Cara mengatas i gatal secara alami

Cara mengatas i gatal secara alamiPernah ga sih kalian mengalami rasa gatal yang tak kunjung sembuh atau  bahkan padahal kalian sudah mengaruknya namun masih  terasa gatal ? pastinya diantara kalian sudah pernah merasakannya .Rasa gatal sangat mengganggu aktivitas kalian dan membuaat kalian merasa tidak nyaman. Gatal merupakan hal yang umum terjadi pada kulit manusia ,dan untuk penangannya pun berbeda beda .Nah rasa gatal itu disebabkan oleh berbagai macam misalnya saja karena digitit ulat bulu,kulit yang kering dan juga karena gangguan kesehatan kulit atau juga karena alergi .

Lalu apakah ada cara alami untuk mengatasi rasa gatal  tersebut ,tentunya ada .Karena biasanya dengan hal yang alami bisa mengobati berbagai macam peenyakit dan juga rasa gatal.Namun jika rasa gatal itu terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama sebaiknya kalian berkonsultasi dengan dokter.

Kemudian untuk mengatasi rasa gatal kita bisa mengatasi nya dengan beberapa bahan alami yaitu :

1.Lidah Buaya

Yang pertama adalah dengan menggunakan Lidah Buaya . Kulit yang gatal dapat diatasi dengan menggunakan daging lidah buaya. Ditempelkannya bahan-bahan alami yang memberikan efek sejuk atau dingin pada bagian kulit yang gatal. Lidah buaya memberikan efek dingin pada kulit yang terasa gatal. Lakukan mengompres kulit yang gatal dengan lidah buaya selama beberapa menit. Ulangi kompres hingga kulit kembali terasa nyaman.

2.Berendam Dengan Air Hangat

Cara yang kedua ,untuk mengatasi rasa gatal adalah dengan berendam air hangat .Cara ini paling mudah dan bisa kalian terapkan yaitu dengan cara mengisi bathup kalian dengan Elterra Water Heater .Alat ini berfungsi sebagai pemanas air jadi kalian bisa dengan mudah dan cukup cepat saat mengisi bathup. Dengan berendam air hangat ,rasa gatal kalian akan mengurang. Namun kalian harus perhatikan suhu air yang kalian gunakan agar sesuai dan tidak terlalu panas .

3.Minyak Kelapa

Cara yang ketiga adalah  dengan menggunakan minyak kelapa .Minyak kelapa ini menjadi bahan alami untuk mengatasi gatal pada kulit. Kandungan protein dalam minyak kelapa membantu untuk mengatasi rasa gatal pada kulit dan mengatasi iritasi pada kulit. Tidak hanya dipercaya dapat memperbaharui sel kulit, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelembap alami sehingga rasa gatal dapat teratasi.

4.Mentimun

Hampir sama dengan lidah buaya, mentimun dapat memberikan efek dingin pada kulit yang dapat mengurangi kulit gatal yang dialami. Caranya, potong mentimun menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan berikan pelembap agar kulit terasa nyaman.

5.Alpukat

Kulit yang gatal terkadang disebabkan oleh kulit yang kering. Kamu bisa menggunakan daging buah alpukat untuk melembapkan kulit yang kering. Alpukat mengandung lemak nabati yang tinggi dan berkhasiat untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu dapat mengoleskan daging alpukat yang sudah dihancurkan pada bagian kulit yang kering dan gatal. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain menggunakan beberapa bahan alami tersebut, tidak ada salahnya untuk mengatasi kulit yang gatal dari dalam. Jangan lupa untuk perbanyak mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat agar kulit yang gatal tidak iritasi. Selain itu, untuk sementara hindari melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa alas kaki.

Baca Juga :Handal Water Heater

 

Selanjutnya kalian harus tahu beberapa penyebabyang menyebabkan kulit kalian merasa gatal . nah ini dia beberapa penyebabnya yang harus kalian ketahui :

1.Penyakit Kulit

Rasa gatal tersebut bisa dirasakan hanya di area kulit tertentu atau berbagai bagian tubuh. Selain rasa gatal, penyakit kulit tersebut juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti iritasi kulit dan kemerahan atau bintik-bintik pada kulit.Contoh penyakit kulit : Exim,kudis, kurap,cacar,bidurandan lain lain.

2.Kulit kering

3.Penyakit Sistematik

4.Reaksi Gatal Pada bahan tertentu

Alergi merupakan salah satu penyebab umum munculnya keluhan gatal-gatal di kulit. Reaksi alergi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap benda atau zat tertentu yang menjadi pencetus alergi (alergen).

5.Ganggun Syaraf

Kulit gatal yang tidak kunjung sembuh atau menetap dalam waktu lama bisa disebabkan oleh gangguan saraf. Beberapa jenis penyakit saraf yang bisa menyebabkan gatal-gatal adalah neurodermatitis, herpes zoster, multiple sclerosis, dan neuropati.

 

Nah itu dia beberapa cara mengatasi gatal dan penyebabnya ,dengan bahan alami kalian bisa menggunakannya sebagai  bahan untuk mengatasi rasa gatal .Namun ,jika rasa gatal  yang kalian alami belum juga sembuh dalamkurun  waktu yang lama ,sebaiknya kalian periksakan diri ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter.

By suyua