PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mendapatkan potensi minyak dan gas (migas) di sekitar Pulau Sebira, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Temuan itu didapat terhadap eksplorasi akhir November 2019, tapi besarnya tetap step pengkajian.

“Ada potensi, tapi kami belum mengerti hasil kajiannya, apakah bernilai ekonomis atau tidak
Akhir th. 2019, eksplorasi itu dikerjakan di wilayah kerja PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) dengan menggunakan Flow Meter SHM.

Sumur pertama eksplorasi di Lapangan North West itu murni didanai oleh Pertamina. Selain itu, PHE ONWJ udah mengalihkan pengelolaan 10 prosen saham didalam bentuk Participating Interest (PI) kepada PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ).

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui perusahaan area PT Jakarta Propertindo termasuk memiliki saham di didalam PI 10 prosen tersebut. PHE mengusahakan untuk menjaga dan menambah memproses migas bersama dengan melacak cadangan-cadangan sumur minyak baru.

Selain PHE ONWJ, anak perusahaan Pertamina lainnya. PHE Offshore South East Sumatera (OSES) merencanskan dimulainya proyek eksplorasi minyak dan gas di Kepulauan Seribu terhadap Maret 2020.

PHE OSES udah lakukan pertemuan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yang di terima Bupati Murad Husein didalam rangka sosialisasi kepada pemangku keperluan dan masyarakat di wilayah eksplorasi.

By toha