29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Tips Sederhana Mengatasi Rasa Nyeri Saat Haid

mengatasi nyeri haid

Setiap bulan pasti para wanita tiap bulan alami haid atau datang bulan. Proses alami ini untuk keluarkan darah kotor dari tubuh sebagai karunia sekalian ujian tertentu untuk wanita. Karena memang timbulkan rasa sakit dan rasa nyeri di tubuh. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid supaya bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri saat datang bulan.

Bagaimana repotnya untuk jaga kebersihan, menjaga diri serta menangani rasa sakit yang setiap bulannya sering kali ada dan bahkan terkadang mengganggu rutinitas dan pekerjaan. Pasti bukanlah hal gampang untuk hadapi itu setiap bulannya.

Mengatasi nyeri haid sendiri jadi salah satu perihal terbanyak yang dikeluhkan para wanita. Sampai aktivitas setiap hari seringkali terhalang karena hal ini. Tidak boleh dibiarkan lagi rasa nyeri menggangu setiap bulannya, inilah yang dapat kamu kerjakan untuk tangani rasa nyeri itu!

mengatasi nyeri haid

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid

  • Memakai Air Hangat

Persiapkan botol kaca yang telah kamu bersihkan bersih. Persiapkan handuk bersih pula. Seterusnya, isi botol kaca sama air hangat atau panas. Kemudian, lilit atau lingkupi botol itu dengan handuk yang telah kamu persiapkan.

Berbaringlah pada tempat tidur atau duduk dengan rileks di sofa, lalu tempatkan botol kaca yang sudah kamu lilit dengan handuk ke sisi yang sakit. Biarkan dan diamkan sesaat supaya rasa hangat mulai menyebar dan menangani rasa nyeri dan sakit yang disebabkan haid.

  • Konsumsi Obat Nyeri

Dikutip dari Health Line, ada obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) sebagai wujud penurun nyeri khusus yang sudah dipasarkan bebas. Ini direferensikan untuk menangani nyeri saat tiba haid atau datang bulan yang berat. NSAID di sini terhitung ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve).

  • Pijat Menggunakan Essential Oil

Lakukan pijatan dengan Essential oil bisa menolongmu lebih santai, hingga otot-otot dan kram yang kamu alami saat haid bisa mereda. Pada 2010 sudah dilihat pada 23 wanita dengan nyeri haid ini disebabkan karena endometriosis. Diketemukan oleh beberapa periset jika pijat bisa kurangi rasa sakit itu.

Pijat khusus untuk nyeri haid mengikutsertakan penekanan pada beberapa titik tertentu seperti pada seputar tempat perut, sisi perut samping dan punggung. Bisa juga dengan pijat refleksi, untuk itu Anda bisa pergi ketempat pijat terdekat atau mungkin bisa menggunakan layanan pijat panggilan Surabaya yang bisa datang ketempat Anda.

  • Akupuntur

Bila sobat mempunyai banyak waktu, kamu dapat coba menangani rasa sakit saat haid lewat akupuntur. Ini akan menolongmu menangani kram perut dan rasa sakit. PLOS One sudah menerbitkan hasil risetnya yang memperlihatkan manfaat langkah ini untuk menangani kram saat haid pada tiap bulan loh!

Tidak itu saja, akupuntur dapat menggerakkan pelepasan endorfin. Lalu langkah ini dapat menurunkan infeksi dan menolongmu lebih rileks.

Itulah sedikit tips sederhana mengatasi nyeri haid semoga bisa meringankan penderitaan saat datang bulan menghampiri kamu. Selamat mencoba.