Ada banyak cara untuk menciptakan suasana nyaman dan tenang di rumah Anda. Dari memiliki ide rumah yang tepat, furnitur multifungsi hingga menambahkan aksesoris dan tanaman hias dalam ruangan.

 

Berapa kebutuhan tanaman hias? Kehadiran tanaman hias di dalam ruangan akan memberikan nuansa baru dan menyegarkan pandangan.

 

Bunga hijau atau warna-warni dari daunnya dapat meningkatkan semangat dan meningkatkan mood. Apa saja pilihan tanaman hias yang cocok untuk rumah indoor?

 

5 Pilihan Tanaman Hias Indoor untuk Dekorasi Kamar

lidah mertua

Siapa yang tidak mengenal dialek? Tanaman hias berdaun tunggal ini dulu populer karena manfaatnya bagi kesehatan.

 

 

Lidah mertua akan membuat udara di sekitar ruangan menjadi bersih kembali, dan tentunya orang-orang di dalam rumah akan lebih sehat. Keunggulan tanaman ini adalah dapat bertahan hidup tanpa sering disiram.

 

Lidah mertua sangat toleran terhadap cuaca kering, sehingga Anda hanya perlu memberikan air sekali sehari atau setiap 2 hari sekali. Namun lidah mertua tetap membutuhkan sinar matahari.

 

Pada jenis yang didominasi daun berwarna hijau, Anda hanya perlu mengeringkannya setiap 3 hari sekali.

 

Sedangkan untuk lapisan lidah berwarna kuning, hanya perlu dijemur seminggu sekali. Untuk mencegah tanaman ini membusuk, gunakan tanah pot berpasir.

 

Calathea

Calathea adalah tanaman berdaun indah yang membuat ornamen menarik untuk ditempatkan di rumah.

 

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan mulai tumbuh di berbagai negara termasuk Indonesia.

 

Anda bisa membuat beberapa jenis tanaman hias daun hias indoor Calathea, antara lain:

 

Louisa

Spesies ini adalah Caathea asli Brasil, dengan panjang daun hingga 22 cm dan lebar 10 cm. Tinggi tanaman maksimal 80 cm.

 

Kurap

Calathea Orbifolia adalah tanaman Bolivia dengan daun lebar. Anda dapat menyimpannya di tempat lembab yang sejuk.

 

Onata

Ornata jenis ini berasal dari Amerika Selatan yang terkenal dengan daunnya yang khas dan lebar. Spesies ini mulai dibudidayakan di daerah tropis seperti Thailand dan Indonesia. Tidak heran Anda akan menemukan Calathe Ornata di pasar.

 

Anda dapat menempatkan Calathea Ornata di dalam ruangan atau di luar ruangan. Namun, akan tumbuh berbeda, yaitu Calathea Ornata tidak akan mekar jika disimpan di dalam ruangan. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan sinar matahari.

Baca Juga : barberry bush pruning

polikromatik

Varietas multi-warna ini merupakan salah satu varietas Calathea yang paling umum di Indonesia. Orang biasa menyebutnya Calathea Merah Putih. Warna daunnya terdiri dari hijau krem   dan fuchsia.

 

Tinggi tanaman Calathea Multicolor antara 20 cm hingga 60 cm. Anda dapat menempatkannya di area penghias ruangan atau teras. Namun, pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup.

 

lipstik hitam

Nama lipstik hitam yang ditambatkan pada Calathea tidak lain adalah keindahan bentuk daunnya. Jenis lipstik hitamnya sendiri merupakan varietas Calathea asli Indonesia tepatnya Papua. Beberapa negara menyebut jenis ini Calathea Dottie.

 

Keunikan Black Lipstik terlihat dari warna daunnya yang berwarna hijau keunguan tua dengan garis-garis merah jambu. Jenis perawatan Calathea ini sama dengan jenis perawatan lainnya. Siram tanaman secara teratur dan pastikan terkena sinar matahari penuh.

 

monstera

Tanaman hias terpopuler tahun 2020. Yang lebih dikenal adalah tanaman janda bolong yang dijual hingga puluhan juta rupiah per pot.

 

Bentuk monstera yang unik menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya sehingga menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

 

Meski untuk sementara lupa menyiram, daun monstera tidak akan mudah layu. Anda bisa menyiram 1 kali seminggu. Pastikan juga monstera berada di bawah sinar matahari agar tidak perlu dijemur.

 

Monstera bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan untuk mempercantik efek visual ruangan-ruangan di rumahmu. Untuk tampilan glossy, glossy, bersihkan daun dengan kain lembut setiap 2 hari sekali. Anda juga dapat memilih berbagai jenis monster sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Beberapa rekomendasi jenis Monstera yang bisa kamu beli adalah Monstera Deliciosa, Borsigniana, Obligqua, Adansonii, Variegata, Pinnatipartita hingga Dubia. Semua jenis Monstera memiliki harga yang berbeda-beda.

 

Dracaena

Sudut-sudut ruangan rumah akan terasa segar jika Anda menempatkan tanaman hias dedaunan seperti Dracaena Warnecki atau Dracarna Deremensis. Daunnya tipis dan panjang, tetapi batangnya akan tumbuh lebih tinggi.

 

Dracaena Warnecki akan membuat ruangan Anda terlihat rindang, teduh dan segar. Warna daunnya hijau tua dengan buff keputihan di tepinya. Perawatan tanaman ini sangat sederhana, cukup menyiramnya sekali sehari.

 

Usahakan menggunakan air bersih atau jernih. Karena jika menggunakan air sadah, ujung-ujung daunnya akan berubah warna menjadi coklat. Dracaena membutuhkan sinar matahari, jadi pastikan ruangan Anda memiliki celah.

 

Jika ruangan Anda tertutup dan Anda masih ingin merawat tanaman Dracaena Warnecki, cukup letakkan di teras rumah Anda. Namun, jangan terlalu banyak terkena sinar matahari, agar tanaman tidak mengering dan mati.

 

hilin

Kembang sepatu brasil merupakan tanaman hias yang digandrungi dan digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Daun Philodendron memiliki garis berbentuk hati. Tumbuh dengan merambat di sekitar media tanam, sehingga terlihat elegan.

 

Suka topik tanaman kunjungi https://marylandlawnandgarden.com/