03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Perkembangan Anak Usia 4 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja

Perkembangan Anak Usia 4 Bulan, Sudah Bisa Apa Saja

Melihat bagaimana perkembangan anak usia 4 bulan memang menjadi salah satu momen haru yang pasti sering dirasakan oleh para orang tua. Bahkan di usia 4 bulan inilah, orangtua akan mengalami perasaan bahagia yang sangat besar. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena bayi berusia 4 bulan telah mengalami perkembangan yang semakin baik dibandingkan dengan umur sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, rasa penasaran yang dimiliki oleh mereka juga akan semakin meningkat bahkan ingin mencoba sesuatu yang baru. Di tahap inilah dipercaya menjadi tahap paling indah dan mengesankan untuk melihat perkembangan dari si kecil tersebut.

Perkembangan anak usia 4 bulan

Perkembangan anak usia 4 bulan biasanya ditandai dengan ekspresi yang lebih banyak seperti anda akan lebih sering melihat mereka tersenyum, mengoceh hingga tertawa dengan lucunya. Tidak hanya itu saja, berat badan dari buah hati anda tersebut akan mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat lebih besar dibandingkan ketika ia lahir.

Sampai disini, anda sebagai orang tua pasti penasaran bukan dengan apa saja perkembangan bayi pada usia 4 bulan tersebut? langsung saja simak penjelasan yang ada dibawah ini.

  1. Mulai mampu menegakkan kepala

Ketika si kecil sudah berusia 4 bulan inilah, maka orangtua tidak perlu kaget apabila mereka telah mampu untuk menegakkan kepalanya tanpa bantuan tangan oleh orangtua. Dia sendiri juga cukup aktif dan sering mendorong kainnya ke bawah apabila menemukan permukaan yang keras.

  1. Belajar merasakan benda-benda di sekitarnya

Selain mulai mampu menegakkan kepalanya sendiri, si kecil ternyata juga suda belajar bagaimanakah belajar merasakan benda-benda yang dipegang mereka. Bahkan mereka mungkin akan memasukkan benda-benda tersebut ke mulut. Selain itu, apapun yang ada didepanya, ia seakan ingin meraih benda-benda tersebut.

  1. Bisa berputar dan berguling

Bayi anda mulai belajar berguling dan berputar? Sebaiknya orangtua tidak perlu khawatir karena ini juga merupakan salah satu perkembangan anak usia 4 bulan berikutnya. Mereka sudah mampu berputar ketika tengah tengkurap. Di saat seperti inilah, anda sebaiknya selalu berada di samping mereka.

  1. Mata suda mulai focus pada benda yang bergerak

Di usia inilah, mata anak anda memiliki focus lebih baik pada benda-benda yang bergerak di depannya. Kedua matanya sudah dapat bergerak secara bersamaan. Mereka juga sudah mampu membedakan warna dan kontras.

  1. Jadwal tidur siang lebih stabil

Saat usia 4 bulan inilah, bayi anda juga suda memiliki jadwal tidur yang lebih stabil. Apabila ditotal, maka mereka dapat tidur mulai 12-13 jam per hari. Tidur inipun juga menjadi salah satu cara untuk pertumbuhan si kecil.

Selain perkembangan diatas, bayi biasanya juga akan lebih ekspresif maupun responsive. Demikian beberapa perkembangan anak usia 4 bulan dimana wajib diketahui oleh para orangtua.