Persiapan yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Konsultasi Anak

Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan telah mendapatkan anugerah buah hati, mempunyai dokter spesialis anak yang bisa diandalkan merupakan hal yang dibutuhkan, karena ketika melakukan konsultasi dokter anak, Anda tidak perlu bingung lagi harus kemana.

Hal tersebut akan diperlukan ketika si Kecil jatuh sakit dan memerlukan pertolongan secepatnya, Anda tahu siapa yang bisa dihubungi dan harus kemana. Karena setiap orang tentu akan mempunyai kriteria tertentu ketika memilih dokter anak andalan.

Selain itu, melakukan konsultasi tentang kesehatan anak bisa dilakukan baik untuk pemeriksaan rutin atau ketik anak jatuh sakit.

Akan tetapi, sebelum melakukan konsultasi sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal yang nantinya bisa untuk menunjang kegiatan pemeriksaan atau membantu konsultasi anak berjalan dengan lancar.

Lalu, persiapan apa saja yang harus Anda lakukan ketika akan menjalani konsultasi anak? Simak ulasan berikut ini!

Hal yang harus dipersiapkan ketika sebelum melakukan konsultasi kesehatan anak

Sesuaikan waktu untuk konsultasi dengan menyesuaikan jam istirahat anak

Sebagai orang tua, tentu Anda sudah tahu betul waktu biologi dan pola istirahat si Kecil pada setiap harinya, diusahakan untuk memilih jadwal konsultasi dokter anak dengan menyesuaikan jam dimana si Kecil melakukan aktivitasnya.

Dalam artian, sebaiknya Anda hindari untuk memilih waktu atau jam dimana si Kecil sedang tidur. Karena jika anak kecil tidur lalu dibangunkan ketika hendak konsultasi, biasanya mereka akan menjadi lebih rewel, tentu saja hal tersebut akan berbeda jika dibandingkan dengan waktu dimana ia beraktivitas, itu lebih melancarkan proses konsultasi.

Setelah Anda mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan konsultasi, sekarang Anda tinggal mengatur jadwal yang sesuai, Anda bisa menghubungi pihak rumah sakit atau dokter yang hendak dituju sebelum melaksanakan konsultasi.

Selain itu, hal yang harus dilakukan adalah memeriksa ketersediaan waktu dari dokter spesialis yang diinginkan, tanyakan juga nomor urutan yang sedang berlangsung. Itu bertujuan supaya saat datang ke lokasi, Anda tidak akan menunggu terlalu lama.

Mencari tahu tentang riwayat kesehatan dari keluarga

Terkesan sederhana, namun mengetahui tentang riwayat kesehatan keluarga merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan konsultasi dokter yang akan dituju.

Mengapa riwayat kesehatan keluarga merupakan hal yang penting harus Anda tahu? Karena jika ada dari anggota keluarga yang mempunyai penyakit seperti diabetes, kanker dan jantung akan lebih memudahkan dokter ketika melakukan pemeriksaan tingkat resiko penyakit yang bisa saja terjadi pada si Kecil.

Buatlah list tentang berbagai pertanyaan untuk dokter seputar kesehatan si Kecil

Tentunya Anda tahu apa saja keluhan dari si Kecil, atau kemungkinan apa saja yang bisa terjadi padanya. Maka dari itu, Anda sebisa mungkin memanfaatkan kesempatan konsultasi tersebut dengan efektif dan efisien.

Karena tidak jarang orang tua yang malu atau mungkin merasa sungkan untuk melontarkan berbagai pertanyaan kepada dokter. Ketahuilah bahwa Anda mempunyai hak untuk bertanya seputar kesehatan anak dan juga bagaimana cara perawatan yang baik bagi si buah hati.

Selain mengajukan beberapa pertanyaan, Anda juga bisa untuk melakukan sharing bersama dokter tentang bagaimana keadaannya atau permasalahan apa saja yang dialami. Karena dokter tentu saja lebih mengerti hal medis, mungkin saja mereka mempunyai saran yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Jika dirasa kurang puas dengan jawaban dokter, Anda bisa menanyakannya kembali untuk memastikan, jika perlu catatlah jawaban dari dokter yang dirasa penting untuk diingat agar tidak lupa nantinya.