29/10/2020

Disini Saja

Disini Saja

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Konsumsi Harian

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Konsumsi Harian

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Konsumsi HarianZat besi adalah salah satu senyawa yang cukup penting dan diperlukan oleh tubuh. Sayangnya, nutrisi ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karenanya, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi menjadi hal yang cukup penting agar kebutuhan tubuh akan zat besi bisa dipenuhi dengan baik dan maksimal.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang muncul karena tubuh kekurangan zat besi. Beberapa diantaranya adalah anemia, kekurangan tenaga, kesulitan tidur, dan lainnya. Jika tidak segera diatasi, tentu dampak yang akan terjadi tentu saja akan semakin buruk.

Beragam Makanan yang Memiliki Kandungan Zat Besi Tinggi

Untuk dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian, tentu saja Anda harus mengonsumsi beragam makanan tinggi zat besi secara teratur. Ada cukup banyak makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi dan bisa Anda jadikan pilihan konsumsi.

Beberapa bahan makanan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Daging merah

Salah satu bahan makanan yang cukup baik untuk dikonsumsi karena kandungan zat besi-nya yang tinggi adalah daging merah. Perlu diketahui bahwa dalam 3 ons daging sapi merah tanpa lemak terdapat kandungan zat besi sekitar 2,5mg yang cukup tinggi.

Di sisi lain daging merah juga cukup baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan asam amino, vitamin B12 dan juga seng. Hanya saja, Anda harus memperhatikan tingkat kolesterol daging merah dan menjaga pola konsumsi agar tidak berlebihan.

Sayuran hijau

Bahan makanan lain yang memiliki kandungan zat besi cukup banyak adalah sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau seperti bayam dan brokoli bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Bahkan, keduanya pun tidak akan menimbulkan masalah pada kesehatan saat dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, kedua sayuran hijau ini juga memiliki kandungan nutrisi lain yang sangat penting, yaitu serat, protein, kalsium, beragam vitamin, dan zat baik lainnya. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan cara masak sayuran hijau tersebut agar nutrisi yang terkandung tidak hilang.

Kacang merah

Kacang merah juga masuk ke dalam jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bahan makanan yang satu ini juga bisa diandalkan untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Nah, carilah resep untuk mengonsumsi kacang merah dengan cara yang lebih nikmat.

Kacang kedelai

Selain kacang merah, kacang kedelai juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dari 100 gram kacang kedelai, terdapat sekitar 13mg zat besi. Anda bisa menikmati bahan makanan satu ini dengan membuat susu kedelai, tempe atau lainnya.

Nah, beberapa makanan yang mengandung zat besi bisa Anda masukkan dalam list konsumsi harian. Sebagai penunjang, Anda juga bisa mengonsumsi produk susu dan cereal Nestle yang kaya akan zat besi untuk memperbaiki kesehatan, terutama anak-anak.