03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Apa itu Shareware?

Saat ini semakin modern dimana hampir semua kebutuhan hidup kita dapat ditunjang oleh internet. Teknologi telah menjadi penting di internet kita. Ini termasuk teknologi yang dihasilkan dari penggunaan perangkat lunak atau yang disebut perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut berisi lisensi untuk mengaktifkan ini.

Perangkat lunak yang memenuhi syarat biasanya open source, adware, freeware, dan shareware. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya membahas tentang apa itu shareware. Dalam pembahasan kali ini, kami memberikan gambaran tentang shareware, kelebihan dan kekurangannya, serta contoh aplikasi shareware. Simak saja pembahasannya di bawah ini.

Pahami Arti Shareware

Untuk keperluan istilah shareware, itu adalah perangkat lunak atau perangkat lunak atau aplikasi yang dapat digunakan bersama. Apa yang dimaksud dengan shareware ini? Shareware adalah perangkat lunak yang mendistribusikan aplikasi secara gratis maupun gratis. Biasanya digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Sayangnya software ini hanya bisa digunakan untuk waktu yang terbatas atau memiliki batasan waktu. Jika Anda menyukai perangkat lunaknya, kami menganjurkan agar Anda membeli aplikasi tersebut agar tidak ada batasan waktu.

Biasanya perangkat lunak kedaluwarsa atau penggunaan gratisnya mungkin dibatasi. Misalnya, jika Anda memiliki 30 hari libur, Anda tidak akan dapat mengakses fungsi tertentu atau aplikasi tidak akan lengkap. Ketika versi trial berakhir, perangkat lunak biasanya terkunci dan Anda tidak dapat lagi menggunakan perangkat lunak tersebut.

Namun, ada juga perangkat lunak yang dapat digunakan kembali saat versi trial tersedia. Meski bisa digunakan kembali, masih ada berbagai fungsi yang bisa dibatasi oleh hal-hal tertentu.

Untuk membuka kunci kita memerlukan nomor seri atau lisensi atau mungkin hak cipta dari aplikasi atau perangkat lunak. Ini memungkinkan Anda melakukan pembelian resmi dari aplikasi atau penyedia perangkat lunak. Jika Anda menanyakan harganya, shareware datang dengan harga yang berbeda dan memiliki fitur-fitur hebat. Padahal, Anda bisa melihat bahwa harga tersebut bergantung pada fungsi dan kemudahan penggunaannya.

Contoh Aplikasi Shareware

Ada beberapa contoh aplikasi shareware yang bisa Anda gunakan. Sekarang aplikasinya seperti yang dijelaskan oleh kami. Berikut uraiannya.

1. IDM atau Internet Download Manager

IDM adalah aplikasi berbasis shareware yang menggunakan batasan penggunaan. Dimana aplikasi ini akan tersedia sebagai uji coba dalam 30 hari. Setelah batas waktu yang ditentukan, Anda perlu membeli lisensi untuk menggunakan aplikasi ini lagi.

2. Winrar

Misalnya aplikasi selanjutnya adalah Winrar yang merupakan aplikasi shareware yang bisa Anda gunakan saat melakukan kompres data. Secara umum, aplikasi ini menawarkan periode gratis selama 30 hari. Jika Anda ingin tetap menggunakan aplikasi ini atau jika tidak ada batasan waktu, Anda dapat membeli lisensi untuk mengembangkannya.

3. CyberLink PowerDVD

CyberLink PowerDVD adalah shareware yang dapat digunakan untuk membuat film format Blu-Ray dan DVD. Anda dapat menggunakan shareware ini secara gratis, tetapi pada waktu-waktu tertentu. Ketika jangka waktu tertentu telah berlalu dan Anda ingin terus menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan pembelian untuk lisensinya.

4. Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah aplikasi shareware dengan waktu terbatas. Biasanya aplikasi ini gratis, tapi sayangnya memiliki tenggat waktu 60 hari. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini tanpa batas waktu, Anda perlu membeli lisensi Microsoft dan menginstalnya di komputer Anda.

5. Norton Antivirus

Norton Antivirus adalah sejenis shareware yang memiliki fungsi membersihkan dan menangkis ancaman virus di komputer Anda. Sama seperti aplikasi sebelumnya dimana Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun memiliki batasan waktu tertentu. Norton Antivirus memiliki masa hidup hingga 30 hari. Namun, Anda dapat menggunakan aplikasi ini tanpa batas waktu, tetapi Anda perlu membeli lisensinya terlebih dahulu.

Ketika kami sampai pada kesimpulan bahwa pentingnya shareware adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat salinan. Namun, Anda harus melalui proses pembelian untuk lisensinya jika Anda ingin tetap menggunakan shareware ini.

Lagi butuh jasa konsultan it majalengka? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut ya!.