat didiagnosis, dirawat, dirawat, dan dicegah.

Tidak hanya onkologi satu bagian utama, tetapi ada beberapa bagian kecil lainnya juga. Seseorang yang memiliki ahli onkologi atau yang bekerja di bidang onkologi disebut ahli onkologi atau ahli onkologi. Itulah definisi onkologi yang bisa Anda pahami.

Bedah Onkologi

Onkologi Bedah / Onkologi Bedah merupakan salah satu cabang ilmu onkologi yang berfokus pada pengobatan kanker melalui intervensi bedah. Kanker dikenal sebagai penyakit paling mematikan kedua di dunia, dengan 9,6 juta orang per tahun atau satu pasien baru setiap 3 detik. Indonesia berhasil menjangkau 348.000 kasus penderita kanker pada tahun 2018 dengan angka kematian keseluruhan 207.000 kasus.

Seburuk itu, jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya, hal ini jelas menjadi perhatian khusus dalam dunia medis. Oleh karena itu, di bidang onkologi khususnya, terdapat peningkatan kebutuhan akan pengetahuan dan pengetahuan medis.

Spesialis Onkologi

Bidang onkologi meliputi onkologi medis, onkologi bedah, dan onkologi radiasi. Perbedaan antara ketiga bagian ini adalah tugas yang mereka lakukan. Onkologi medis lebih difokuskan pada pengobatan dan penanganan pasien kanker seperti kemoterapi, terapi target, terapi hormon, dan imunoterapi. Onkologi bedah berfokus pada pengobatan kanker seperti pembedahan atau pembedahan. Onkologi radiasi lebih banyak tentang merawat pasien kanker dengan terapi radiasi.

Dokter Onkologi

Selain ketiga bagian di atas, terdapat pula ahli onkologi pediatrik yaitu ahli onkologi yang menangani anak penderita kanker. Onkologi ginekologi, yang berfokus pada kanker sistem reproduksi wanita seperti vagina, rahim, leher rahim, dan ovarium. Terakhir, hematologi onkologis berfokus pada kanker yang menyerang sel darah, yaitu leukemia, limfoma, dan mieloma.

Tugas Dokter Onkologi

Tugas apa yang biasanya dilakukan oleh ahli onkologi atau ahli onkologi? Tugas seorang ahli onkologi atau ahli ontologi adalah membantu mendiagnosis kanker, membantu mengobati kanker, dan mengambil tindakan pencegahan. Berikut penjelasan lengkap masing-masing sub-task force onkologi atau onkologi:

Membantu mendiagnosis kanker

Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan ahli onkologi untuk mengidentifikasi penyakit pasien mereka. Pemeriksaan fisik, tes darah, tes urine, tes pencitraan, dan biopsi biasanya dilakukan pada tingkat diagnostik ini. Ini dilakukan untuk mengetahui sifat penyakit dan tingkat keparahan penyakit pada pasien.

Membantu pengobatan kanker

Setelah dokter mengetahui penyakit dan beratnya penyakit pasien, dokter mulai menggunakan metode pengobatan. Modalitas pengobatan ini dapat mencakup pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi bertarget, dan terapi hormon.

Tentu saja, metode yang digunakan untuk setiap pasien akan berbeda-beda tergantung pada jenis penyakit serta tingkat keparahannya. Selain cara yang telah disebutkan, dokter juga akan memberikan berbagai obat pereda nyeri akibat efek samping obat pasien.

Dukung tindakan pencegahan

Yang terakhir adalah pencegahan. Upaya pencegahan ini dilakukan agar penyakit pasien tidak kambuh atau kambuh. Ini biasanya berupa pemeriksaan rutin dengan dokter, baik ahli onkologi atau spesialis lainnya.

Ini adalah beberapa peran yang dimainkan ahli onkologi dalam merawat pasien mereka. Dimulai dengan diagnosis dan pengobatan hingga tindakan pencegahan bagi pasien kanker. Anda melakukan semuanya tidak hanya secara mandiri, tetapi juga dengan bantuan spesialis lainnya. Contohnya termasuk melakukan tes darah dengan bantuan ahli hematologi atau ahli hematologi, atau bahkan mengobati leukemia dan jenis kanker sel darah lainnya.

Ontologi hematologi

Lalu apa perbedaan antara Onkologi dan Hematologi? Faktanya, onkologi dan hematologi bekerja sama dan membantu satu sama lain dalam pekerjaan. Tentu, dasar kedua ilmu itu berbeda. Sebagaimana dibahas di atas, ilmu ini lebih menitikberatkan pada pengetahuan dalam pengobatan kanker.

Apakah Anda sedang mencari distributor alat kesehatan? Jika iya, bisa kunjungi alkesduaputry.com yang sudah trusted.