08/05/2021

Disini Saja

Disini Saja

MS Power Point : Pengertian, Perkembangan dan Fitur-Fiturnya

Laporan ketenagakerjaan merupakan kewajiban bagi karyawan yang bekerja di perusahaan. Mereka harus memiliki komputer untuk melakukan dan juga mendukung dalam aplikasi untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan data di komputer.

Mengkomunikasikan sebuah ide tentunya tidak mudah jika hanya didiskusikan secara lisan. Kini cara menyampaikan ide atau konsep dipermudah dengan aplikasi software kelahiran Microsoft bernama Microsoft Office Power Point.

Baca juga yuk mengenai microsoft word pada tautan tersebut.

Software ini dapat membantu Anda menyampaikan ide-ide yang Anda miliki. Sebelum kita membahas tentang fungsi power point, mari kita simak pembahasan pengertian dari Microsoft Office PowerPoint dan fungsinya.

Pengertian Microsoft Office Power Point

Menurut Wikipedia, pengertian Microsoft Office Power Point atau PowerPoint adalah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft dalam paket aplikasi perkantoran. Pada paket aplikasi Microsoft Office, selain Ms. Powerpoint juga terdapat Ms. Word, Excel, Access, dan beberapa program PowerPoint lainnya berjalan di PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows serta di Apple Macintosh menggunakan sistem operasi Apple Mac OS.

Perkembangan Ms Office Power Point

Microsoft Office Power Point pertama kali dibuat dan dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin yang bekerja sebagai presenter untuk sebuah perusahaan bernama Forethought, Inc. lalu ubah namanya menjadi power point. Microsoft office PowerPoint point versi 1.0 pertama kali dirilis pada tahun 1987 dan PC pertama yang menggunakan aplikasi ini adalah Apple Macintosh.

Ketika titik listrik pertama muncul hitam putih, maka tahun depan muncul titik listrik versi baru dengan tambahan fitur warna. Akhirnya Microsoft membeli power point ini seharga 14 juta dollar pada tanggal 31 Juli 1987, inilah kelahiran power point Microsoft yang anda kenal sekarang. Power point berarti perangkat lunak yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office dengan bantuan manusia dalam pekerjaannya.

Salah satunya adalah menyuarakan pendapat Anda ke forum atau masyarakat umum, yang kemudian akan mudah dipahami oleh audiens atau khalayak yang mempresentasikan presentasi ide Anda. Presentasi poin kantor ini bisa berupa teks atau ilustrasi dari ide yang Anda miliki.

Artinya informasi tentang konsep yang akan disajikan dapat berupa gambar, video, teks maupun animasi atau desain yang Anda buat sendiri agar penonton dapat dengan mudah memahaminya. Kegunaan utamanya, Power point merupakan software favorit yang digunakan untuk kegiatan presentasi.

Fitur Ms Office Power Point

Power point kantor dapat digunakan di banyak bidang. Fungsinya pun bisa bermacam-macam, tergantung dari pengetahuan pengguna, sehingga power point tidak hanya berfungsi sebagai media presentasi. Kali ini kita akan membahas tentang fitur dan kegunaan power point kantor. Berikut adalah fitur di Microsoft Office PowerPoint yang tersedia di bilah menu.

1. Menu File

-Open, untuk membuka file dokumen dengan power point atau tipe dokumen. Power point, biasanya disebut .ppt, berarti file yang dibuka diterapkan ke file power point.
-New ini berfungsi untuk membuka sheet baru atau membuat dokumen baru pada file dokumen yang sama.
-Recent, fitur ini untuk membuka file yang sebelumnya dibuka. Fitur ini seperti sejarah mozilla firefox. Anda tidak perlu mencari file yang terbuka. Cari saja file dokumen baru, Anda akan menemukan dokumen yang Anda cari.
-Save & SaveAs, jika Anda ingin menyimpan file baru yang belum pernah Anda simpan, kedua fungsinya sama, tetapi jika Anda menggunakan fitur ini saat menyimpan data di komputer Anda maka fungsinya berbeda. Save akan menyimpan perubahan data ke file lama, sedangkan menyimpan akan menyimpan file dengan membuat file baru.
-Print, digunakan untuk mencetak file dokumen ke dalam bentuk fisik.

2. Menu Home

-Clipboard, fitur ini membantu menyalin dan menempel objek yang disalin di luar titik listrik.
-Slides, fitur ini terkait dengan slide kaca atau bagian-bagian kaca yang terhubung ke slide lain.
-Font, yaitu fitur font yang berfungsi untuk mengatur font, dari ukuran hingga jenis font yang akan digunakan.
-Paragraph, fitur ini digunakan ketika Anda ingin mengedit hal-hal yang berhubungan dengan paragraf.
-Drawing, memberikan kesan, desain dan garis pada halaman slide yang dipilih.

3. Menu Insert

-Tabel yang menambahkan tabel ke slide, dan gambar yang menambahkan gambar.
-Ilustration untuk ilustrasi ilustrasi.
-Link tersedia untuk dihubungkan.
-Text digunakan untuk menempelkan teks yang berbeda, simbol seperti penyusunan rumus dan media berguna untuk media imbuhan dengan audio dan video.

4. Menu Design

-Page Setup, berfungsi untuk mengubah ukuran slider dan orientasi slide, portrait atau landscape.
-Thems, fungsi adalah desain background yang ada pada saat pemasangan titik listrik pada komputer.
-Background, fitur ini berfungsi untuk merubah background sesuai dengan keinginan anda, anda juga dapat menyesuaikan tema slide yang dibuat oleh background ini dengan gambar dan foto. Anda dapat membuat foto atau gambar dengan tema atau membuat tema lain di setiap slide.

5. Menu Trantition

-Preview, dapat digunakan untuk melihat jenis efek transisi yang diterapkan pada slide dan menyesuaikan objek yang disimpan pada setiap slide.
-Transtition to slide this, merupakan fitur yang menjadi salah satu hal utama jika Anda ingin presentasi yang baik, karena fitur ini memberikan efek transisi pada slide.
-Timing, fitur ini menentukan panjang transisi yang diterapkan pada setiap slide, sehingga Anda dapat mengatur waktu transisi yang benar.

6. Menu Animations

-Preview, fungsinya sama untuk melihat jenis animasi yang akan digunakan dan dipilih sesuai selera.
-Animation, menyediakan animasi pada slide yang memuat objek-objek pada setiap slide.
-Advace Animasi, fitur ini menyediakan animasi tetapi animasi dibuat sendiri atau tidak menggunakan animasi standar.
-Timing, fungsi untuk mengatur waktu animasi mulai ditampilkan hingga animasi selesai.

7. Slide show, Review dan View

Menu Slide Show berfungsi untuk mengatur slide dalam mode presentasi sehingga perpindahannya dapat diatur dan semua animasi serta efek transisi dapat dipindahkan secara otomatis. Menu review digunakan untuk mengecek ejaan. Syarat dan ketentuan terkait fakta yang ada. Menu tampilan digunakan untuk mengatur mode presentasi. Jika presentasi menggunakan perangkat lain, biasanya diatur menggunakan fitur-fitur di menu tampilan.

Tadi adalah pembahasan tentang pengertian Microsoft Office Power Point dan kegunaannya, semoga anda bisa mengerti dan mengambil pelajaran dari artikel ini. Sampai jumpa di artikel lain, saya harap Anda mendapat manfaat dari artikel ini.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.