Sekian tahun akhir-akhir ini Thailand makin dilirik pelancong dari penjuru dunia. Hal tersebut membuat negeri gajah putih ini makin berbenah diri. Kulineran sebagai salah satunya factor pendukung aktivitas pariwisata dan Thailand nampaknya memahami benar bagaimana triknya menganakemaskan lidah beberapa tamu mereka dengan menyuguhkan jejeran jajan yang bervariatif dan mengunggah hasrat.

Pelancong tidak selamanya makan di restaurant, bahkan juga banyak yang menyenangi jajan kaki lima. Thailand sendiri benar-benar populer dengan jajan kaki limanya yang makin bereksperimen dari waktu-ke waktu. Berikut 17 jajan kaki lima harus coba di Thailand.

1. Mango Sticky Rice

Dessert ciri khas Thailand ini terbagi dalam pulut, mangga fresh dan masak ditambahkan siraman santan. Fresh dan manisnya buah mangga Thailand yang umumnya dipotongi, bersatu dengan pulut yang berlemak dan bersatu dengan kuah santan yang renyah membuat mango sticky rice ini dicintai banyak kelompok, termasuk wisatawan internasional. Terakhir telah banyak macam warna pulut yang makin memikat mata dan hasrat.

2. Durian Sticky Rice

Durian Thailand memang populer montok dan berisi. Daging durian yang empuk itu makin nikmat saat disandingkan dengan pulut dan kuah santan fresh. Durian sticky rice menjadi satu diantara jajan favorite di Thailand, meskipun tidak seperti mango sticky rice yang dicintai sebagian besar wisatawan. Untuk sebagiaan orang barat, berbau durian benar-benar tidak menyenangkan. Itu penyebabnya banyak bule yang tidak sukai durian sticky rice ini.

Untuk orang Indonesia sendiri, terutamanya Sumatera, makanan ini tidak asing karena wilayah Sumatera mempunyai kulineran yang serupa, cuman penyebutan namanya saja yang lain.

3. Rujak Thailand

Rujak adalah kulineran fresh penggugah hasrat. Secara umum beberapa negara di Asia Tenggara tidak asing dengan makanan yang di negara barat disebutkan dengan salad buah ini. Begitupun dengan Thailand yang mempunyai bermacam bermacam jajan pasar. Rujak Thailand sedikit berlainan dengan rujak di Indonesia secara umum. Bedanya berada pada kuah yang dituangkan di atas buah-buahan fresh. Kuah rujak Thailand menggunakan ebi sebagai menambah rasa, taburan cabe bubuk dan kacang tumbuk sebagai topping.

Selainnya rujak kombinasi buah-buahan, ada juga rujak pepaya muda yang umum disebutkan salad papaya. Rasanya lebih kurang sama dengan rujak buah campur. Umumnya beberapa wanita yang lebih menyenangi kulineran ini.

4. Khanom Buang

Khanom Buang sebagai salah satunya tipe crepes Thailand. Jajan ini sebagai salah satunya jajan yang telah ada semenjak beberapa ratus tahun. Bahan intinya hampir serupa seperti crepes secara umum dengan isian kelapa, diberi parutan kelapa dan wijen yang telah disangrai. Ada juga yang dikasih topping udang.

5. Khanom Krok

Jajan yang serupa kue talam Indonesia ini dibuat dari kombinasi santan kelapa, tepung tapioka dan tepung beras. Walau dibuat dari beberapa bahan simpel, tetapi kesedapannya tidak perlu disangsikan kembali.

6. Telur puyuh ceplok

Benar-benar simpel, cuman telur puyuh yang dibumbui khusus dan paprika bubuk. Tetapi telur puyuh ceplok ini menjadi satu diantara favorite pelancong yang bertandang ke Thailand. Bisa dibuktikan jajan ini benar-benar gampang diketemukan di jalanan Thailand.

7. Makanan tusuk

Dimulai dari semua tipe sosis, bakso, tahu, ikan, cumi, udang, kepiting yang semua ditusuk dan dibakar seperti sate dapat kamu dapatkan secara mudah di pinggir-pinggir jalan di Thailand. Selainnya rasanya yang menarik, harga ramah kantong. Untuk kamu muslim traveller, sebaiknya waspada dengan bakso dan sosis yang dibuat dari daging sebab bisa jadi tidak halal. Sebaiknya tentukan saja seafood tusuk agar semakin aman.

8. Es krim kelapa

Renyah dan manisnya es cream kelapa dengan bermacam jenis topping yang dapat diputuskan sesuai dengan selera sangat populer di kelompok traveller pemburu kulineran kaki lima. Ditaruh di dalam batok kelapa membuat penampilan es cream ini makin memikat.

9. Serangga goreng

Untuk kamu pencinta kulineran yang sedikit ekstrim, kamu dapat coba serangga goreng ini saat bertandang ke Thailand. Tapi bila kamu seorang penjijik yang cuman menyaksikan serangga hidup saja kamu telah berasa geli, jangan mencoba-coba dekati makanan ini. Bisa jadi kamu muntah di tempat.

10. Es krim goreng/gulung

Es cream goreng/gulung yang sekarang telah go-international ini juga terkenal di Thailand. Bahkan juga proses pembikinannya jadi pertunjukan rekreasi yang memikat perhatian beberapa wisatawan. Cukup banyak yang memvideokan proses pembikinan es cream yang eye catching ini.

11. Seafood Pancake

Pancake plus tambahan seafood ini jadi macam jajan kaki lima yang lain di Thailand. Dihidangkan dengan sauce sambal atau sauce tomat ala-ala Thailand, pancake ini dibandrol pada harga dimulai dari 20 bath per buntelnya.

12. Roti pisang / banana pancake

Serupa dengan roti prata Singapura, banyak wisatawan menjelaskan jika roti pisang Thailand ini  lebih nikmat dibanding dengan roti prata. Adonan tepung dimasak di dalam minyak panas dan dibuat tipis, lalu dipertambah potongan pisang ditengahnya dan dilipat. Paling akhir diberi topping gula, susu kental manis dan coklat.

13. Tod mun pla krai (kue ikan)

Kue ikan ini aslinya berupa tipis dan rasanya pedas. Bersamaan jumlahnya wisatawan barat yang tiba ke Thailand, kue ini sekarang mempunyai versus yang tidak pedas yang disamakan dengan lidah orang barat. Disajikan dengan potongan ketimun dan cabe fresh utuh, kue ikan ini dipandang dimulai dari 20 bath per jatahnya.

14. Kanom Jeeb (dumpling kukus)

Dumpling berwarna-warni yang memikat mata dengan isian beragam daging,seafood dan sayur ini berjejer di beberapa warung tepi jalan Thailand. Berwarna yang ceria menambahkan nafsu beberapa orang yang berakhir lalang untuk menikmatinya. Dihidangkan dengan beragam tipe sauce, thai dumpling ikut menyemarakkan jajan pasar Thailand.

15. Oyster Omlette / omlet tiram

Menu ini harus dicoba untuk pencinta omlet. Kombinasi telur dan tiram yang dikasih sedikit rempah hasilkan omlet dengan tepian krispi dan lunak ditengahnya. Irisan daun bawang yang diberi sesudah omlet tiram masak menambahkan wewangian ciri khas makanan ini. Istimewanya kembali, omlet tiram ditempatkan di atas timbunan sayur tauge.

16. Jus delima

Ada banyak juice buah fresh yang ditawarkan di tepi jalan di Thailand. Rerata buah-buahan itu ialah buah tropis yang banyak juga di Indonesia. Ada satu juice buah yang ditawarkan di kaki lima Thailand yang jarang-jarang sekali berada di cafe-cafe Indonesia. Dia juice buah delima fresh yang harus kamu coba saat ada di Thailand.

17. Ice cream mochi

Kue asli Jepang ini sekarang telah banyak diubah. Thailand adalah negara yang adopsi mochi dan membuat macam baru yakni ice krim mochi. Es cream mochi sendiri sebagai kue mochi yang berisi es cream. Ice krim mochi benar-benar gampang ditemui di jalanan Thailand. Bukan hanya di Thailand, es cream mochi sekarang telah banyak ditemui di beberapa negara.

Tentu saja bukan hanya 17 jajan di atas yang dapat kamu coba saat berekreasi ke Thailand. Ada banyak kembali jajan kaki lima Thailand yang kemungkinan menarikmu untuk balik lagi ke Thailand.

Kalian juga bisa coba olahan teh nikmat seperti thaitea dan boba tea yang populer belakangan ini. Selain rasanya nikmat, olahan teh ini juga mudah ditemukan. Selamat mencoba!

By Drajad