03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Daftar dan Penjelasan Sub Sektor Industri Kreatif

Daftar dan Penjelasan Sub Sektor Industri Kreatif

Di era digital yang semakin maju, industri kreatif juga semakin berkembang dan semakin meluas. Setidaknya, ada 16 sub sektor industri kreatif yang kita kenal sekarang ini, Untuk ulasan lengkap subsektor industri kreatif ini silahkan klik disini. Semua sub sektor tersebut memiliki peluang yang sama untuk bisa berkembang dan menjadi besar.

Namun sayangnya, pada prakteknya, baru beberapa saja pelaku industri kreatif yang mau dan mampu mengoptimalkan bidang yang mereka geluti. Padahal jika dimaksimalkan, industri dalam negeri tidak kalah hebatnya dengan industri luar negeri yang sering kita kagumi.

16 Sub Sektor Industri Kreatif

  • Aplikasi dan Pengembangan Permainan

Siapa sangka jika permainan yang selama ini tidak pernah terpikirkan bisa menjadi ladang uang, malah mulai dimasukkan dalam salah satu bentuk pekerjaan yang diidamkan. Selain game, aplikasi yang bisa kita unduh dengan mudah di layanan ponsel pintar juga menjadi bentuk industri kreatif. Tanpa harus bertatap muka, orang-orang bisa bertransaksi dengan aman dan menghasilkan uang.

  • Arsitektur

Jika kamu melihat sekeliling, sudah banyak sekali bentuk rumah maupun bangunan yang jauh dari kesan konvensional, atau bisa juga merupakan kombinasi dari keduanya. Arsitektur yang merupakan gabungan dari ilmu sains dan imajinasi ini tentu adalah salah satu karya seni yang bisa dimasukkan ke dalam ranah kreatif.

  • Desain produk

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu daya tarik sebuah produk adalah berasal dari kemasannya. Jika dulu bentuk kemasan yang dikenal hanya berupa botol dengan leher panjang, kardus segi empat hingga plastik polos, maka sekarang desain produk sudah sangat variatif.

  • Fashion

Perlu kreativitas guna menciptakan pakaian, sepatu maupun aksesoris yang dikenakan dan dipasarkan. Oleh karena itulah sektor ini layak untuk dimasukkan ke dalam industri kreatif. Proses untuk bisa menciptakan sebuah karya pun juga tidak mudah dan memerlukan pengolahan ide yang tidak sebentar.

  • Desain Interior

Kebebasan dalam menentukan tema sebuah interior semakin berkembang akhir-akhir ini. Banyak desainer interior yang memandang manfaat industri kreatif sangat besar dalam kehidupan mereka, sebab tidak ada batasan untuk kreativitas dan inovasi.

  • Desain Komunikasi Visual

Selain desain interior, diskomvis juga merupakan salah satu contoh industri kreatif. Salah satu contohnya adalah munculnya iklan dengan storyboard yang menarik dan sangat inovatif.

  • Seni Pertunjukan

Kamu tentu sudah paham bahwa seni adalah bagian dari industri kreatif, termasuk seni pertunjukan. Teater, pentas musik, pameran fotografi adalah contoh dari proses kreativitas yang kemudian dilahirkan dalam bentuk nyata yang bisa dinikmati.

  • Film, Animasi, dan Video

Perkembangan film, animasi dan video merupakan salah satu contoh yang paling mudah kita lihat. Mulai dari film dengan tampilan hitam-putih, hingga sekarang tampil dalam bentuk 3 dimensi tentunya merupakan salah satu perjalanan panjang dari proses kreatif.

  • Fotografi

Walaupun hanya sebuah gambar, namun fotografi adalah perpaduan antara citarasa dan teknik. Orang bisa memiliki kamera yang sama dan memotret model dengan sudut yang sama, tapi hasilnya pasti akan berbeda.

  • Kriya

Produk rumah tangga pun kini juga sudah mengalami banyak inovasi, mulai dari bentuk hingga bahan yang digunakan. Maka tidak heran jika kriya pun sekarang masuk ke dalam industri kreatif indonesia.

  • Kuliner

Kamu sudah pernah mendengar nama Kopi Kenangan, Janji Jiwa atau nama kopi kekinian lainnya? Atau kamu pernah mengetahui rendang yang sekarang sudah ada versi instannya? Semua itu adalah inovasi di dalam bidang kuliner yang semakin hari semakin bertambah.

  • Musik

Seniman tidak bisa dijauhkan dari proses kreativitas. Munculnya beragam jenis musik baru, penyanyi baru dan juga bentuk peredaran lagu yang baru, merupakan bukti bahwa kreativitas adalah motor penggerak bagi seniman agar terus bisa membuat karya.

  • Periklanan

Agar bisa menarik perhatian calon pelanggan, maka sebuah produk membutuhkan iklan yang menarik. Tak jarang, iklan yang dibuat sangat kontroversial sehingga menjadi viral. Hal ini tentunya tidak hanya faktor keberuntungan semata, tetapi juga kerja keras dan tentu saja kreativitas.

  • Penerbitan

Penulis dan penerbit buku adalah orang-orang yang juga masuk ke dalam ranah sub sektor ekonomi kreatif. Sebab untuk bisa menulis sebuah buku dan menerbitkannya, termasuk juga pemilihan sampul dan cara pemasarannya, semuanya membutuhkan ide yang harus digodok dengan matang.

  • Seni Rupa

Sektor seni lain yang masuk ke dalam ranah kreatif adalah seni rupa. Patung, lukisan, dan seni rupa lainnya bisa menjadi sebuah seni dengan nilai yang sangat tinggi. Perpaduan antara talenta dan kreativitas merupakan akar dari seni rupa.

  • Televisi dan Radio

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan televisi dan radio bisa menjadi sarana hiburan dan juga informasi bagi penikmatnya. Untuk bisa membuat penontonnya setia dan tidak berganti saluran, maka pelaku usaha di bidang televisi dan radio harus selalu berinovasi dan menyajikan tayangan yang berkualitas.

Kemajuan sub sektor industri kreatif sangat besar pengaruhnya dengan perkembangan ekonomi. Kerja sama yang baik antara pelaku industri kreatif dengan pemerintah dan pihak terkait tentunya akan membawa angin segar bagi munculnya lebih banyak lagi pengusaha kreatif.