Cara Cuci Muka yang Benar

Membasuh wajah biasanya terlihat sederhana. Basahi wajahnya terlebih dahulu, tuangkan sabun wajah lalu usapkan pada wajahnya, lalu bilas wajahnya. Namun, cara mencuci muka yang benar tidak sama untuk semua orang.

Cara mencuci muka dengan benar sesuai jenis kulit Anda

Sebelum Anda mulai membersihkan wajah, Anda hanya perlu mengidentifikasi jenis kulit Anda. Kulit sehat terbagi menjadi kulit berminyak, kering, kombinasi, dan normal. Selain itu, ada jenis kulit lain yang disebut kulit sensitif.

Anda sedang mencari supplier alat kesehatan terbaik? bisa kunjungi tautan tersebut.

Selain mengidentifikasi jenis kulit Anda, Anda juga mengetahui masalah kulit yang Anda alami. Hal ini untuk mencegah timbulnya masalah lebih lanjut akibat bahan tertentu yang dibasuh pada wajah yang tidak sesuai dengan kulit.

Setelah itu, Anda bisa mulai mencuci muka dengan mengikuti petunjuk di bawah ini.

1. Kulit berminyak

Cuci tangan Anda sebelum menyentuh wajah Anda. Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa menempel di kulit Anda sehingga menimbulkan jerawat. Jangan lupa untuk mengikat rambut Anda jika Anda sudah merasa cukup.

Bersihkan terlebih dahulu sisa riasan atau kotoran menggunakan milk cleanser dan toner pada tahap pertama. Oleskan lotion pada kulit wajah dengan gerakan pijatan, lalu bersihkan dengan kapas yang dibasahi toner.

Cuci muka dengan sabun wajah khusus untuk jenis kulit berminyak. Bersihkan secara menyeluruh, terutama di zona T pada dahi, hidung dan dagu. Lalu, bilas dengan air hingga sabunnya terasa lengkap.

Anda juga bisa menggunakan spons wajah atau bola kapas untuk menyeka pembersih yang masih menempel di wajah. Basuh wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori terbuka dan meningkatkan sirkulasi darah.

Keringkan wajah Anda dengan menutupinya dengan handuk atau menggosok dengan lembut. Gunakan handuk khusus untuk wajah, bukan handuk yang sama untuk mandi. Jangan langsung mengelap kulit di wajah.

Saat wajah masih setengah lembab, gunakan toner untuk menghilangkan riasan, debu, dan sabun yang masih tak terlihat. Toner juga berfungsi untuk melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan melembutkan kulit.

Jangan lupa gunakan moisturizer setelah toner sudah kering. Pilih pelembab untuk kulit berminyak yang tidak komedogenik, bebas minyak, dan air atau gel.

2. Kulit kering dan sensitif

Berbeda dengan kulit berminyak, kulit kering dan sensitif membutuhkan pembasuhan wajah setiap hari. Pasalnya, sering-sering mencuci muka bisa menghilangkan minyak alami, membuat kulit kering dan berisiko iritasi.

Pastikan Anda mencuci tangan sebelum menyentuh wajah Anda. Kemudian, bersihkan sisa riasan dan kotoran di wajah dengan membersihkan kulit berminyak. Gunakan pembersih dan toner sebagai langkah pertama untuk pembersihan ganda.

Yuk ketahui juga harga ventilator kesehatan.

Cuci muka dengan sabun khusus untuk kulit kering dan sensitif. Sabun untuk jenis kulit ini biasanya mengandung minyak, ceramide, gliserin, dan bahan kimia pengelupas yang lembut pada kulit. Sabun mungkin tidak lembut.

Gosokkan sabun pada wajah dengan gerakan memutar. Setelah itu bilas dengan air hangat atau dingin. Sebaiknya jangan gunakan air hangat, karena suhu air yang tinggi dapat mengeringkan kulit.

Setelah tidak ada sisa sabun, keringkan wajah Anda sampai kering. Gunakan handuk wajah khusus dengan bahan yang lebih lembut dan tepuk-tepuk dengan lembut, jangan dilap.

Kulit kering dan sensitif membutuhkan kelembapan ekstra. Oleh karena itu, segera aplikasikan pelembab pada kulit kering dan sensitif usai membasuh wajah. Pilih pelembap yang mengandung minyak mineral, gliserin, dan ceramide.

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah toner. Toner cocok untuk kulit kering tanpa alkohol dan mengandung gliserin, asam hialuronat, atau bahan pelembab lainnya. Toner dapat melembabkan kulit dan membantu menyerap produk selanjutnya.

3. Kulit normal dan kombinasi

Orang yang memiliki kulit normal tidak memerlukan cara khusus untuk membasuh muka, jika tidak memiliki masalah kulit. Ikuti saja langkah-langkahnya seperti biasa menggunakan sabun, toner, produk pembersih, dan pelembab untuk kulit normal.

Sedangkan yang berkulit kombinasi bisa membasuh wajah layaknya kulit berminyak. Berfokuslah untuk membersihkan bagian wajah yang paling umum yang biasanya ditemukan di zona T.

Pilih pembersih wajah yang mengandung pelembab seperti ceramide, gliserin, atau hyaluronic acid. Meski kulit Anda cenderung berminyak, kulit campuran juga memiliki area yang lebih kering, terutama di sekitar pipi dan di bawah mata.

Keringkan wajah Anda dengan handuk lembut. Setelah itu, gunakan toner bebas alkohol untuk menyeimbangkan pH kulit dan menjaganya tetap lembab. Lengkapi rutinitas perawatan kulit Anda menggunakan serum, pelembab, dan tabir surya.