29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Teknologi yang bisa membuat tentara Israel tak terlihat

Pemerintahan Israel sudah bekerja bersama dengan kontraktor pertahanan untuk membuat matriks material baru yang bisa sembunyikan tentara dari sensor inframerah, membuat mereka lebih susah untuk diketahui.

Simak beragam berita terhangat hanya di Berita Ambon.

Mekanisme Kit 300 Polaris Defense ialah mekanisme “penyembunyian visual termal” yang memakai gabungan “logam, serat micro, dan polimer” untuk tutupi pertanda termal seorang prajurit, menurut Business Insider, Rabu (30/6/2021).

Tehnologi pencitraan termal membuat representasi visual dari satu object lewat inframerah tidak kelihatan (“radiasi panas”) yang dikeluarkan object. Bila object itu pancarkan panas, pencitra termal akan memperlihatkan gambarnya, dengan warna berlainan yang sebagai wakil tingkat panas relatif.

Manusia berdarah panas, misalkan, akan ada sebagai gumpalan berupa manusia, dengan tingkat detil lembut bergantung pada ketajaman sensor. Sebuah bak akan ada sebagai object berupa bak, apabila mesin bak jalan, mesin akan seperti terlihat titik “panas”.

Pencitra termal dipakai untuk memberikan daya pada piranti pandangan malam kekinian. Tidak seperti tehnologi pandangan malam yang lebih tua, yang memerlukan sejumlah sumber sinar (bahkan juga sinar inframerah), pencitra termal tidak membutuhkan sinar sekitaran sama sekalipun. Mereka cuman memerlukan tingkat panas yang bisa diketahui untuk berperan.

Ini memiliki arti pencitra termal bisa mengetahui orang, kendaraan lapis baja, serta menerbangkan pesawat saat malam tanpa bulan, tanpa lampu sorot inframerah, dan lewat monitor asap.

Yang paling akhir membuat pencitraan termal bermanfaat bahkan juga sepanjang keadaan siang hari, dan sepanjang Perang Dingin, tank Amerika akan secara mudah mengetahui dan serang tank lawan yang bergerak lewat monitor asap, seakan-akan mereka tidak berada di sana sama sekalipun.

Tapi tehnologinya tidak prima. Object yang tidak pancarkan panas tidak tampil benar-benar di thermal imager. Mekanisme Kit 300, selanjutnya, direncanakan untuk hilangkan kehadiran termal seorang prajurit, hingga membuat prajurit itu “tidak kelihatan”—bagaimanapun dengan pencitra termal.

Beberapa bahan dalam mekanisme Kit 300 peluang bertindak selaku isolator, menahan panas seorang prajurit bocor dari balik seprai.

Kit 300 tidak stop di sana. Seorang tentara dapat berdiri di lapangan tengah tandus yang tidak kelihatan oleh pencitra termal, namun tetap kelihatan terang dengan mata telanjang.

Mekanisme ini membuat tentara lebih susah dikenal dalam pita sinar visual dengan memakai warna kuno dan tehnik penyamaran yang direncanakan untuk memungkinkannya penggunanya bercampur dengan medan disekelilingnya.