03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Perkembangan Bayi Setelah Masuk Usia 7 Bulan Pertama

Perkembangan Bayi Setelah Masuk Usia 7 Bulan Pertama

Semenjak pertama kali dilahirkan, bayi memang akan mengalami banyak perkembangan serta pertumbuhan fisik yang cukup pesat. Seiring dengan pertumbuhannya, kemampuan fisik sang buah hati juga akan ikut berkembang secara bertahap. Apa lagi kalau sudah masuk masa perkembangan bayi 7 bulan pertama. Sebab bayi dengan usia 7 bulan, sudah mulai menunjukan keaktifannya dalam bergerak.

Selain itu sang bayi juga akan menunjukan kemempuan berfikirnya yang semakin berkembang pesat. Sebab perkembangan bayi 7 bulan lebih ke rasa penasaran dan ingin memulai dan mencoba hal-hal baru. Seperti belajar merangkak, menyeimbangkan tangan dan lutut, serta penguatan otot –otot penumpu untuk belajar berjalan secara seimbang.

Lantas perkembangan apa saja yang dialami oleh sang buah hati setelah masuk usia 7 bulan pertama? Berikut informasi detailnya.

Perkembangan Bayi Setelah Masuk Usia 7 Bulan Pertama

  1. Perkembangan Motorik

Pada usianya yang mulai menginjak 7 bulan, sang buah hati akan mengalami banyak peningkatan. Khususnya untuk belajar bergerak, seperti merangkak, berguling, memindahkan badan, memindahkan pantat dan beberapa gerakan lainnya. Gerakan-gerakan yang dilakukan sang bayi secara otomatis akan menjadi sebuah pelatihan untuk meningkatkan perkembangan motoriknya.

  1. Kemampuan berkomunikasi

Memori bayi usia 7 bulan juga sudah mulai berfungsi secara baik, dan bahkan sudah mulai bisa menirukan serta mengingat suara-suara yang pernah didengar. Alhasil sang bayi sudah mulai memiliki kemampuan untuk berkomunikasi. Walupun masih dengan pelafalan kosa kata yang sederhana, seperti kata “pa-pa, ma-ma”.  Yang bersifat lebih kompleks dari kata-kata lainnya.

  1. Kemampuan Sosial

Keingin tahuan si kecil memang sering kali membuat para orang tua khawatir. Namun diusianya yang masuk ke 7 bulan pertama, bukanlah suatu hal yang pantas untuk dicemaskan. Sebab masa-masa ini merupakan masa dimana kemampuan sosialnya mulai meningkat. Jadi tetap ajarkan kepada sang buah hati sebuah arahan, mulai dari mana yang baik dan mana yang tidak.

  1. Sparation Anxiety Atau Perilaku Kecemasan Yang Semakin Berkurang

Perilaku kesemasan yang dimiliki sang bayi juga akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Seperti halnya pada masa usia 7 bulan kelahiran, sang bayi akan mulai menunjukan berkurangnya rasa atau perilaku kecemasan. Kecemasan yang terjadi biasanya berkaitan dengan ditinggalnya oleh orang-orang terdekatnya, seperti kedua orang tua.

  1. Perkembangan Fisik “Tumbuh Gigi”

Dan salah satu perkembangan bayi usia 7 bulan yang paling mencolok adalah tumbuhnya gigi. pertumbuhan gigi pada sang buah hati mulai tumbuh secara bertahap. Namun tumbuhnya gigi pada sang buah hati akan menimbulkan efek gatal dan nyeri pada bagian gusi. Jadi sudah menjadi hal yang wajar jika sang buah hati akan mudah rewel di masa-masa pertumbuhan gigi.

Itulah beberapa perkembangan bayi setelah masuk usia 7 bulan pertama. Dimana sang buah hati akan menunjukan keaktifannya dalam hal gerak, sebab perkembangan bayi 7 bulan lebih ke rasa penasaran dan ingin memulai dan mencoba hal-hal baru.