23/06/2021

Disini Saja

Disini Saja

Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi yang Wajib Diwaspadai Orangtua

Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi yang Wajib Diwaspadai Orangtua

 

Selama ini, susu sapi memang menjadi pilihan terbaik bagi para orangtua yang ingin memberikan nutrisi terbaik buat si kecil. Terlebih lagi, bagi para ibu yang memiliki masalah pada ASI seperti ASI tidak dapat keluar. Hal ini bukan tanpa alasan karena susu sapi dikenal dengan beragam manfaat yang ada didalamnya.

Walaupun demikian, bukan berarti apabila semua bayi cocok untuk mengkonsumsi susu formula tersebut. Justru terdapat sejumlah bayi dimana tidak dapat mengkonsumsi susu dari sapi karena mengalami alergi susu sapi.

Ciri-ciri bayi alergi susu sapi

Alergi susu sapi sendiri adalah salah satu jenis alergi dimana paling banyak terjadi pada anak-anak. Risiko bayi terkena alergi jenis ini memang akan semakin meningkat apabila salah satu dari orangtuanya memiliki riwayat alergi jenis ini. Bayi yang mengalami alergi ini biasanya akan mengalami muntah atau diare sesuai mengkonsumsi susu sapi tersebut.

Bukan hanya itu saja, beberapa reaksi alergi pun juga ditunjukkan oleh si kecil. Alergi jenis ini biasanya memang disamakan dengan intoleransi laktosa karena adanya gejala atau ciri-ciri yang hampir sama. Padahal sebenarnya, keduanya merupakan kondisi yang berbeda lho. Alergi ini biasanya terjadi apabila sistem imun pada si kecil beraksi berlebihan terhadap protein didalam susu sapi tersebut.

Untuk mengenali lebih jauh mengenai alergi susu sapi, simak beberapa ciri-cirinya dibawah ini.

  1. Munculnya ruam pada kulit

Ciri yang paling sering terjadi pada bayi yang mengalami alergi diatas adalah munculnya ruam pada kulit atau kemerahan. Tidak hanya itu saja, ruam tersebut pun akan terasa gatal-gatal sehingga si kecil mungkin akan mencoba menggaruknya. Selain itu, ruam biasanya juga disertai dengan adanya bagian tubuh yang bengkak.

  1. Gangguan pencernaan

Ciri lainnya yang akan muncul adalah adanya gangguan pencernaan setelah si kecil mengkonsumsi susu sapi tersebut seperti diare, nyeri para perut dan perut terasa kembung. Jika sudah seperti ini, maka kemungkinan besar mereka memiliki alergi tersebut.

  1. Adanya gangguan pernapasan

Selain adanya gangguan pencernaan, ciri lainnya adalah adanya gangguan pada sistem pernapasan. Biasanya dapat ditandai dengan mata berair, hidung meler, batuk-batuk hingga adanya bersin yang berulang-ulang. Dalam kondisi yang parah, ada juga bayi yang mengalami sesak napas hingga pingsan.

  1. Rewel dan mudah menangis

Bayi yang mengalami alergi pada susu sapi biasanya juga akan lebih rewel dan mudah menangis. Hal tersebut sebagai akibat karena mereka merasakan gejala-gejala yang muncul diatas. Jika anak rewel, sebaiknya para orang tua harus segera menggendongnya dan selalu berada di sampingnya.

Walaupun demikian, ciri-ciri bayi alergi susu mungkin akan berbeda-beda dan tergantung dengan kondisi buah hati anda tersebut. Apabila alergi tidak kunjung hilang, maka sebaiknya anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter.