Mengenal Jenis-Jenis Rantai dan Kegunaannya

Berbicara tentang alat atau piranti yang digunakan untuk memindahkan, mengangkat, atau menurunkan beban, pasti erat kaitannya dengan rantai. Karena kegunaannya yang beragam, jenis rantai yang tersedia di pasaran pun juga bervariasi. Tahukah kamu apa saja jenis rantai? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Di berbagai agen/distributor jual rantai, umumnya rantai diklasifikasikan sesuai asal bahannya.

  • Rantai dari baja

Ini adalah jenis rantai terkuat karena menggunakan baja sebagai material utamanya. Teksturnya yang kokoh membuat rantai baja cocok digunakan untuk kebutuhan tarik beban (towing) dan angkat beban (lifting) dengan ukuran terberat (jika dibandingkan dengan 2 jenis berikutnya).

Tidak hanya unggul dalam hal kapasitas maksimum beban yang dapat diangkut, rantai baja juga terkenal dengan daya tahannya alias lebih awet/tahan lama dan anti karat. Selain itu, jenis ini juga bisa dikombinasikan material yang lain guna mendapatkan kekuatan yang lebih besar, misalnya alloy dan carbon.

  • Rantai dari besi

Berikutnya ada rantai besi, tentu saja sesuai namanya material yang dipakai adalah besi. Cocok dipakai untuk kebutuhan tarik beban (towing), angkat beban (lifting), pengikat (lashing) dengan ukuran beban medium bahkan lebih dianjurkan untuk yang ringan.

Oleh sebab itu, penggunaan rantai besi jarang untuk industri berat. Dalam penggunaannya, rantai besi dapat dimodifikasi dengan penambahan lapisan seng (galvanis) dan stainless steel.

  • Rantai dari stainless

Terakhir, ada material stainless (campuran bahan chromium, carbon, dan besi. Dari kandungan bahan tersebut (chromium), ada keunggulan yang ditawarkan oleh rantai stainless, yaitu daya tahannya terhadap karat atau korosi lebih tinggi. Selain itu, juga dari sisi menjaga kebersihan akan lebih mudah, bahkan akan terlihat selalu bersih karena material stainless-nya.

Memang, akan lebih mudah mencari agen/distributor jual rantai besi, baja, dan stainless. Tapi selain 3 yang sudah dijabarkan sebelumnya, ada 2 jenis rantai yang diklasifikasikan sesuai dengan kegunaannya.

  • Rantai Jangkar, umumnya untuk industri perkapalan untuk kebutuhan memindahkan, menurunkan, atau mengangkat jangkar
  • Rantai Kendaraan, digunakan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan bermotor, termasuk untuk mengangkat atau memindahkannya.

Bagaimana jika yang ada fungsi lain yang dibutuhkan pada rantai, misalnya untuk kebutuhan dekoratif?

Jawabannya adalah sesuai selera. Tapi, pada umumnya jenis yang paling sering digunakan adalah rantai stainless. Permukaan atau teksturnya yang rata, warna yang apik, dan perawatan yang mudah adalah 3 pertimbangan utama untuk memilih rantai guna kebutuhan dekoratif.

Semoga penjelasan tentang rantai, jenis, dan kegunaannya bermanfaat dan dapat diterapkan sebelum membeli. Sebagai bonus, admin akan merekomendasikan agen/distributor jual rantai tepercaya dengan harga bersaing dan kualitas yang tidak diragukan yang bias anda cek rantai besi disini! .