21/01/2021

Disini Saja

Disini Saja

Ukuran Pipa Galvanis

Anda membutuhkan gate valve ataupun flange pipa dengan harga murah? Dapatkan segera berkualitas terbaik, silahkan kunjungi tautan tersebut.

Tahukah Anda jenis pipa apa yang biasa digunakan dalam sistem perpipaan? Jawabannya adalah pipa besi dan pipa galvanis. Keduanya memiliki kekuatan yang sebanding dengan pro dan kontra masing-masing. Namun pipa galvanis bisa dibilang lebih populer.

Ukuran pipa galvanis juga bermacam-macam dan juga mempengaruhi harga. Semakin besar ukuran pipa, semakin tinggi harga jualnya. Jika Anda mencari informasi tentang pipa galvanis, silakan temukan gambaran singkat di bawah ini.

Jenis dan ukuran pipa galvanis

Material baja merupakan bahan baku untuk pembuatan pipa galvanis. Lapisan seng menutupi permukaan pipa sedemikian rupa sehingga pipa tersebut tahan korosi dan karat. Penggunaan pipa galvanis otomatis dapat mengurangi risiko kerusakan yang akan terjadi dalam jangka panjang karena tahan karat.

Baja karbon rendah dan lapisan galvanis diperlukan untuk membuat pipa galvanis. Baja karbon rendah disimpan dalam seng cair, yang menyebabkan proses yang disebut pelapisan listrik. Langkah ini memberikan ketahanan tinggi pada pipa baja untuk memperpanjang umur pipa.

Ada beberapa jenis pipa galvanis yang dikelompokkan menurut ukuran diameter, bentuk, ketebalan dinding pipa dan ulirnya. Yuk simak penjelasan metode pengukuran pipa di bawah ini.

Metode pengukuran pipa

Anda dapat menemukan dua metode pengukuran pipa yaitu:

  • Ukuran pipa nominal (NPS) mengacu pada standar Amerika Utara, jadi dimensinya diberikan dalam inci
  • Diameter nominal (DN) mengacu pada ukuran Eropa dan menggunakan satuan milimeter.

Baik sistem NPS maupun DN memiliki skedul (sch) yang berkaitan dengan besar kecilnya ketebalan dinding pipa. Untuk informasi lebih lanjut, NPS mulai mengukur pipa ¼ “hingga 12”. Jika NPS lebih dari 30 cm maka ukuran mengacu pada diameter luar.

Ukuran pipa

Ada tiga kelompok ukuran pipa galvanis di industri.

Pipa bor besar, ukuran pipa lebih dari 2 inci.

Pipa berlubang kecil, ukuran pipa kurang dari 2 inchi.

Selang, pipa berukuran hingga 4 inci dan ketebalan dinding lebih sedikit dari kedua jenis pipa di atas.

Panjang pipa galvanis rata-rata 6 meter. Sementara itu, Anda dapat memeriksa diameter angka yang terdaftar setelah simbol Ø.

Bentuk tabung

Bentuk pipa galvanis dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan pipa. Tak heran jika pipa ini tersedia dalam berbagai bentuk. Beberapa bentuk tabung yang umum adalah bentuk U dan H, bentuk tabung standar, kotak, tabung, dan lembaran genap.

Ketebalan pipa

Ketebalan pipa galvanis juga memiliki standar tersendiri. Nomor schedule umumnya ditulis dengan nomor tertentu, tetapi nomor tersebut tidak mencerminkan ketebalan pipa yang sebenarnya. Contoh penulisan label pipa adalah 5S dengan huruf “S” mengacu pada stainless steel.

Jenis ketebalan pipa kemudian dibagi menjadi beberapa kelas yaitu bukan sedang, sedang A dan sedang B. Variasi ketebalan dinding pipa dimulai dari 1 mm. Selain itu, Jadwal 40 dan pipa Standar memiliki ketebalan dinding yang sama untuk pipa, hingga diameter 10 inci.

Ulir Pipa

Thread mengacu pada profil spiral di dalam pipa. Fungsinya untuk menggabungkan atau menggabungkan dua pipa atau lebih. Anda dapat menentukan panjang utas dengan melihat angka setelah simbol “R”. Misalnya, pipa berdiameter ½ inchi umumnya berulir 14 inchi dengan panjang ulir 19 mm.