Mengatasi Ambeien yang Sudah Keluar

Bagi para penderita ambeien, mempunyai benjolan pada area anus akan memberikan sensasi tidak nyaman. Hal tersebut bisa berupa rasa gatal, nyeri, panas, hingga pembengkakan. Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi ambeien yang sudah keluar.

Mengatasi Ambeien yang Sudah Keluar

Bagaimana Cara Mengatasi Ambeien yang Sudah Keluar?

Benjolan yang ada pada penyakit ambeien sering sekali orang sepelekan. Mereka merasa hal itu akan hilang sendirinya. Mungkin memang benar, tapi butuh waktu lama serta bisa muncul lagi. Dengan demikian, simak cara mengatasinya berikut ini.

  1. Berendam atau Mengompres Menggunakan Air Hangat

Cara pertama ketika ambeien Anda sudah keluar adalah cobalah untuk berendam pada air hangat. Sensasinya akan memberikan rasa nyaman. Selain itu, cara tersebut juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan serta iritasi pada wasir.

Anda juga dapat menambahkan sejumlah bahan alami lainnya, seperti cuka apel dan garam laut. Selain merendam area belakang, bisa pula menjadikan air hangat sebagai bahan kompres. Cukup ambil kain handuk bersih lalu kompreskan ke bagian anus secara perlahan-lahan.

  1. Membersihkan Bagian Anus Secara Benar

Munculnya pembengkakan bisa terjadi karena adanya bakteri. Maka, untuk mengatasi ambeien yang sudah keluar berikutnya adalah dengan membersihkan bagian anus secara benar. Ini bisa menjadi cara paling cepat dalam menyembuhkan wasir.

Apabila kondisi bagian dubur sudah bersih, maka bakteri tidak bisa berkembang lagi. Dengan demikian, bengkak dan peradangan bisa sembuh. Bersihkan area anus secara rutin menggunakan air selepas BAB. Hindari penggunaan tisu basah berpewangi karena dapat menimbulkan iritasi.

  1. Menggunakan Bahan Alami Kunyit dan Jahe

Bahan alami kunyit dan jahe dapat menjadi obat wasir berdarah. Hal tersebut karena adanya kandungan senyawa antibiotik. Dengan demikian, mampu membantu dalam meredakan pembengkakan dan peradangan benjolan ambeien.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan kunyit dan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan pada bagian anus yang terinfeksi. Sedangkan bahan jahe, bisa Anda gunakan sebagai minuman. Berikan campuran mint serta lemon agar mampu meredakan wasir secara alami.

Demikian informasi tentang cara mengatasi ambeien yang sudah keluar. Anda dapat memulainya dengan pola hidup bersih hingga memanfaatkan bahan alami. Semoga bermanfaat.