Setiap orang mungkin memiliki alasan berbeda untuk mencintai Bali. Entah itu karena pantainya yang eksotis, biota lautnya, budayanya yang unik, dan berbagai alasan lainnya. Satu hal yang pasti, Bali memiliki banyak hal untuk ditawarkan yang membuat kita ingin kembali ke sana lagi dan lagi.

Tidak peduli berapa kali Anda mengunjungi Bali, selalu ada sisi baru lain yang bisa Anda jelajahi. Masih bingung tentang apa yang harus Anda lakukan pada liburan Anda berikutnya di Bali? Bagaimana dengan membuat diri Anda tenggelam dalam kehidupan damai desa-desa Bali?

Bali adalah rumah bagi banyak desa menawan dan salah satunya adalah Desa Pemuteran di pantai utara Bali Barat. Desa ini telah ditetapkan sebagai Desa Wisata Lestari oleh pemerintah. Oleh karena itu, sarana dan prasarana yang memadai semua tersedia di sini untuk menyambut pengunjung.

Ingin tahu lebih banyak tentang Desa Pemuteran? Simak terus ya sobat!

Cara Menuju Desa Pemuteran

Desa Pemuteran terletak di Kabupaten Buleleng, Bali Barat. Untuk mencapai desa ini, pilihan terbaik adalah naik kendaraan pribadi atau taksi karena minimnya transportasi umum.

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, perjalanan menuju Desa Pemuteran dengan mobil memakan waktu sekitar 3,5 jam. Sementara itu, hanya 1 jam perjalanan jika titik awal Anda adalah Pelabuhan Gilimanuk. Kamu bisa membuat perjalananmu lebih nyaman dan bebas repot hanya dengan menyewa mobil melalui balibijacarrental.com . Ada berbagai jenis mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa yang Dapat Dilakukan di Sekitar Desa Pemuteran

  1. Temukan Kehidupan Sehari-hari di Desa Nelayan

Selama kunjungan Anda di sini, Anda akan melihat banyak perahu nelayan di tengah laut. Sejak dulu, Desa Pemuteran memang dikenal luas sebagai desa nelayan. Namun, saat itu nelayan setempat sering menggunakan bom ikan atau racun untuk menangkap ikan sehingga merusak terumbu karang.

Situasi ini berubah pada tahun 1989 ketika seorang pria bernama I Gusti Agung Prana memutuskan untuk mengubah kebiasaan buruk itu dan mengembangkan Desa Pemuteran sebagai desa wisata. Ia memulai usahanya dengan selalu mengingatkan masyarakat setempat tentang pentingnya melestarikan alam melalui pendekatan agama dan budaya.

Perlahan tapi pasti, para nelayan semakin sadar dan tidak lagi menggunakan alat tangkap yang berbahaya. Mereka bahkan menjadi garda terdepan dalam melindungi terumbu karang dan terus meningkatkan kesadaran tentang masalah ini kepada wisatawan yang datang ke desa mereka.

  1. Snorkeling & Menyelam

Memanggil semua penggemar snorkeling dan menyelam di luar sana! Anda pasti harus menemukan dunia bawah laut Pemuteran. Selain bertemu ikan berwarna-warni, Anda juga dapat menemukan proyek restorasi terumbu karang biorock terbesar di dunia!

Proyek biorock ini diprakarsai oleh dua ahli biologi kelautan, Prof. Wolf Hilberts dan Dr. Tom Goreau serta dua pengusaha, Yos Amerta dan Agung Prana pada tahun 2000. Ide mereka adalah menerapkan teknologi yang mampu mendorong pertumbuhan terumbu karang. di Pemuteran.

Proyek ini berjalan sukses hingga sekarang dan telah diberikan United Nations Equator Prize pada tahun 2012. Luar biasa bukan?

  1. Menikmati Suasana Damai Pantai Pemuteran

Pesona lain yang dimiliki Pemuteran adalah Pantai Pemuteran. Di sini, Anda dapat menemukan kombinasi sempurna dari hamparan pantai pasir putih, air laut yang masih alami, dan tanaman hijau subur di sepanjang pantai. Pantai ini biasanya tidak begitu ramai, oleh karena itu merupakan tempat yang damai bagi Anda untuk menyegarkan pikiran.

  1. Menangkap Matahari Terbit dan Terbenam

Saat berada di Desa Pemuteran, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat matahari terbit atau terbenam dari pantai! Biasanya, matahari terbit pada pukul 6 pagi WITA, sedangkan matahari terbenam sekitar pukul 18:30 WITA.

Saksikan bagaimana matahari perlahan terbit di pagi hari untuk mencerahkan hari Anda dan bagaimana ia akhirnya mengucapkan selamat tinggal pada dunia di malam hari. Langit perlahan-lahan akan dipenuhi dengan lampu oranye yang kuat yang memberi Anda kehangatan. Sangat cantik!

Untuk transportasi, anda tidak perlu khawatir ada banyak sewa mobil bali. Gunakan salah satunya untuk memudahkan transportasi anda selama berkunjung.

By jago

Bang Jago suka sekali makan mie, nulis artikel, cek saldo rekening, cek status whatsapp. Dan yang paling penting bang jago suka SEO, lihat Salim Academy