29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Penulisan Berita – Yang Perlu Diketahui Wartawan

 

Penulisan berita adalah proses memanfaatkan bahan-bahan yang telah dikumpulkan secara logis, akurat, ringkas, koheren, dan mudah dibaca.

Sebelum seorang reporter menulis berita, ia diharapkan melalui proses yang dikenal sebagai news gathering. Ini akan memungkinkan dia mengumpulkan bahan mentah yang membentuk berita. Namun reporter akan terbiasa dengan berbagai ketukan yang mungkin diberikan kepadanya seperti Kehakiman, Majelis Negara atau Nasional, Gedung Negara, Kantor Polisi, dan sebagainya.

Materi berita dikumpulkan dari kegiatan pemerintahan, ekonomi, sosial dan politik yang sifatnya lugas dan tergolong hard news, karena pelapor wajib melaporkan kejadiannya persis seperti yang terjadi. Juga dalam berita langsung, ada berita lembut dan berita human interest.

Ini termasuk berita yang memberikan ruang untuk rekreasi dan hiburan. Mereka prihatin dengan cerita di sisi ringan kehidupan seperti fungsi sosial yang meliputi perayaan, komisioning proyek, pernikahan, pemakaman, dan bentuk-bentuk upacara lainnya.

Cerita human interest berhubungan dengan cerita yang menghibur atau membawa kesedihan atau kebahagiaan. Ini adalah cerita yang dimaksudkan untuk membangkitkan perasaan pemirsa. Cerita-cerita ini biasanya menceritakan tentang pencapaian orang atau organisasi, kecelakaan atau pembajakan udara, petualangan, bencana, pernikahan, laporan yang menarik, dan sebagainya.

Karena berita adalah cerita Berita Ambon yang diharapkan atau tidak diharapkan, reporter diharapkan sama-sama membuat berita dari cerita investigasi, cerita interpretatif, cerita mendalam dan wawancara. Sudah menjadi kewajiban bagi setiap wartawan untuk membantu masyarakat umum memahami jalan cerita sebuah laporan terutama dalam hal pidato anggaran yang banyak memuat angka dan statistik. Adalah pekerjaan seorang reporter untuk menguraikan angka-angka itu agar mudah dipahami dan dicerna oleh masyarakat umum.

Dalam wawancara, perlu dicatat bahwa mendapatkan informasi dari orang-orang mengenai peristiwa atau masalah tertentu sangat sulit. Dalam hal ini, reporter atau pewawancara harus dapat menggunakan teknik yang memungkinkannya untuk berhasil di bidang ini. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui orang yang Anda wawancarai sebelumnya; cari tahu fakta-fakta tertentu tentang dia yang akan membantu Anda mendapatkan pijakan yang baik. Ini akan diperlukan jika Anda dapat membaca beberapa literatur tentang dia, dan membawa tidak hanya mental tetapi juga sejumlah pertanyaan yang harus diajukan.

Poin-poin yang ditulis seorang reporter tentang alasan melakukan pekerjaannya adalah bahan-bahan yang membentuk berita-beritanya. Latihan inilah yang disebut dengan news gathering. Ini mendahului penulisan berita. Seorang reporter yang ingin sukses dalam seni penulisan berita harus bekerja keras, cukup cerdas untuk memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia dan menulisnya selagi berita itu masih segar dalam ingatan.