29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Pengertian, Jenis dan Manfaat Pemanasan Olahraga

Pengertian, Jenis dan Manfaat Pemanasan Olahraga

Pengertian dan Jenis-Jenis Pemanasan Olahraga

Pengertian Pemanasan Olahraga

  • Latihan pemanasan adalah gerakan yang ditujukan untuk meningkatkan denyut jantung secara perlahan sehingga ada cukup waktu untuk mengisi otot-otot yang bekerja dengan darah yang kaya oksigen.
  • Pemanasan adalah bentuk persiapan emosional, fisiologis dan psikologis untuk melakukan berbagai jenis latihan
  • Olahraga pemanasan adalah bagian dari persiapan tubuh untuk melakukan aktivitas yang lebih berat dengan melakukan beberapa latihan sederhana sebelum melakukan aktivitas inti yang lebih berat.
  • Latihan pemanasan adalah bagian mendasar dari program pelatihan awal. Pemanasan olahraga ini terdiri dari serangkaian latihan (gerakan) yang dilakukan selama kegiatan olahraga.
  • Latihan pemanasan adalah gerakan peregangan dan relaksasi sebelum latihan atau olahraga utama, agar otot-otot tubuh meregang dan melemah sehingga tidak merasakan kram atau kejang otot selama olahraga/latihan utama.
  • Pemanasan adalah gerakan persiapan sebelum melakukan olahraga utama, agar otot-otot tubuh yang terlibat dalam kegiatan gerakan siap dan tidak menimbulkan cedera otot atau persendian.
  • Lakukan pemanasan olahraga dengan sedikit olahraga sebelum berolahraga untuk mencegah cedera selama olahraga.

Jenis Gerakan Pemanasan

Pemanasan sebelum melangkah Studi menunjukkan bahwa gerakan peregangan teratur adalah cara yang lebih baik untuk melumasi sendi, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot berjalan kita.
Berikut adalah empat pemanasan untuk berjalan dari Tom Dooley, Pelatih Gaya Berjalan Nasional untuk tim pelatihan Asosiasi Leukemia dan Limfoma:

Rintangan (melepaskan panggul yang tegang)

Seimbangkan tubuh dengan bertumpu pada kaki kanan (gunakan kursi atau dinding sebagai sandaran) kemudian tekuk kaki kiri hingga tumit berada di belakang. Arahkan kaki kiri Anda ke luar, ke kiri, dan ke depan seolah-olah Anda sedang menggambar lingkaran dengan lutut Anda. Lakukan ini 15 kali dan kemudian beralih ke kaki lainnya.

Pompa angin (mengendurkan bahu dan leher)

Berdiri dengan satu tangan terangkat. Putar tangan kita seolah-olah kita sedang melakukan gerakan gaya punggung. Lakukan 15 putaran, lalu beralih ke tangga lain dan ulangi prosesnya.

Foot Rock-Over (meregangkan telapak kaki)

Berdiri rata dengan telapak kaki kanan sekitar 36 cm di belakang kaki kiri lalu angkat jari-jari kaki kiri. Saat Anda memindahkan beban ke depan, turunkan kaki kiri Anda dan angkat tumit kaki kanan Anda. Kembali ke posisi awal, lakukan 15 kali. Tukar kaki dan ulangi.

Heel push (menguatkan betis)

Berdiri dengan kaki selebar pinggul dan letakkan tangan Anda di kursi atau dinding untuk menopang (jika perlu). Angkat tumit Anda, berdiri di atas jari kaki Anda selama 2 detik dan kemudian turunkan. Lakukan ini 15 kali. Ulangi berdiri dengan tumit dan jari kaki ke atas, lalu berdiri dengan jari kaki dan tumit ke atas.

Manfaat Pemanasan Olahraga

  • Meningkatkan sirkulasi darah
    Jika Anda pergi ke gym atau bersiap untuk berolahraga, sirkulasi darah Anda tidak baik. Anda tidur selama delapan jam atau duduk di kantor sepanjang hari. Nah, latihan peregangan membantu Anda memiliki aliran darah yang sehat di tubuh Anda untuk memompa jantung Anda.
  • Meningkatkan kelenturan otot
    menjadi tegang jika tidak bergerak. Saat bangun tidur, seluruh tubuh sering terasa tegang. Jika Anda ingin berolahraga, Anda membutuhkan fleksibilitas terbaik. Jadi pemanasan sebelum Anda berolahraga dapat membantu Anda mengendurkan otot-otot Anda.
  • Menghindari cedera
    Jika Anda mencoba mengangkat beban tanpa pemanasan, kemungkinan besar Anda akan melukai diri sendiri. Jika Anda tidak melakukan peregangan, Anda dapat melukai punggung Anda.
  • Adrenalin terburu-buru
    Selama segala jenis aktivitas fisik yang berat, tubuh Anda melepaskan hormon yang disebut adrenalin. Hormon ini meningkatkan suhu tubuh Anda dan membuat Anda berkeringat. Adrenalin dapat membuat Anda lebih berenergi dalam latihan yang sangat sulit. Anda memerlukan dosis adrenalin untuk memulai latihan Anda dengan latihan peregangan. Sumber Rangkuman Terlengkap : https://www.kelaspjok.com/