09/05/2021

Disini Saja

Disini Saja

Jenis & Pentingnya SEO Pada Website

Jenis-jenis SEO

Ada dua jenis SEO yaitu SEO on page dan SEO off page. Keduanya penting dan terkait. Jadi Anda perlu menerapkan keduanya untuk praktik SEO yang optimal di situs web Anda.

1. SEO On-Page

Apa itu SEO halaman? On Page SEO adalah langkah-langkah pengoptimalan SEO di situs Anda. Beberapa langkah pengoptimalan SEO pada halaman meliputi: tautan permanen, judul konten, struktur konten, penggunaan judul, kecepatan situs web, tema responsif, untuk tautan internal.

Selengkapnya bisa Anda baca di artikel Cara Mengoptimalkan SEO Halaman.

2. SEO Off-Page

Tidak seperti SEO pada halaman, SEO pada halaman adalah ukuran pengoptimalan SEO yang dilakukan di luar situs Anda. Jadi, tidak cukup hanya dengan mengoptimalkan konten dan situs web Anda. Ada banyak faktor di luar situs Anda yang dapat memengaruhi kualitas SEO Anda.

Seputar low cost web design services dan juga best shared cloud hosting, bisa Anda baca pada tautan tersebut, silahkan bisa di klik.

Salah satu faktor diluar website yang mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Tautan balik adalah indikator bahwa konten Anda merujuk ke situs web lain. Semakin banyak situs web berkualitas yang membagikan konten Anda, semakin baik. Google memberi peringkat pada situs web Anda untuk dipercaya dan meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Mengapa SEO Penting untuk Situs Web?

SEO tidak lagi menjadi pilihan, tetapi kewajiban untuk semua situs web. Mengapa langkah pengoptimalan ini sangat penting? Apa manfaat situs web Anda?

1. Mesin Pencari sebagai Sumber Informasi

Sekarang orang bisa mendapatkan informasi hanya dengan satu klik, mesin pencari. Di Indonesia sendiri, 75 persen pengguna internet sudah terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari berbagai jenis informasi, mulai dari informasi harga, berita, informasi kesehatan hingga informasi politik.

2. Traffic didominasi oleh konten di halaman pertama

Muncul di hasil pencarian Google saja tidak cukup. Jika konten Anda hanya ditampilkan di sisi lain, ketiga, atau bahkan atas, Anda tidak akan mendapatkan lalu lintas. Konten Anda setidaknya harus muncul di halaman pertama!

Menurut Infront Webworks, 91,5 persen lalu lintas didominasi oleh situs web yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Lebih khusus lagi, 91,5 persen lalu lintas didominasi oleh tiga posisi teratas. Secara berurutan, posisi pertama, kedua, dan ketiga memperoleh trafik masing-masing sebesar 29,6 persen, 13,1 persen, dan 9,2 persen.

3. Situs Anda Ditemukan Melalui Berbagai Kata Kunci

Dengan mengikuti langkah-langkah optimasi SEO di bawah ini, website Anda akan lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci. Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas menggunakan berbagai kata kunci yang terkait dengan topik utama Anda.

Misalnya topik utama website / blog Anda adalah olahraga. Ada banyak kata kunci terkait olahraga yang bisa Anda targetkan. Anda dapat berbicara tentang sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, dan topik lain yang masih berkaitan dengan olahraga.

4. Kesadaran Merek dan Peningkatan Kredibilitas

Sebanyak 88 persen konsumen melakukan penelitian online sebelum membeli. Keadaan ini menuntut pemilik bisnis untuk memiliki brand awareness yang baik agar bisa ditemukan di dunia maya. Salah satu cara terbaik untuk menciptakan brand awareness di era digital ini adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.

Situs web Anda lebih mungkin ditemukan di hasil pencarian Google, sehingga banyak orang tahu tentang situs web Anda. Dengan demikian, mereka akan lebih memahami bisnis online dan meningkatkan brand awareness Anda.

5. Trafik Organik Lebih Mudah Dikonversi

Salah satu alasan mengapa SEO sangat penting bagi bisnis adalah kemudahan konversinya. Pengunjung yang datang secara organik cenderung lebih cenderung menjadi prospek atau pelanggan. Berdasarkan data SimilarWeb, lalu lintas organik 10 kali lebih mudah dikonversi daripada lalu lintas dari media sosial.