02/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Tips Memberi Makanan Untuk Anak Kucing

Tips Memberi Makanan Untuk Anak Kucing

Ciri-ciri anak kucing tumbuh sehat adalah memilih mata yang berbinar, bulu mengkilap dan kelenturan otot yang baik. kucing liar mungkin bisa makan seadanya, apa yang ia temukan di luar. Namun berbeda dengan kucing rumahan atau kucing peliharaan. Supaya ia tumbuh denganĀ  sehat, anda harus memberikan makanan yang tepat. berikut ini beberapa tips memberi makanan untuk anak kucing yang bisa anda lakukan.

Berikan Makanan Khusus Anak Kucing

Makanan anak kucing dan kucing dewasa berbeda. Untuk anak kucing, anda harus memberikan makanan khusus anak kucing. Di 4-5 minggu pertama kelahiran, anak kucing hanya mendapatkan susu dari induknya saja. di minggu selanjutnya, anda bisa mulai mengenalkan makanan padat basah atau kering. Sehingga kebutuhan gizinya bisa terpenuhi dengan baik.

Perut Anak Kucing Kecil, Namun Memiliki Nafsu Makan Besar

Anak kucing masih memiliki ukuran yang kecil, bahkan ukuran perutnya pun kecil. Namun kucing akan tumbuh sangat cepat, bahkan 15 kali lebih cepat dibandingkan bayi manusia. Ukuran perutnya pun hanya sebesar ibu jari saja. anda harus memberikan ukuran makanan yang tepat, sesuai dengan kapasitas perutnya. Walaupun ukuran perutnya kecil, anak kucing memiliki nafsu yang besar. anda bisa memberikan makanan hingga 6 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Porsi Makan Anak Kucing dan Kucing Dewasa

Sebelum menginjak usia 10 bulan, anda bisa memberikan 4-6 kali makan dalam sehari. Setelah menginjak usia 10 bulan, anda bisa memberikan porsi makan seperti kucing dewasa. Yaitu 2-3 kali sehari. Kucing lebih suka diberikan makanan segar dengan suhu ruangan. Jadi berikan porsi sekali makan setiap makanannya, sehingga makanan bisa diganti terus menerus.

Cobalah Mengubah Menu Makanan

Jika anda ingin memberikan menu makanan baru pada kucing. Cobalah berikan secara perlahan dan bertahap. Jangan mengubah menu makanan secara mendadak, karena bisa mengganggu sistem pencernaan anak kucing. Anda bisa memberikannya sedikit demi sedikit, dengan tetap memberikan menu makanan yang lama.

Berikan Makanan Dengan Nutrisi Tepat

Ini sangat penting untuk diperhatikan. Anda harus memberi makanan kucing dengan nutrisi yang tepat. kandungan nutrisi di makanan tersebut, harus memenuhi kebutuhan anak kucing. Jika nutrisinya kurang, akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan kucing. Selain itu jangan memberikan makanan manusia ke anak kucing, karena bisa mengganggu organ tubuhnya.

Oleh karena itu selalu pilih makanan kucing yang tepat dan sesuai kebutuhannya. Anda bisa menggunakan makanan kucing pro plan yang sudah terbukti kualitasnya. Mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak kucing. Bisa membuat pertumbuhannya baik dan sehat. Makanan untuk anak kucing harus diberikan sesuai usianya. Jangan lupa untuk memberikan kebutuhan air yang cukup. Sehingga nutrisi dapat terserap dengan baik.