06/05/2021

Disini Saja

Disini Saja

INFORMASI SEPUTAR MANAGEMEN JASA KONSTRUKSI UNTUK YANG ANDA TELAH BERGABUNG DI PADI UMKM

INFORMASI SEPUTAR MANAGEMEN JASA KONSTRUKSI UNTUK YANG ANDA TELAH BERGABUNG DI PADI UMKM

Untuk Anda yang telah bergabung di PaDi UMKM apakah Anda sudah mengerti pentingnya Manajemen konstruksi dalam jasa konstruksi bangunan? Managemen konstruksi di jasa konstruksi bangunan akan selalu melibatkan banyak proses dan juga persyaratan. Hal ini adalah fondasi penting untuk setiap proyek pembangunan dan jasa konstruksi bangunan sekaligus sebagai kunci keberhasilan suatu proyek pembangunan.

Tujuan dari manajemen konstruksi di jasa konstruksi bangunan itu sendiri adalah agar bisa semakin matang dalam mengontrol dan memantau tingkat kemajuan suatu proyek dalam hal kualitas, biaya, dan juga waktu. Hal tersebut mencakup spektrum tanggung jawab yang lebih luas dan menyebar pada berbagai sektor, seperti perumahan, agrikultur, institusi, industri dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, manajer konstruksi di jasa konstruksi bangunan memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan keberhasilan proyeknya. Karena, perencanaan dalam suatu proyek jasa konstruksi bangunan sering sekali berubah, sehingga diperlukan seorang manajer yang mampu menjaga tingkat stabilitas dan juga memfasilitasi koordinasi antar tim.

Pengertian dan arti dari manajemen konstruksi di dalam jasa konstruksi bangunan adalah suatu ilmu yang mempelajari dan juga melakukan berbagai aspek manajerial serta teknologi industri konstruksi. Arti lain dari manajemen konstruksi adalah suatu modal bisnis yang dilakukan oleh suatu konsultan konstruksi dan jasa konstruksi bangunan dalam memberikan nasihat dan juga bantuan dalam suatu proyek pembangunan. CMMA atau Construction Management Association of America menjelaskan bahwa terdapat tujuh kategori utama yang menjadi tanggung jawab seorang manajer konstruksi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: Proyek manajemen, Manajemen harga, Manajemen waktu, Manajemen kualitas, Administrasi kontrak, Manajemen keselamatan, Praktik profesional.

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Konstruksi pada jasa konstruksi bangunan adalah sosok yang diberikan tanggung jawab atas suatu proyek agar bisa berjalan sesuai dengan rencana perusahaan. misi utama mereka adalah memastikan adanya penyelesaian proyek yang berdasarkan pada anggaran dan juga waktu yang sebelumnya sudah disepakati. Selain itu, mereka juga harus memastikan seluruh proyek yang dikerjakan sudah mematuhi berbagai peraturan bangunan yang ada.

Kemudian perlu diketahui Peran Kontraktor Umum pada jasa konstruksi bangunan adalah, Manajer konstruksi pada jasa konstruksi bangunan yang juga harus siap dalam hal mencari kontraktor ketika sudah menyelesaikan tahap desain. Kontraktor umum ini bertanggung jawab pada beberapa hal, yaitu menjadi tulang punggung proyek, koordinasi pekerjaan, alokasi sumber daya, dan pemecahan masalah saat masalah muncul. Setidaknya ada dua jenis kontraktor secara umum. Pertama, mereka yang melakukan berbagai tugas berdasarkan visi arsitek dan juga desainer. Kedua, mereka yang bertanggung jawab pada pelaksanaan dan pembuatan desain suatu proyek. Kesimpulannya, kontraktor umum berperan penting selama proses pembangunan dan mereka mempunyai tanggung jawabnya sendiri, tergantung pada keterlibatan mereka selama mengerjakan tahap desain proyek.