5 Tips Tepat Memelihara Burung Dara

Burung dara menjadi satu diantara tipe hewan piaraan yang sekarang sedang disukai. Hewan yang populer sebagai pembawa pesan ini bisa juga diperbudidayakan untuk diambil dagingnya. Terhitung hewan yang menyukai hidup dalam barisan membuat kamu harus ketahui bagaimanakah cara gampang perawatan burung dara, bila baru pertama jadikan hewan ini sebagai piaraan.

Sebelum lanjutkan artikel tentang 5 Tips Tepat Memelihara Burung Dara, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mendapatkan vitamin burung terbaik kunjungi website sahabat kicau.

1. Tentukan Tipe yang Pas

Saat sebelum memilih untuk memiara burung dara, kamu perlu tentukan lebih dulu apa maksudnya. Misalkan, apa kamu memiara burung ini untuk maksud lomba atau budidaya usaha. Seperti hewan lain, burung dara dengan kualitas terbaik pasti mempunyai harga membeli dan jual yang tinggi.

Kamu perlu ketahui jika burung dara sebagai hewan yang hidup berpasangan hingga saat membeli, belilah langsung dengan pasangannya bila sudah mempunyai pasangan atau berbentuk burung dara dewasa. Masalahnya burung yang setia ini akan kabur atau depresi jika dipisah dari pasangannya.

2. Beri Kandang yang Nyaman

Sama dengan kamu sendiri, hewan juga memerlukan rumah yang nyaman, tidak kecuali burung dara . Maka, pastikanlah kamu telah mempersiapkan kandang buat mereka. Kamu dapat memesan atau membuat kandang itu sendiri. Ukuran dari kandang untuk sepasang burung dara ialah sekitaran 2,5 sampai 3 mtr. persegi . Maka, kamu dapat ketahui berapakah ukuran kandang sesuai jumlah burung dara yang akan dipiara.

3. Persyaratan Kandang Burung Dara

Sesudah menyiapkan kandang, ada banyak hal yang lain perlu kamu lihat. Yakinkan kandang seutuhnya membuat perlindungan burung dari teror predator, mempunyai sirkulasi yang pas, punyai cukup ruangan untuk burung bergerak, makan, dan minum.

Disamping itu, kandang harus ditempatkan pada status yang semakin tinggi dan bebas masalah, seperti pohon, kabel, atau tiang lampu supaya tidak mengusik kenyamanan burung dara.

4, Beri Pakan yang Berkualitas

Sama dengan manusia, burung dara membutuhkan air bersih tiap hari . Maka, pastikanlah kamu memberikan pakan dan minum, lalu yakinkan juga pakan yang kamu beri telah dikonsumsi di antara 15-20 menit sesudah diberi. Sesudahnya, membersihkan tersisa makanan dalam kandang.

Kamu perlu memberi jagung yang telah digiling kasar sebagai tambahan mineral dan vitamin sekalian menolong pencernaan burung. Beri pakan sekitar 2x dalam satu hari.

Jika burung sedang dalam babak berkembang biak, beri pakan dengan kandungan protein tinggi atau sekitaran 16-18 % protein mentah kombinasi. Lantas, jika burung sedang ikuti perlombaan, beri tambahan energi dari karbohidrat dan protein dan lemak kombinasi sejumlah 14-15 %. Bila burung sedang sakit atau alami bulu-bulu rontok, beri pakan dengan kandungan protein kombinasi sejumlah 16 %.

5. Latih Burung Dara Pulang ke Kandang

Sesudah umur burung dara masuk 6-8 minggu, kamu bisa mulai latihnya untuk kembali lagi ke kandang. Triknya, buat dia mengenal kandangnya lebih dulu. Berikan makan dengan teratur dalam kandang, kadang-kadang diamkan dia keluar dengan buka kandang atau meletakkannya pada kurungan ayam. Ulang sampai beberapa minggu. Apabila sudah ingat, kamu bisa mulai melepaskannya. Upayakan sore hari saat sebelum makan supaya burung dara tidak terbang terlampau jauh.

Janganlah lupa, lihat juga keadaan kesehatan burung dara. Jika kamu merasakan ada tanda-tanda atau peralihan yang tidak biasa, selekasnya tanya bagaimana pengatasannya.

Info lainnya kunjungi manfaat vitamin untuk burung