Sebagai masyarakat lokal, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan penambah rasa pedas yang satu ini. Sayuran buah ini kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan renpah ataupun bumbu penyedap pada masakan. Ada juga yang mengonsumsinya secara langsung seperti dikombinasikan dengan gorengan. Namun bagi yang suka pedas, pasti kita menyukai rasa dari sambal cabe ini. Saking memiliki rasa yang unik, sebagian masyarakat Indonesia mengaku tidak dapat menikmati makanan jika tidak dilengkapi dengan sambal. 

Ternyata, dibalik rasanya yang khas dan nenggungah selera, ternyata cabai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi dengan porsi yang pas. Terutama cabai mengandung vitamin C yang lebih banyak dari jeruk dan berperan sebagai anti-oksidan. Untuk penjelasan lebih detailnya, silahkan simak pembahasan berikut ini ya. 

Gambar cabai

 

  • Menjaga fungsi penglihatan

Bukan hanya wortel saja yang dapat menjaga kesehatan mata, ternyata dengan mengonsumsi cabai kita juga telah menjaga fungsi penglihatan pada mata kita. Mengapa demikian? Karena cabai mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Bahkan dalam 100 gram cabai rawit segar, terdapat hingga 11.050 mg vitamin A yang tentunya bermanfaat untuk menjaga ketajaman penglihatan kita. 

  • Mencegah penimbunan lemak

Ini dia fungsi dari tingginya kandungan vitamin C pada jeruk yang sudah disinggung di awal tadi. Vitamin C dapat membantu kita untuk mencegah penimbunan lemak yang ada pada tubuh kita. Selain itu, vitamin C juga bisa menjadi obat bagi kamu yang sedang mengalami penyakit sariawan dan gusi bengkak. Fakta uniknya, 100 gram cabai dapat memenuhi kebutuhan vitamin C bagi orang dewasa lho. 

  • Mencegah gangguan usus

Cabai memiliki efek sebagai karminatif, tonikum, dan stimulant murni yang merupakan stimulant dengan khasiat terbaik di antara bahan herbal dan bahan alami lainnya. Cabai juga memiliki efek tonium yang berbeda dengan yang lainnya. Tonikum pada cabai tidak akan mengakibatkan gangguan pada tubuh setelah dikonsumsi. 

  • Menghangatkan dan mendinginkan tubuh

Cabai merupakan herbal yang unik karena dapat mendinginkan dan menghangatkan badan juga. Saat dingin, cabai bisa menghangatkan badan. Begitu juga saat tubuh panas, cabai dapat mendinginkan badan. Manfaat tersebut didapat dari kandungan capsicanoid yang terdiri atas DHC dan NDHC. Uniknya, kandungan NDHC akan semakin banyak jika rasa cabai semakin pedas. 

  • Melancarkan peredaran darah

Banyak dokter di Eropa yang menggunakan bubuk cabai sebagai salah satu bahan dalam pembuatan obat ramuan karena dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini dibuktikan oleh menurunnya kadar kolesterol dan bersihnya pembuluh darah setelah mengonsumsi ramuan bubuk cabai tersebut. Bahkan, cabai juga bisa menjadi solusi bagi yang mengidap penyakit jantung koroner. 

Nah, jika kamu masih bingung untuk mencari dan membeli buah atau sayur seperti cabai ini, kamu dapat membelinya di TaniHub. TaniHub adalah platform tempat belanja buah dan sayur terbaik. Buah dan sayur yang dijual di TaniHub selalu memiliki kualitas produk segar dan terbaik yang diambil langsung dari petani Indonesia. Pengantarannya juga cepat, hari ini pesan, besok sudah sampai depan pintu rumah. TaniHub juga memiliki beberapa metode pembayaran yang memudahkan kita semua. Jika produk tidak sesuai, maka produk tersebut akan diganti demi kepuasan pelanggan. Dan ada banyak promo-promo yang hadir setiap minggunya. Jadi tunggu apalagi, ayo beli buah dan sayur di TaniHub!  

 

By sartika