03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Kayu Kuat yang Tahan Cuaca

Kayu bukan hanya bahan yang populer, tetapi juga daya tarik yang kuat untuk dekorasi rumah. Kayu juga cocok untuk aplikasi indoor dan outdoor. Penggunaan kayu di luar rumah memerlukan perawatan khusus karena serangan rayap atau perubahan panas dan hujan.

Untuk menghindari salah pilih, pertimbangkan 5 jenis kayu yang karakternya cocok digunakan di luar rumah.

1. Jati

Jati atau jati adalah salah satu kayu dengan kualitas terbaik. Kayu ini memiliki butiran kecoklatan yang menciptakan tekstur yang unik. Jati masih dianggap kayu terkuat saat ini.

Karena pertumbuhan jati yang sangat lambat, permintaan pasar sulit untuk dipenuhi. Makanya harganya sangat mahal. Dari segi kualitas, kayu jati dari Jawa dianggap yang terbaik. Ini karena pohon jati tumbuh subur di daerah kering dan berkapur seperti Jawa.

2. Kayu Merbau

Kayu ini sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati. Warna kayu ini coklat dengan sedikit warna merah dan kuning. Kayu Merbauer dari beberapa tempat berwarna abu-abu sampai hitam. Teksturnya seperti garis lurus putus-putus.

Untuk mengolah kayu ini, Anda membutuhkan energi tambahan. Namun, Anda tidak perlu menunggu lama untuk pria ini. Dengan kualitas kayu yang hampir sama dengan kayu jati, Merbau dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda.

3. Kayu ulin

Kayu ulin atau yang lebih dikenal dengan kayu ulin termasuk dalam golongan kayu keras. Kayu ini berwarna coklat muda.

Banyak yang mengira bahwa semakin banyak air yang terkena, semakin baik tampilan kayu ini. Jenis kayu ini tidak membutuhkan perawatan khusus.

Saat memilih bahan kayu untuk tekstur yang baik, Anda harus mempertimbangkan kembali pilihan kayu Anda. Berbeda dengan jati dengan bentuk serat yang menarik, kayu ulin bisa disebut invisible.

Kekurangan lainnya adalah terkadang terdapat retakan pada permukaan rambut.

4. Kayu bengkirai

Kayu yang berasal dari Kalimantan ini disebut juga kayu balau. Bengkirai berwarna kuning kecoklatan. Inti kayu bengkirai memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan bagian yang dekat dengan permukaan. Butir kayu ini panjang dan lurus.

Dibandingkan dengan kayu lainnya, bengkirai sangat rapuh. Karena itu, tidak jarang ditemukan retakan pada garis rambut setelah dikeringkan. Meski begitu, kayu ini merupakan kayu keras, sehingga sering digunakan untuk dek outdoor.

Untuk harga, Bengkirai dijual dengan harga yang lebih murah dari pada kayu jati dan ulin.

5. Kayu Damar Laut

Resin laut adalah kayu keras. Bentuknya hampir sama dengan yang ada di Bengkirai. Resin laut memiliki serat lurus atau melengkung. Damar laut baru umumnya berwarna kuning kecoklatan. Semakin lama terpapar di luar, semakin gelap kayu resinnya.

Pengolahan kayu ini sulit dilakukan karena sifat kayunya yang keras. Anda akan membutuhkan lebih banyak usaha untuk mengolah kayu ini.

Dari segi harga, damar laut memang sedikit lebih murah dibanding kayu bengkirai.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.