Genset adalah singkatan dari “generator set”. Genset adalah sebuah mesin yang menghasilkan listrik dengan menggunakan bahan bakar, seperti bensin, diesel, atau gas. Alat ini biasanya digunakan sebagai sumber daya listrik cadangan atau sebagai sumber utama listrik di tempat-tempat yang tidak terhubung dengan jaringan listrik utama. Genset juga sering digunakan pada kegiatan outdoor, seperti pada konser musik, festival, atau acara-acara lainnya yang membutuhkan sumber daya listrik yang mudah.

 

Genset umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu genset portabel dan genset skid-mounted. Jenis genset portabel adalah genset yang mudah dipindah-pindahkan dan biasanya digunakan untuk keperluan sementara. Sedangkan genset skid-mounted adalah genset yang dipasang pada sebuah skid atau kaki-kaki dan biasanya digunakan untuk keperluan jangka panjang.

 

Selain itu, genset juga dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara kerjanya, yaitu genset otomatis dan genset manual. Genset otomatis adalah genset yang dapat menyala dan mati secara otomatis sesuai dengan kebutuhan listrik. Genset ini biasanya dilengkapi dengan sistem transfer switch yang dapat mengalihkan sumber daya listrik dari jaringan listrik utama ke genset dan sebaliknya. Sedangkan genset manual adalah genset yang harus dinyalakan dan dimatikan secara manual. Genset manual biasanya digunakan untuk keperluan sementara atau sebagai sumber daya listrik cadangan.

Genset terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu:

  1. Mesin penggerak: mesin yang menggunakan bahan bakar untuk menggerakkan generator.

  2. Generator: mesin yang mampu mengubah energi mekanis menjadi energi listrik.

  3. Panel kontrol: bagian yang mengatur dan mengontrol kerja genset.

  4. Tangki bahan bakar: tempat menyimpan bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan mesin penggerak.

  5. Sistem pendingin: sistem yang menjaga suhu mesin tetap stabil.

 

Genset juga bisa digunakan sebagai sumber daya listrik utama di tempat-tempat yang tidak terhubung dengan jaringan listrik utama, seperti di desa-desa terpencil atau di daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan listrik utama. Namun, pada umumnya genset hanya digunakan sebagai sumber daya listrik cadangan atau sementara, sementara sumber daya listrik utama masih berasal dari jaringan listrik utama.

 

Penggunaan Genset

Genset bisa digunakan dalam berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Genset biasanya digunakan dalam situasi-situasi seperti:

  • Gangguan listrik yang terjadi secara tiba-tiba

  • Kegiatan outdoor yang membutuhkan sumber daya listrik mobile

  • Proyek-proyek konstruksi yang membutuhkan listrik di lokasi yang tidak terhubung dengan jaringan listrik utama

  • Tempat-tempat yang terpencil atau tidak terjangkau jaringan listrik utama

 

Genset bisa digunakan kapan saja, tergantung pada kebutuhan listrik dan kondisi di tempat yang bersangkutan. Genset bisa digunakan sebagai sumber daya listrik cadangan atau sebagai sumber utama listrik di tempat-tempat yang tidak terhubung dengan jaringan listrik utama.

 

Jadi, genset sebenarnya memiliki banyak kelebihan serta manfaat yang bisa digunakan dalam membantu keperluan manusia sehari-hari baik dalam sebuah acara besar ataupun membantu dalam sebuah berjalannya acara agar bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada halangan yang dapat mempengaruhi jalannya sebuah acara.

By roket