Apakah Cincin Tunangan Harus Diletakan di Jari Manis

Bersepakat untuk menjalin hubungan lebih serius dengan langsungkan tunangan bukan sekadar untuk membuat ikatan lebih resmi saja. Tunangan merupakan sebuah step baru bagi sebuah ikatan antar pasangan. Letak cincin tunangan pun berbeda dari lainnya.

Ketika memutuskan bertunangan, ada sebuah kesepakatan antar pasangan bersama keluarga besar untuk membawa hubungan ke jenjang lebih serius dari sebelumnya. Bahkan di luar negeri, tunangan sering juga dianggap semi pernikahan yang hampir serupa dengan pernikahan dan hubungan suami-istri.

Alasan Mengapa Cincin Tunangan di Jari Manis Kiri

Apakah Cincin Tunangan Harus Diletakan di Jari Manis

Mungkin masih banyak yang bertanya, apa arti cincin di tangan kanan dan kiri juga mengapa barus ada pertukaran cincin di sesi tunagan. Terdapat banyak alasan mengapa tunangan dengan tukar atau beri cincin satu sama lain ini ada di acara tunangan.

  1. Kepercayaan Romawi Kuno

Adanya cincin yang diletakan di jari manis menjadi bentuk dari budaya Bangsa Romawi Kuno, juga tidak lepas dari kepercayaan terhadap sebuah kebiasaan yang memiliki makna khusus.

Pada budaya dan kepercayaan tersebut dijelaskan bahwa pembulub darah manusia melewati jari manis, sehingga di banyak gambar cincin tunangan di jari sebagian besar merupakan jari manis.

  1. Aksesoris yang Memiliki Nilai Khusus

Mengapa cincin? Kenapa tidak perhiasan lain? Cincin yang diletakan di bagian pembuluh darah pada jari manis berbentuk lingkaran tanpa terputus. Hal ini menjadi harapan agar hubungan antara pasangan tidak pernah putus.

Selain itu, karena menjadi perhiasan, maka cincin memiliki nilai khusus dari sisi materi. Menggambarkan bahwa pasangan Anda rela memberikan suatu benda bernilai tinggi. Apalagi bila memang cincin tersebut berharga tidak murah. 

  1. Perbandingan Antara Tangan Kanan dan Kiri

Kemudian alasan lainnya, cincin di jari manis kanan ataupun kiri punya makna atau arti tersendiri. Untuk jari manis tangan kanan digunakan cincin pernikahan. Tangan kanan melambangkan sesuatu yang lebih resmi dan serius.

Sedangkan penggunaan cincin jari manis di tangan kiri dianggap semi resmi atau semi formal yang mana tetap merupakan ikatan serius. Jadi penggunaan cincin dan masuk ke sesi tunangan sama seperti pembuka langkah lebih serius dalam berhubungan.

  1. Ikatan yang Lebih Spesial dan Resmi

Menikah adalah salah satu cara menyatukan dua keluarga besar. Menikah melibatkan banyak pihak yang mana setiap pasangan tidak bisa sembarangan melakukannya tanpa ada ikatan spesial, juga komitmen dalam menjalin hubungan resmi bersama.

Banyak pasangan yang juga memasang cincin jari telunjuk baik ketika bertunangan, maupun menikah. Semua tergantung pada keinginan masing-masing. 

Oleh karena melambangan hubungan yang lebih serius atau resmi, acara tunangan biasanya diikuti oleh para anggota keluarga pasangan. Pada letak cincin tunangan juga desain dan jenisnya tergantung selera pasangan tersebut. Begitupun dengan nilai dan harganya.