08/05/2021

Disini Saja

Disini Saja

Review Kamera OPPO Reno5

Selain memiliki performa andal dan daya tahan baterai, OPPO Reno5 memiliki dukungan multi kamera yang memudahkan pengguna dalam membuat foto dan video kreatif.

Di bagian belakang Reno5 terdapat empat kamera belakang dengan komposisi kamera utama 64 MP (aperture f / 1.7), ultrawide 8 MP (aperture f / 2.2), makro 2 MP (aperture f / 2.4), dan mono mono 2 MP ( f. /2.4).

Secara default, kamera utama OPPO Reno5 akan menghasilkan foto beresolusi 16 MP dengan warna dinamis, suara minimalis, dan kualitas bagus di berbagai kondisi, cukup cahaya dan redup. Foto yang dihasilkan dengan resolusi ini umumnya memiliki warna yang cerah dan saturasi yang tinggi akibat proses artificial intelligence atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan oleh OPPO.

Cari info yuk untuk aplikasi yang menghasilkan uang, Anda bisa mendapatkan infonya di gadget story (silahkan bisa klik pada tautan tersebut).

Foto 16 MP yang dihasilkan dari kamera utama ini menggunakan metode 4-in-1 pixel binning yang menggabungkan 4 piksel menjadi 1 piksel besar. Dengan teknik ini, foto yang dihasilkan meningkat terutama pada kondisi minim cahaya karena mampu menyerap banyak cahaya.

Meski tak beda dengan fitur foto yang menggunakan metode 4-in-1 pixel binning, namun foto 64 MP yang dihasilkan kamera utama dari OPPO Reno5 memiliki detail yang lebih jernih dibandingkan foto 16 MP.

Untuk mengetahui perbedaannya, saya juga memotong foto 16 MP dan 64 MP agar Anda bisa melihat perbedaan secara detail dari keduanya secara langsung. Maklum, foto 64 MP lebih detail daripada foto 16 MP, meski keduanya berkualitas baik.

Sedangkan kamera ultrawide yang dibekali ponsel bisa digunakan untuk memotret area yang akan dipadankan dengan foto landscape, restoran, kota, dan papan yang banyak orang disana.

Saat saya mencobanya, kamera ultrawide mampu menghasilkan foto sudut lebar yang indah yang tidak bisa dijangkau kamera utama. Sudut distorsi foto di kamera ini tidak terlalu miring sehingga lebih bagus untuk mata.

Hasil Foto Ultrawide

Selain itu, saya bisa menggunakan kamera makro 2 MP yang terpasang di Reno5 untuk menangkap objek dari jarak jauh. Saya pikir foto makro masih terlihat bagus saat dibagikan di media sosial atau di aplikasi obrolan.

Hasil Foto Makro

Menariknya, OPPO Reno5 hadir dengan fitur Ultra-Clear Image 108MP yang memungkinkan saya menghasilkan foto beresolusi 108 MP dengan detail dan tekstur yang bagus. Sepertinya foto masih cocok untuk pencetakan skala besar di baliho, spanduk, baliho, dan lainnya.

Hasil Foto 108MP

Di malam hari, saya bisa menghasilkan foto dengan noise dan suara rendah karena fitur Ultra Night Mode. Selain itu, fitur Mode Ultra Gelap akan diaktifkan secara otomatis saat lingkungan sekitar hampir gelap atau tingkat cahaya di bawah 5 lux (1 lux = 1 candle light). Hasil foto Ultra Dark Mode juga cerah, meski lingkungan sebenarnya gelap.

Hasil Foto Malam

Untuk membuat foto selfie yang membuat kamera depan Reno5 cerah di malam hari, OPPO telah menghadirkan fitur Ultra Night Selfie pada kamera yang disertakan. Nantinya fitur ini akan mengoptimalkan foto dan menciptakan lingkungan yang kurang cahaya dan objek manusia.

Sementara itu, OPPO Reno5 juga hadir dengan beberapa fitur fotografi yang dapat membuat saya menghasilkan foto-foto kreatif seperti Night Flare Portrait dan AI Color Portrait. Fitur Flare Night Portrait memang keren karena bisa menciptakan potret malam yang cerah dengan efek bokeh yang natural.

Hasil Night Flare Portrait paling jelas terlihat saat saya membidik objek manusia dengan latar belakang cahaya terang. Hasil foto akan menampilkan subjek yang tampak cerah dan disertai dengan latar belakang yang memiliki efek artistik neon.