perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial adalah jenis akuntansi yang sering dibahas dalam materi belajar akuntansi dasar. Pasalnya meski sama-sama dalam lingkup akuntansi namun kedua jenis ini punya perbedaan yang cukup kentara, yaitu berdasarkan standar, pihak terkait dan aturan.

Akuntansi manajerial lebih dominan berhubungan dengan pihak manajemen untuk kepentingan bisnis. Sedangkan akuntansi keuangan biasanya diperuntukan kepada pihak pengguna informasi akuntansi dari pihak eksternal.

Perbedaan Tujuan Laporan Akuntansi Keuangan

Tujuan Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan menciptakan laporan yang sangat dibutuhkan oleh pihak eksternal, meskipun pihak internal perusahaan juga menggunakannya. Namun laporan akuntansi keuangan lebih banyak menggambarkan tentang kesehatan keuangan perusahaan dan kinerja bisnis pada periode tertentu.

Tujuan Akuntansi Manajerial

Akuntansi manajerial membuat laporan akuntansi yang dibutuhkan pihak internal perusahaan dan organisasi. Dilansir akuntansilengkap.com Laporan akuntansi manajerial digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, perencanaan dan untuk memaksimalkan sumber daya perusahaan.

Perbedaan Orientasi Waktu Pelaporan

Waktu Yang Dilaporkan Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan mengungkap semua transaksi yang terjadi atau transaksi yang telah dilalui perusahaan dalam periode tertentu. Sehingga pemakai informasi akuntansi seperti investor yang akan menentukan sikapnya sendiri dari laporan yang ia baca.

Waktu Akuntansi Manajerial

Sedangkan laporan dari akuntansi manajerial selain melaporkan kondisi keuangan di masa lalu juga membuat analisa terkait perkiraan bisnis kedepannya.

Perbedaan Aturan

Aturan Akuntansi Keuangan

Laporan akuntansi keuangan diatur dalam aturan umum akuntansi. Misalnya dalam membuat laporan laba rugi, apa saja yang dilaporkan dalam neraca dan arus kas dan kebutuhan yang perlu diketahui pihak eksternal lainnya.

Aturan Akuntansi Manajerial

Laporan akuntansi manajemen bersifat kondisional pada masing-masing perusahaan. Pasalnya laporan ini hanya disebarkan dalam internal perusahaan. Jadi setiap perusahaan punya kebijakannya sendiri dalam membuat laporan akuntansi manajemen.

Perbedaan Laporan

Laporan Akuntansi Keuangan

Cara membuat laporan akuntansi keuangan menurut biasanya merupakan kumpulan data yang ringkas dan diambil hasil akhir yang menggambarkan kondisi secara keseluruhan.

Laporan Akuntansi Manajerial

 

Cara membuat laporan akuntansi manajerial harus dibuat detail dan serinci mungkin. Karena laporan ini akan dibaca oleh setiap pihak internal perusahaan dan akan mengakibatkan pertanyaan jika tidak dijelaskan secara spesifik.