23/06/2021

Disini Saja

Disini Saja

Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Penemuan listrik memang menjadi hal yang fenomenal dan memiliki manfaat yang sangat besar bagi peradaban manusia, sekaligus menunjukkan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Listrik dapat diartikan sebagai rangkaian fenomena yang berkaitan dengan aliran muatan listrik. Dalam ilmu fisika, listrik dibedakan menjadi listrik statis dan listrik dinamis.

Pengertian listrik statis adalah pengumpulan biaya listrik dengan jumlah muatan listrik yang tetap (statis) atau tidak seimbang pada suatu benda. Saat menggosokkan penggaris plastik pada rambut, penggaris menjadi negatif dan rambut menjadi positif.

Pelepasan biaya saat menggosok kedua bahan menyebabkan bahan tersebut mengalir atau mengisi listrik. Pengisian adalah besaran fisik yang berhubungan dengan pengaruh kelistrikan dan hal lain yang berhubungan dengan material. Netralisasi biaya yang timbul karena gesekan menunjukkan bahwa biaya tidak dapat diubah.

Baca juga mengenai dunia elektrik di wiraelectrical dengan nama url lengkapnya di https://wiraelectrical.com.

Ada beberapa contoh listrik statis yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan dan tubuh manusia, antara lain:

1. Dalam Sistem Saraf

Ternyata, di dalam tubuh manusia juga ada listrik lho! Hal ini terlihat dari susunan saraf pusat yang mengontrol semua aktivitas yang berlangsung di dalam tubuh manusia. Sistem saraf pusat merupakan sistem koordinasi tubuh yang terdiri dari jutaan sel saraf atau biasa disebut neuron.

Sel saraf atau neuron memiliki struktur terkecil dalam sistem saraf yang dapat digunakan untuk mengisi dalam bentuk ion dari dendrit hingga akson. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tubuh manusia memiliki listrik.

2. Hewan Listrik

Sifat listrik juga dapat ditemukan pada beberapa hewan. Dimana, ada hewan yang bisa menghasilkan listrik dan ada juga hewan yang bisa memanfaatkan arus listrik yang ada disekitarnya. Contoh hewan yang memiliki sifat listrik antara lain belalai gajah, ikan pari listrik, dan hiu martil.

3. Penggunaan listrik di lingkungan sekitar

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari penggunaan listrik statis. Hal ini terlihat dari sejumlah aplikasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan manusia seperti penangkal petir, sedimen elektrostatis untuk pengecatan mobil, mesin fotokopi, printer laser dan lainnya.