29/07/2021

Disini Saja

Disini Saja

Kenali Perbedaan USG 3D dan 4D

Kenali Perbedaan USG 3D dan 4D

Baik kaum wanita atau pria tentunya sudah tidak asing dengan yang nama USG atau secara medis lebih di kenal dengan ultrasonografi. Sebagian orang menganggap USG hanya untuk mengetahui jenis kelamin pada bayi yang berada di dalam kandungan, tapi ternyata manfaat dari USG tidak hanya itu. Karena dengan USG dokter bisa memprediksi kira-kira kapan bayi lahir, berat bayi, kondisi bayi yang terkadang bisa menyimpulkan nanti harus normal proses bersalinnya atau harus melakukan SC.

Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya terjadi pada smartphone saja, tapi dalam dunia medis juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jika dulu USG hanya tersedia versi 2D tapi di era yang serba maju ini USG tersedia USG 3D dan USG 4D.

Meskipun saat ini USG 2D masih tersedia, tapi pada kaum ibu hamil lebih untuk menggunakan fasilitas USG 3D dan USG 4D.

Tapi tidak semua orang tau terkait USG 3D dan USG 4D, karena ketidak tahuan tersebut terkadang membuat seseorang bingung harus memilih USG 3D atau USG 4D. Oleh sebab itu simak pembahasan perbedaan dari USG 3D dan USG 4D

Kalau kita berbicara USG 3D gambar yang di hasilkan pada proses scan hanya terlihat diam tidak bergerak sama sekali, berbanding terbalik dengan USG 4D yang mana gambar yang di hasilkan bergerak atau lebih bisa di bilang video.

Dengan memilih menggunakan USG 4D maka gerakan bayi dalam kandungan mulai dari ngulet, menghisap ibu jari, memukul bahkan hingga menendang semuanya terlihat dengan jelas.

Informasi yang di dapatkan ketika memilih menggunakan USG 4D tidak sebatas pada gerakan bayi yang terlihat dengan jelas, tapi juga perilaku serta kondisi kesehatan bayi akan terlihat lebih detail.

Kelebihan USG 4D yang saya sendiri selaku penulis sukai adalah seluruh hasil rekam selama proses USG bisa di simpan di dalam CD ataupun flashdisk sehingga akan lebih mudah melihatkan hasil USG kepada orang orang di sekitar kita termasuk orang tua atau  suami yang ketika USG tidak ikut mendampingi. Selain itu bisa jadi kenang-kenangan saat hamil dan bisa di tunjukan kepada anak ketika lahir dan sudah tumbuh dewasa.

Selain hal di atas sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan antara USG 3D dan 4D mungkin hanya kepuasan tersendiri karena bisa melihat gerakan bayi secara detail. Karena pada USG 3D juga bisa melihat kelainan ataupun kondisi bayi dengan baik meskipun gambar yang di hasilkan tidak bergerak.

Harga dari USG 4D tentunya akan lebih mahal di bandingkan dengan USG 3D sehingga di Indonesia khususnya untuk tingkat kabupaten masih sedikit klinik yang tersedia USG 4D.