Perhatikan 11 Cara Belajar SEO Youtube Ini Supaya Subscriber Banyak

Kamu ingin kanalmu punya banyak subscriber layaknya miawaug, jess no limit dan lain sebagainya? Kalau iya, nampaknya kamu harus memahami dulu bagaimana cara belajar seo youtube.

Sama halnya seperti website, jasa seo juga penting dalam dunia yotube. Sebab dapat membuat situsmu terlihat pengguna. Sehingga pada akhirnya subscriber pun bertambah banyak, layaknya contoh channel sebagaimana disebutkan di paragraf pertama.

Tidak hanya itu, berkat mempelajari teknik seo khusus youtube yang bisa kamu pelajari dari ahli seo. Kemungkinan besar setiap video yang diunggah olehmu, terutama video itu dikemas secara menarik baik dari segi thumbnail dan materi, ditonton oleh pengguna berkali – kali.

Cara Belajar SEO Youtube Paling Mudah

Lantas bagaimanakah cara belajar seo youtube paling mudah, yang mana bakal berguna untuk para pemula ?. Langsung saja, berikut ini adalah daftarnya :

Tentukan Nama Channel

Menurut informasi dari berbagai sumber, salah satu hal paling berpengaruh terhadap perkembangan channel adalah nama. Di mana jika namanya itu singkat dan mudah diingat masyarakat, maka penontonnya bakal melimpah.

Maka daripada itu, cara belajar seo pertama ialah kamu harus menentukan nama dari channel youtube. Tidak lupa tambahkan juga logo pada bagian informasi akun supaya sistem dapat mengindentifikasi sekaligus membedakan channel dengan nama serupa.

Buat video berkualitas tinggi

Kamu wajib juga membuat video berkualitas tinggi. Adapun kriterianya sendiri ialah resolusi di atas 1080 pixel, audio  jelas dan terdengar oleh para penonton, teknik pengambilan gambar pas, sampai edit video yang bagus.

Dengan bagusnya kualitas video, channel-mu bakal terdeteksi oleh algoritma youtube. Kemudian sekiranya video yang dibuat punya daya tarik tersendiri dari segi materinya, kemungkinan besar lambat laun dibanjiri oleh penonton berbagai usia.

 Riset juga kata kunci

Sistematika youtube sebenarnya hampir sama seperti Google, yaitu sistem mengumpulkan dulu semua video dari berbagai channel. Kemudian video tersebut dimasukan ke dalam data base. Lalu jika pengguna menuliskan segala sesuatu pada kolom pencarian, mesin mencari video sekiranya relavan dengan apa yang sedang dicari.

Nah dalam mengumpulkan video relavan, sistem mengandalkan dari deskripsi setiap konten dibuat. Dan agar channel terdeteksi, usahakan pada kolom tersebut disematkan kata kunci menarik. Bebas sih apa saja, cuma mesti sejalan dengan apa yang dicari masyarakat.

Kan kalau riset kata kunci untuk website, ada berbagai macam alatnya. Contohnya Ubbersuggest, Google Keyword Tools dan Google Trends. Khusus youtube sendiri, alat periset yang bisa digunakan antara lain Google Trends, SEM Rush dan sebagainya.

Buat thumbnail menarik

Lain halnya website, mayoritas masyarakat Indonesia melihat dulu thumbnail dari konten sebelum memutuskan menonton suatu video.

Semakin menarik dan heboh suatu thumbnail, maka kemungkinan besar bakal ditonton oleh sebagian besar pengguna. Walau pada kenyataannya, apa yang tertera dalam thumbnail tidak sesuai dengan materi video.

Lantas bagaimana caranya buat thumbnail menarik itu ?, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi edit foto. Untuk komputer atau laptop, kami sarankan pakailah Adobe Photoshop maupun Ilustrator. Kemudian sekiranya kamu pakai ponsel, umumnya yang dipakai adalah canvas.

Cara Belajar SEO: Rutin update

Percuma saja punya subscriber lebih dari 1000 orang kalau sekiranya kamu tidak rutin mengunggah video berkualitas!. Kenapa?.

Bagaimana tidak, nantinya semua subscriber menganggap bahwa channel sudah tidak aktif lagi. Pada akhirnya mereka pun pindah ke pesaingmu dan menonton semua video yang mereka upload di kanal mereka.

Cara Belajar SEO: Tambahkan keyword tags

Cara belajar seo selanjutnya ialah tambahkan keyword tags di setiap konten yang kamu buat. Dapat sebanyak 10 – 40 tags, tergantung kebutuhan kamu.

Jangan asal juga dalam menuliskan tag, pastikan tag yang disematkan itu punya daya saing rendah lengkap namun pencarian tinggi. Hal ini bertujuan agar konten kamu bisa trending nomor 1, alhasil pundi – pundi rupiah pun membanjiri dompetmu.

Untuk mengetahui tags mana yang sekiranya pantas kamu sematkan. Pakai saja bantuan dari alat periset kata kunci untuk youtube yang berbayar. Tapi sekiranya kamu tidak punya modal, kamu juga boleh kok pakai keyword finder tool yang gratis.

Durasi video panjang

Youtube saat ini menyukai konten – konten berdurasi 10 – 20 menit. Lebih dari itu mendapatkan penilaian sangat baik dari sistem.

Cuma seringkali konten terlalu panjang membuat penonton merasa bosan. Alhasil usahakan dari menit pertama sampai terakhir, masukan hal – hal menarik dalam video. Bisa itu berupa music unik, tampilan atau cuplikan gambar dan lain sebagainya.

Modern ini banyak juga youtuber yang menyelenggarakan sayembara bernama give away. Artinya setiap penonton yang menonton video secara penuh, mereka berhak memperoleh hadiah dari mereka. Adapun hadiahnya sendiri berbentuk iphone versi sekarang. Ada juga yang memberikan hadiah berupa pulsa atau diamond mobile legend.

Niche channel

Cara belajar seo selanjutnya untuk youtube ialah menentukan niche. Sebagai calon youtuber, kamu harus memilih dulu tentang topik atau bidang apa yang akan dibahas dalam setiap konten videomu, atau disebut sebagai niche.

Pada tahun 2020, berdasarkan data dari berbagai sumber. Niche umum yang sering dipakai oleh konten kreator tepatnya di Indonesia antara lain adalah gamer, musik olahraga sampai informasi seputar artis.

Bidang politik, sejarah dan edukasi pun meningkat pamornya terutama setelah pemerintah Indonesia menetapkan undang – undang cipta lapangan kerja awal oktober kemarin. Asalkan semua konten dibuat harus berdasarkan data dan fakta.

Cara Belajar SEO: Optimasi Embed dan Link

Kamu punya blog, dan sudah dikunjungi oleh ribuan pengunjung setiap harinya? Manfaatkan saja blog tersebut untuk menggaet penonton dalam jumlah besar.

Mengingat menempatkan link video channel mu bukan suatu hal yang paling dibenci mesin pencari. Berdasarkan penelusuran kami, link berupa video tidak melanggar kebijakan sebagaimana mereka inginkan. Sehingga blog kamu bakal aman dari segala jenis penalty yang akan mereka berikan.

Dapatkan mentor

Cara belajar seo untuk youtube terakhir ialah usahakan kamu mendapatkan seorang mentor. Mentor haruslah seseorang yang telah berpengalaman di bidang youtube hingga lebih dari satu tahun, jangan sampai pemula.

Kenapa keberadaan mentor ini sangat penting? Setidaknya ada 2 faktor penyebab, antara lain adalah dapat dijadikan sebagai tempat berkonsultasi kalau sekiranya menemukan masalah dalam channel kamu, entah itu originalitasan konten dan sebagainya.

Kamu pun dipersilahkan untuk meminta rekomendasi atau pendapat mengenai segala hal berkaitan dengan dunia youtube. Misalnya tentang video yang dibuat, baik dari segi audio sampai gambar. Kemudian jam terbit dan thumbnail, sekiranya perlu didiskusikan. Diskusikanlah.

Untuk menjadi seorang youtuber ternyata tidak mudah. Ada banyak hal yang mesti kamu ketahui dan laksanakan agar channel bisa dikunjungi oleh ribuan pengguna dari berbagai kalangan, salah satunya adalah cara belajar seo. Sehingga usahakan pahami tentang hal tersebut dan terima kasih telah membaca artikel ini.