03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Cara mengatasi rayap di rumah

Keberadaan rayap di dalam rumah merupakan mimpi buruk bagi setiap pemilik rumah. Sayangnya, masalah ini sering terjadi di Indonesia karena udaranya yang lembab dan penggunaan kayu di rumah baik sebagai rangka bangunan maupun bahan furnitur.

Anda harus secara teratur memeriksa benda-benda kayu di rumah Anda dari rayap. Cari tahu cara mengatasi rayap dengan bahan alami jika masalah rayap tidak terlalu parah. Singkirkan rayap segera setelah Anda menemukannya, jangan ragu!

Membasmi rayap dengan bahan tidak beracun

Jika Anda menemukan rayap di rumah Anda, berikut beberapa cara untuk menggunakan bahan tidak beracun untuk membasmi rayap:

Perangkap rayap dari kardus

Ambil kotak karton bekas, biarkan airnya basah dan gulung seperti pipa. Kardus basah berbau seperti kayu, yang menarik rayap. Letakkan di dekat penanda rayap. Setelah rayap berkumpul di dalam perangkap, angkat perangkap ke luar dan bakar. Pasang perangkap baru sampai rayapnya hilang.

Jemur di matahari

Cara ini bisa digunakan saat rayap ditemukan di furnitur yang mudah diangkat. Singkirkan furnitur yang dipenuhi rayap dan biarkan di bawah terik matahari selama dua hingga tiga hari.

Minyak neem dan minyak jeruk

Ini adalah cara yang bagus untuk membasmi rayap di lemari Anda karena tidak beracun. Bahan ini aman digunakan di pantry atau di lemari perkakas dapur. D-limonene dalam minyak jeruk melindungi dari rayap dari kontak langsung dengan minyak nimba, pestisida alami.

Setelah bersentuhan dengan minyak ini, rayap tidak lagi memakan kayu dan jumlah rayap menurun drastis. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak pada kapas dan mengelapnya pada lemari atau furnitur. Ulangi sekali seminggu jika perlu.

Diatomaceous earth

Bahan ini, juga dikenal sebagai tanah diatom dan tersedia untuk dibeli di toko perlengkapan berkebun, merupakan musuh alami rayap karena dapat menghilangkan lapisan luar rayap dan menyebabkan dehidrasi. Taburkan lapisan tipis pada area di mana rayap ditemukan atau di luar untuk mencegah masuknya rayap. Taburkan juga di loteng untuk mencegah rayap memakan rangka atap. Jaga agar kieselguhr tetap kering.

Cuka dan perasan jeruk lemon

Mencampurkan kedua bahan dapur ini juga merupakan cara yang tidak beracun untuk membasmi rayap. Peras dua lemon dan campur jus dengan setengah cangkir cuka. Masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang terkena. Ulangi sampai rayap hilang.

Beberapa metode di atas sangat efektif untuk masalah rayap yang tidak terlalu parah, tetapi terkadang ada kebutuhan untuk menangani rayap dengan bahan kimia dengan menggunakan layanan profesional untuk mengatasi masalah rayap yang akut.

Lagi butuh jasa pembasmi rayap medan? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.