Melihat kualitas perhiasan adalah salah satu tips memilih cincin pernikahan yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena kualitas sebuah cincin akan mempengaruhi usianya, yaitu apakah bisa bertahan lama atau tidak saat dikenakan selama bertahun-tahun.

Anda bisa mengetahui ciri-ciri cincin berkualitas mulai dari tampilan fisiknya dengan memperhatikan beberapa hal. Lalu, bagaimana cara melihat kualitas cincin sebelum memutuskan untuk membelinya? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Melihat Berat Cincin

Pertama, Anda bisa melihat kualitas cincin dari berat perhiasan tersebut terlebih dahulu. Biasanya toko perhiasan akan memberikan informasi kepada orang yang akan membeli terkait berapa berat cincin serta budgetnya, misalnya berapa harga emas 18 karat hari ini.

Contohnya saat Anda ingin membeli cincin berlian, maka bisa menanyakan ukurannya berapa carat. Jangan hanya melihat dari besar kecilnya cincin saja, melainkan dari seberapa berat kandungan bahan utama di dalamnya.

Hal ini karena hal utama yang mempengaruhi berat cincin adalah kualitas berlian atau emasnya, bukan dari besarnya perhiasan. Misalnya, cincin yang sama-sama memiliki kandungan 1 carat berlian bisa saja ukuran diameternya berbeda-beda.

Cara Melihat Kualitas Cincin Sebelum Dibeli

Memperhatikan Potongan Perhiasan

Syarat cincin nikah berikutnya yang harus diperhatikan agar mendapatkan perhiasan berkualitas, yaitu memperhatikan potongannya. Hal ini perlu dilakukan terutama jika Anda mencari perhiasan bertahta berlian karena cutting akan mempengaruhi tampilannya.

Tujuan memperhatikan cutting cincin, yaitu untuk mendapatkan perhiasan yang indah dan tampak elegan. Di samping itu, semakin bagus tampilan cincin, maka akan menunjukkan bahwa perhiasan tersebut memiliki kualitas tinggi.

Mencari Tahu Bahan Baku Perhiasan

Cara berikutnya, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu terkait bahan baku yang digunakan untuk membuat perhiasan. Memang tidak ada batasan apakah bahan cincin nikah harus emas atau tidak, tetapi dengan melihat bahannya Anda akan mengetahui kualitas perhiasan.

Bahan yang digunakan untuk membuat cincin juga akan mempengaruhi tingkat keawetan perhiasan. Misalnya saja, cincin yang terbuat dari emas bisa dikatakan berkualitas karena tidak mudah mengalami korosi, tetapi harganya juga sedikit mahal.

Memperhatikan Kejernihan Perhiasan

Tips terakhir untuk melihat model cincin kawin yang berkualitas, yaitu memperhatikan kejernihan perhiasan. Hal ini penting dilakukan terutama jika Anda membeli cincin berlian agar menemukan perhiasan asli yang berkualitas.

Semakin jernih cincin berlian, maka bisa dikatakan kualitasnya semakin baik. Kejernihan ini bisa Anda lihat dengan alat khusus yang biasanya disiapkan oleh toko perhiasan. Anda harus memperhatikan kualitas cincin tersebut agar mendapatkan berlian asli.

Beberapa tips memilih cincin pernikahan berkualitas tersebut dapat Anda terapkan agar mendapatkan perhiasan terbaik. Di samping itu, disarankan untuk tidak terburu-buru dalam memilih cincin agar tidak merasa menyesal karena kualitasnya.

sumber : https://adellejewellery.com/id

By Drajad