06/05/2021

Disini Saja

Disini Saja

ERP Sumber Terbuka untuk UKM

Perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) secara tradisional digunakan oleh perusahaan besar untuk mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai departemen di seluruh perusahaan. Untuk waktu yang lama, perusahaan yang lebih kecil membeli paket akuntansi dan penggajian individu dan kemudian bermigrasi ke solusi ERP yang mahal saat mereka tumbuh. Mereka tidak memiliki banyak pilihan karena solusi ERP lebih mahal dan memerlukan besaran serta banyak karyawan untuk membenarkan penggunaannya.

Sekarang, dengan banyaknya perangkat lunak Open Source yang keluar, UKM dapat masuk ke ERP pada tahap lebih awal. Ada beberapa di pasaran termasuk Compiere, ERP5 dan Fisterra. Perusahaan harus mempelajari persyaratan individu dengan cermat dan menguji perangkat lunak ini untuk menentukan kesesuaian.

Pada artikel ini, saya ingin mengulas CK-ERP, sistem ERP / CRM Open Source, yang cocok untuk digunakan oleh UKM. Ini memiliki total 17 modul termasuk buku besar akuntansi, Hutang, Piutang Usaha, Pesanan Pembelian, Pesanan Penjualan, Kutipan, Titik Penjualan, Sumber Daya Manusia, Penggajian dan manajemen kontak. Ini beroperasi sebagai modul yang berjalan di atas phpGroupWare. Hal ini memungkinkan perangkat lunak dapat dengan mudah diinstal di Internet jika karyawan berada di berbagai lokasi atau di Intranet untuk transaksi yang lebih aman.

Berikut ini ikhtisar fitur unggulannya.

Proses Penagihan Pelanggan

Setiap perusahaan dengan lebih dari 10 pelanggan berulang harus secara serius mempertimbangkan untuk menggunakan ERP (seperti ck-ERP) untuk melacak pembayaran, perintah kerja, dan akuntansi terkait. ck-erp memiliki ck-Quote (modul Quotation), ck-so (Modul pesanan penjualan) dan ck-ar (modul Piutang Usaha) untuk
disimpan.

  • Perwakilan penjualan dapat memasukkan Work Quotations untuk pelanggan. Modul CK-Quote memungkinkan template Quotation yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang dapat dicetak atau dikirim melalui email ke pelanggan.
  • Perwakilan penjualan dapat dengan mudah mengonversi Kutipan menjadi Pesanan Penjualan saat pekerjaan dimulai. Pesanan Penjualan berfungsi sebagai catatan formal dari perintah kerja dan syarat dan ketentuan di mana pekerjaan dilaksanakan dikirim ke pelanggan. Konversi langsung dari Quotation ke Sales Order ini menghilangkan banyak pekerjaan tambahan mengetik dokumen. Namun, dimungkinkan juga untuk memasukkan Pesanan Penjualan secara manual.
  • Pada saat penagihan, Pesanan Penjualan dapat diubah lagi menjadi Faktur. Dimungkinkan untuk membuat Faktur dengan atau tanpa Pajak. Di sini sekali lagi, Faktur resmi yang ramah cetak dan email dapat dibuat. Dimungkinkan juga untuk Pengiriman Massal beberapa faktur pada saat yang bersamaan.
  • Ingin mengetahui seberapa cepat pelanggan membayar? Cukup periksa riwayat Penagihan yang menyebutkan kapan pelanggan ditagih dan seberapa cepat dia membayar Anda. Anda juga dapat memeriksa riwayat Penagihan dari setiap pesanan Penjualan.
  • Setelah pelanggan ditagih, mudah saja untuk mencatat tanda terima pembayaran. Satu faktur dapat memiliki beberapa pembayaran. Misalnya jika pelanggan ditagih sebesar $ 1000, dia dapat membayar sebagian. Memasukkan pembayaran sebagian untuk setiap faktur merupakan hal yang mudah. Anda juga dapat memeriksa pembayaran yang tertunda – faktur bijaksana, pelanggan bijaksana dan bahkan perusahaan bijaksana. Laporan penuaan menunjukkan kepada Anda berapa banyak iuran yang harus Anda dapatkan.
  • Semua faktur dan pembayaran secara otomatis terintegrasi dengan Buku Besar, membuat akuntansi sangat mudah. Dimungkinkan untuk melihat entri Jurnal / Buku Besar terkait untuk setiap faktur

Anda dapat dengan mudah memasukkan catatan pelanggan dan mengkonfigurasi berbagai jenis
pajak. Piutang termasuk
laporan Penuaan Piutang , laporan Penuaan Faktur Pelanggan dan Daftar rinci Pajak yang dikumpulkan.

Jika Anda adalah perusahaan Manufaktur dengan ribuan pelanggan, Anda
dapat mempertimbangkan agen menengah seperti Distributor atau agen C&F sebagai pelanggan
dan melacak pembayaran mereka menggunakan perangkat lunak yang sama.

Sistem ini multi-mata uang dan multi-pengguna, memungkinkan setiap modul memiliki
beberapa tingkat akses.

Inventaris dan proses Pembelian

Banyak perusahaan, terutama perusahaan perdagangan dan manufaktur pada
umumnya kebanjiran persediaan pembelian dan informasi vendor.
Melacak pembayaran vendor dan membayar tagihan tepat waktu sebelum
agen penagihan kredit menelepon adalah sumber utama ketegangan. Inilah yang
dapat Anda lakukan dengan modul pembelian ck-erp – ck-po (modul Pesanan Pembelian),
ck-ap (modul Hutang Usaha) dan ck-inv (modul Persediaan). Mari kita
lihat bagaimana proses pembelian bekerja.

  • Masukkan pesanan pembelian untuk melacak kontrak layanan dan produk yang telah Anda beli.
  • Saat Anda menerima produk atau layanan yang dibeli, Anda dapat menambahkannya ke inventaris Anda menggunakan modul ck-inventory. Menandai penerimaan barang, secara otomatis memperbarui inventaris. Anda dapat melihat Saldo Inventaris dan Riwayat Masuk / Keluar untuk setiap produk yang Anda miliki di Inventaris. Fitur ini sangat berguna untuk Pedagang dan produsen. Persediaan tersebut terintegrasi dengan Buku Besar, sehingga peningkatan persediaan juga memperbarui nilai Aset perusahaan Anda.
  • Saat Anda menerima faktur dari vendor, Anda dapat mengubah Pesanan Pembelian menjadi Faktur Vendor. Mempertahankan faktur vendor pada sistem, mengurangi ketergantungan Anda pada email atau faktur kertas yang terus dikirim vendor Anda. Anda dapat dengan mudah mengelola pembayaran vendor dan tanggal jatuh tempo dengan sistem ini.
  • Saat Anda melakukan pembayaran, Catat pembayaran penuh atau sebagian yang dilakukan terhadap faktur Penjual.
  • Anda dapat melihat kapan saja, laporan tentang faktur yang belum dibayar dan laporan umur tentang jumlah total yang harus dibayar per vendor atau per pesanan pembelian. ERP memberi Anda tingkat kejelasan yang luar biasa tentang iuran keluar.
  • Anda dapat memelihara database Vendor dan mengonfigurasi berbagai jenis pajak.
  • Inventaris memungkinkan Anda memelihara nama dan nomor produk, informasi Bin / Lokasi, foto, tingkat pemesanan ulang, informasi unit dan berat, dan 3 informasi harga yang berbeda.
  • Penyesuaian inventaris, informasi Perakitan, dan informasi Suku Cadang / Layanan Alternatif adalah beberapa fitur lain dari ck-inventory.

Akun

Bagian akun memiliki hampir semua yang diinginkan.

Modul inti Buku Besar memiliki
sistem akuntansi Entri Ganda dasar dengan Buku Besar dan Jurnal. Aspek yang menarik dari
Buku Besar Umum adalah bahwa ini merupakan dasar untuk
modul Piutang Usaha, Hutang, Persediaan, Bank dan Penggajian. Entri dari
semua modul ini pada akhirnya tercermin dalam Buku Besar.

Sistem akuntansi memiliki dukungan multi-mata uang. Admin dapat mengatur
Keterangan Standar untuk faktur, pesanan pembelian, Kutipan, dan
sebagainya. Admin bahkan dapat mengatur Banyak Buku Besar untuk berbagai divisi.

Modul Rekonsiliasi Bank memungkinkan Anda untuk merekonsiliasi laporan bank
dengan entri buku besar.

Di sisi lain dari modul Akun adalah kenyataan bahwa modul ini tidak
memiliki saldo Pembukaan dan Penutupan tahunan. Hal ini mempersulit
rekonsiliasi akun tahunan. Cacat utama, yang diharapkan akan
diperbaiki dalam waktu dekat.

Point of Sale (POS)

Jika Anda supermarket dengan banyak meja kasir dan
transaksi tunai tinggi , Anda dapat menggunakan modul ini. Sekali lagi modul Point of Sale
terintegrasi dengan General Ledger.

Modul ck-pos memungkinkan kasir memasuki Penjualan Tunai, dengan atau tanpa
pajak. Fitur yang bagus dari sistem POS adalah memungkinkan Penjualan Kredit
juga. Berguna ketika pelanggan bersikeras untuk Membeli dengan Kredit, misalnya
dalam barang bernilai tinggi. Setiap Penjualan Kredit yang dimasukkan oleh kasir harus
disetujui oleh Manajer.

Antarmuka Manajer ke POS, ck-pos-m memungkinkan manajer untuk
mengontrol semua operasi kasir dari kantornya dari jarak jauh .

  • Kotak uang dapat diatur untuk setiap penghitung POS dan setiap shift. Manajer dapat mengatur staf untuk bekerja di setiap loket.
  • Manajer dapat misalnya melihat saldo tunai Shift End per Counter per shift. . Manajer dapat misalnya melihat saldo kas Shift End di Konter 2 pada akhir shift pagi kemarin.
  • Manajer dapat menyiapkan paket harga khusus
  • Manajer dapat menambahkan Biaya Pengurangan seperti diskon pelajar khusus, diskon warga senior atau Biaya Tambahan seperti Biaya Tambahan Minggu atau biaya layanan.
  • Manajer dapat mengonfigurasi berbagai opsi pembayaran untuk opsi non-tunai seperti Kupon Tunai, Kupon Penukaran, Cek, dan kartu Kredit.
  • Pajak seperti PPN, GST, PST dapat diatur.
  • Laporan penjualan

Manajemen Sumber Daya Manusia

Perangkat lunak manajemen SDM semacam itu diperlukan jika Anda memiliki lebih dari
10 karyawan, dan lebih baik lagi jika penggajian terintegrasi dengan
Buku Besar. CK-ERP memiliki fitur manajemen SDM yang sangat baik.

  • Kelola database karyawan termasuk nama, nilai dan peran staf, foto, alamat, email, telepon, dan kontak darurat. Fitur yang bagus dalam perangkat lunak HR adalah Anda tidak dibatasi oleh jumlah bidang telepon. Anda dapat memasukkan catatan tak terbatas per karyawan.
  • Karyawan memiliki Layanan Mandiri Staf sendiri, seperti “ Akun Saya ”, yang memungkinkan mereka Melamar Cuti, memasukkan lembar Waktu dan detail kehadiran, dan bahkan meminta penggantian Biaya. Segera setelah seseorang mengajukan cuti atau untuk penggantian biaya, supervisor mereka mendapat pemberitahuan email untuk persetujuan.
  • Manajemen absensi dan absensi. Timesheet dapat dikaitkan dengan pencapaian. Misalnya jika Anda adalah unit perakitan PC, karyawan dapat mencatat jumlah PC yang telah mereka rakit per hari atau per jam. Staf penjualan dapat memasukkan target penjualan yang telah mereka capai.
  • Dukungan berbagai departemen
  • Catat Evaluasi Kinerja per karyawan
  • Manajemen penggantian biaya
  • Tinggalkan aplikasi dan tinggalkan manajemen.
  • Manajemen penggajian. Slip pembayaran otomatis / manual melalui email. Laporan bank untuk penggajian.

CRM dan Manajemen Kontak

Penambahan terbaru CK-ERP adalah paket CRM.

  • CK-CRM menawarkan manajemen Helpdesk dan manajemen kontak Penjualan (untuk pra-penjualan) dalam paket rapi yang semuanya terintegrasi dengan database Pelanggan pusat. Perwakilan penjualan dapat melacak panggilan penjualan dan kontak penjualan yang dibuat. Eksekutif hubungan pelanggan dapat memeriksa panggilan bantuan dan kontak meja bantuan yang dibuat dengan setiap pelanggan.
  • Sistem HelpDesk sangat bagus. Eksekutif hubungan pelanggan dapat melihat seluruh Log Riwayat kasus Panggilan per panggilan HelpDesk, mencatat keadaan pikiran pelanggan (geram, marah, senang, bersemangat), media (email, panggilan telepon, rapat) dan status kontak (penelitian, resolusi, tindak lanjut, ditutup) Petugas pemantauan dapat diatur untuk setiap tiket. Prioritas (tinggi, netral rendah) dan kategori kasus (keluhan, saran, laporan bug) dapat diatur untuk setiap panggilan.
  • CRM terintegrasi dengan modul Quotation, Sales Order dan Invoice juga. Ini membuatnya sangat kuat. Eksekutif Hubungan Pelanggan dan perwakilan Penjualan dapat memeriksa misalnya peringkat kredit pelanggan, berapa kali dia Dikutip, riwayat penagihan dan pembayaran dilakukan.
  • Kontrak Pelanggan dapat dicatat
  • Batas Kredit dapat diatur per pelanggan

CK-CRM juga menyertakan modul Kontak untuk kontak organisasi
dan kontak individu.