02/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Ini Perbedaan Resize dan Compress Foto

Pernahkah Anda gagal mengunggah foto saat mendaftar secara online? Persyaratan untuk mengunggah foto saat mendaftar online biasanya diatur dengan ukuran tertentu. Pada dasarnya, langkah-langkah untuk mengubah ukuran foto dapat dengan mudah dilakukan secara online atau menggunakan aplikasi. Demikian juga, tetapi tidak semua, ada perbedaan antara mengubah ukuran dan mengompresi foto.

Pernahkah Anda mengunggah gambar dengan ukuran tertentu ke situs web? Ya, ukuran gambar atau foto yang diunggah ke situs biasanya ditentukan oleh resolusi gambar maksimal dalam piksel. Resolusi gambar ini menentukan kualitas gambar yang tampak konsisten saat diunggah melalui sistem tertentu.

Misalnya, jika Anda membandingkan situs dengan album foto, setiap halaman akan terlihat lebih rapi jika foto yang mereka cetak berukuran sama. Dengan kata lain, pengubahan ukuran foto terkait erat dengan ukuran seragam yang terlihat dengan mata telanjang.

Ada beberapa cara untuk mengubah ukuran foto sesuai kebutuhan. Seperti kebanyakan langkah lainnya, Anda dapat menyelesaikan proses pengeditan melalui aplikasi dan juga online menggunakan opsi berikut.

1. Resize dengan aplikasi Paint

Bisakah anak-anak menggunakan aplikasi Paint untuk mengubah ukuran gambar? Ya, ini pekerjaan cat. Memang, menggunakan Paint adalah cara yang nyaman dan mudah untuk menggunakannya tanpa menginstal aplikasi tambahan apa pun di PC Anda. Aktifkan opsi untuk menjaga rasio aspek dan mengimbangi ukuran foto. Dalam mode ini, Anda hanya perlu mengubah satu ukuran kolom (misalnya panjang) agar ukuran lainnya dapat disesuaikan.

2. Mengubah ukuran gambar melalui situs online

Apakah Anda tidak ingin menggunakan aplikasi? Ada cara yang lebih mudah untuk mengubah gambar tanpa benar-benar membuka aplikasi. Anda dapat menggunakan situs online untuk mengubah ukuran gambar. Salah satunya adalah situs PicResize. Halaman ini dapat dibuat hanya dengan menarik dan melepaskan foto dari komputer.

Jika ukuran foto yang Anda unggah sudah sesuai, apakah sistem website akan tetap menolak gambar Anda? Ini mungkin terkait dengan nilai default untuk gambar yang terlalu “berat” untuk diunggah melalui jaringan online.

Jika foto yang ingin Anda unggah adalah sepotong kayu yang ingin Anda pindahkan ke wadah kaca, ukuran gambar dianggap sebagai “berat” batang kayu. Jika sepotong kayu basah ditempatkan dalam wadah kaca, lapisan kaca dapat pecah karena tidak cukup kuat untuk menopang berat potongan kayu tersebut.

Apakah kalian sudah tau cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb? Jika belum silahkan kunjungi tautan tersebut supaya kompres foto 100kb (bisa juga 100kb kebawah).

Oleh karena itu, serpihan kayu harus dikeringkan agar wadah kaca dapat menopang bobotnya. “Mengeringkan” serpihan kayu berarti mengompresi foto. Anda tidak perlu memotong kayu karena ukurannya pas, namun “bobot” kayu perlu dikurangi agar tidak merusak bahan kaca tempat penyimpanannya.

Dengan kata lain, semakin padat resolusi suatu gambar dalam format tertentu (misalnya JPEG, GIF, dan PNG), semakin besar ukuran gambar tersebut. Anda dapat mengurangi kepadatan gambar tanpa mengubah resolusi dengan menghapus detail format tertentu menggunakan sistem komputer.

Langkah mudah untuk mengurangi bobot foto adalah dengan menggunakan alat online seperti jpeg-optimizer.com dan reduimages.com. Anda juga bisa membuka foto di aplikasi Adobe Photoshop kemudian menggunakan opsi Save for Web untuk menyimpan gambar sehingga resolusinya bisa dioptimalkan untuk diunggah ke situs.

Perbedaan antara kualitas gambar asli dan gambar terkompresi biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang, kecuali jika Anda mengurangi ukuran gambar secara signifikan. Jika ukuran gambar dikurangi dengan persentase yang cukup besar dari gambar aslinya, fokus mungkin agak kabur atau tidak fokus.

Jika Anda mendapatkan notifikasi setiap kali Anda mengunggah foto untuk diubah ukurannya atau dikompres, Anda tahu bedanya, bukan?