29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Menguak Manfaat Buah Nanas Untuk Tubuh

manfaat buah nanas

Manfaat buah nanas ternyata cukup beragam. Menguatkan alasan menikmati minuman juice buah nanas di hari yang panas. Jadi penasaran kan? Apa saja sebenarnya manfaat buah nanas untuk tubuh kita. Ulasan ini khusus untuk menjawab penasaran Anda.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Apa sebenarnya yang terkandung dalam buah nanas? Buah dengan rasa manis asam yang khas ini dikenal menjadi buah yang identik dengan musim panas. Rasa segarnya menjadi pilihan favorit di udara panas.

Buah ini hanya memiliki kalori 50 kal untuk tiap 100 gramnya. Di kulitnya yang seolah bersisik ini ditemukan unsur vitamin C yang tinggi. Kandungan pro vitamin A berupa betakaroten juga relatif tinggi. Disempurnakan dengan sederet vitamin B dan bermacam mineral seperti zink, kalium, mangaan, fosfor, tembaga, magnesium dan kalsium.

Selain itu dalam buah nanas ditemukan kandungan xeronin dan proxeronin yang baik untuk menstimulasi regenerasi sel. Kandungan senyawa enzim bromelain yang akan bekerja mendorong peristaltik usus. Selain terdapat pula unsur quercetin, alkaloid, flavonoid, terpenoid dan lain sebagainya.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Dari sederet kandungan nutrisi, mineral, vitamin dan fitokimia di dalam nanas, tentu saja nanas memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut merupakan manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam nanas mencapai 130% kebutuhan tubuh. Sebagai catatan, vitamin C dari sumber alami mengandung unsur antioksidan dan stimulus imun yang lebih banyak dari vitamin C sintetis. Sehingga asupan vitamin C alami dari nanas akan berkali lebih efektif meningkatkan imunitas sekaligus sebagai anti peradangan. Hal ini dipertegas dalam European Journal of Medical Research tahun 2005.

Mendorong regenerasi sel

Xeronin dan proxeronin merupakan senyawa unik yang tidak banyak dijumpai pada buah buahan lain. Selain pada nanas, keduanya ditemukan hanya pada noni. Fungsi utamanya adalah mendorong regenerasi sel dan memberikan proteksi terhadap unsur DNA pada sel. Xeronin bekerja melindungi nukleus dari sel normal supaya tidak mudah rusak dan mengalami gangguan fungsi.

Baik untuk pencernaan

Bromelain adalah senyawa unik pada nanas yang akan mendorong peristaltik usus. Ini akan membantu mengatasi keluhan sembelit dan gangguan fungsi peristaltik pada usus besar. Mengonsumsi nanas dengan rutin akan membantu memperbaiki kebiasaan BAB.

Sebagai terapi batuk dan asma

Bromelain selain bekerja pada usus juga bekerja pada sistem pernafasan. Bromelain dikenal sebagai terapi alami atasi lendir yang kental. Manfaat buah nanas lain adalah membantu meredakan rasa gatal dan dorongan batuk. Nanas juga dikenal baik untuk mengendalikan alergi dan menurunkan dorongan sesak nafas.

Meringankan arthritis

Manfaat buah nanas lain adalah membantu meringankan keluhan arthritis seperti asam urat, reumatik, dan persolan sendi dan tulang lain. Bromelain sejatinya memiliki unsur anti radang. Jadi ketika dikonsumsi penderita asam urat, bromelain akan membantu mengatasi peradangan dan meringankan rasa nyeri.

Membantu pengobatan kanker

Nanas mengandung sejumlah unsur yang dapat bekerja sebagai anti kanker. Kandungan xeronin yang mendorong regenerasi sel, unsur vitamin C yang tinggi, quercetin, alkaloid, taerpenoid dan lain sebagainya merupakan anti kanker.

Baik untuk mata

Dalam nanas tersimpan kandungan pro vitamin A berupa betakaroten. Beta karoten diketahui akan membantu merawat mata. Merawat fungsi lensa mata dan retin, juga merawat kesehatan rongga mata, otot dan jaringan saraf yang menyertainya. Nanas juga dipahami memiliki efek positif mencegah pembentukan katarak.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Kandungan kalium dalam nanas cukup tinggi sehingga direkomendasikan untuk diasup penderita hipertensi. Karena kalium terbukti klinis baik untuk menurunkan tekanan darah. Kalium terbukti meningkatkan sirkulasi darah. Sedang kandungan serat di dalamnya akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

Baik untuk tulang

Nanas diketahui mengandung kalsium, mangan, fosfor, magnesium dan unsur unsur lain yang terbukti bekerja merawat kesehatan tulang. Manfaat buah nanas ini akan membantu mencegah osteoporosis dan gangguan tulang lainnya.

Itulah sejumlah gambaran seputar manfaat buah nanas. Dan bagaimana buah yang mungkin merupakan kegemaran Anda ini ternyata kaya akan khasiat. Ulasan ini disadur dari sumber laman deherba.