SEO, Media Sosial, dan Manajemen Pemasaran Internet Reputasi Online

Search Engine Optimization (SEO), Media Sosial, dan Manajemen Reputasi Online (ORM) terkadang membingungkan, dengan banyak orang menganggap ketiganya sama. Selain itu, ada beberapa persilangan yang jelas, ketiganya memiliki fokus yang sama sekali berbeda dan mengikuti hasil yang sangat berbeda. Di sini, di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya dan kegunaannya.

Dikatakan bahwa optimasi mesin pencari, manajemen reputasi online dan media sosial adalah trinitas pemasaran internet. Strategi marketing online saat ini di media sosial, bagaimana postingan produk bisa memiliki engagement rate luaxs, cara promosi di instagram menjangkau banyak orang dan memiliki tingkat interaksi dengan followers/subscribers tinggi. Mari kita bahas sedikit tentang SEO, Social Media dan ORM terlebih dahulu.

Mengapa Optimasi Mesin Pencari?

SEO umumnya khawatir tentang mendapatkan peringkat situs web di mesin pencari atau peringkat yang lebih baik untuk produk dan / atau istilah pencarian terkait layanan. Ini tidak lain adalah sebuah proses untuk meningkatkan peluang website Anda terdaftar di halaman pertama atau pertama di hasil pencarian mesin pencari populer, seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.

Pentingnya SEO: Ini adalah outlet pemasaran yang layak yang dapat membawa bisnis Anda lebih banyak prospek yang berkualitas serta pelanggan. Ini dapat memiliki pengembalian investasi yang lebih baik daripada bentuk pemasaran tradisional, seperti televisi dan/atau iklan cetak. Ini bagus untuk visibilitas bisnis dan branding. SEO dapat membawa lalu lintas ke bisnis dan memberikan wawasan yang tak tertandingi kepada pelanggan.

Mengapa Pemasaran Media Sosial?

Pemasaran media sosial adalah sekelompok teknik dan strategi untuk mempromosikan kesadaran akan merek, publikasi, produk, dll. (merek, publikasi, atau produk dapat bersifat pribadi atau untuk bisnis), di media sosial, terutama dengan mendorong berbagi konten yang membantu menarik jumlah akhir orang ke situs web tertentu.

Pentingnya Media Sosial: Media sosial terkadang digunakan untuk pemasaran, terutama untuk pemasaran online, kemudian media sosial berubah nama menjadi pemasaran media sosial. Ini dapat meningkatkan kesadaran merek Anda. Media sosial dapat membantu pemasaran online untuk memvalidasi merek.

Ketika kehadiran media sosial perusahaan Anda dijalankan dengan benar, ini memberi tahu pelanggan bahwa merek perusahaan Anda aktif dan fokus pada pertumbuhan komunikasi dengan pelanggan. Ini memberikan cara yang ditargetkan untuk mempromosikan merek Anda kepada pelanggan potensial Anda.

Ini dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web individu atau bisnis Anda, menumbuhkan komunitas besar penggemar dan pengikut, dan dapat dengan cepat menghasilkan bisnis baru. Ini dapat membantu peringkat pencarian Anda juga.

Mengapa Manajemen Reputasi Online?

Manajemen reputasi online adalah tentang meningkatkan nama pribadi atau bisnis Anda atau reputasi baik merek Anda. Ini dengan melawan atau menghilangkan umpan balik negatif yang ditemukan di internet – mengalahkan mereka dengan umpan balik, komentar, atau ulasan yang lebih positif untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan Anda atas nama atau merek Anda.

Pentingnya ORM: Reputasi online adalah citra Anda di internet. Saat ini, reputasi online telah menjadi keharusan bagi semua jenis bisnis untuk memantau, mengidentifikasi, dan memengaruhi reputasi digital suatu merek. Ini penting dan bukan hanya tentang melindungi apa yang sudah Anda miliki, tetapi menggunakan reputasi online Anda sebagai bagian dari kampanye pemasaran Anda untuk mendorong bisnis baru dan meningkatkan penjualan.

Teknologi di sekitar kita berkembang dengan kecepatan eksponensial. Dalam sejarah manusia, kita tidak pernah memiliki kemampuan nyata baik sebagai organisasi maupun individu untuk menjangkau, terlibat, berinteraksi, dan terhubung dengan sejumlah besar orang, secara lokal dan global, dan tentu saja dalam waktu nyata.

Media digital telah mengubah konsep pemasaran modern, menjadikannya lebih dikutuk dari sebelumnya bagi organisasi dan institusi bisnis baik kecil maupun besar untuk memiliki suara di ranah online.

Media dan pemasaran digital, misalnya, pengoptimalan mesin telusur, pemasaran media sosial, dan manajemen reputasi online telah membuktikan nilainya bagi bisnis dari semua ukuran dan jenis dengan menawarkan fitur-fitur canggih berikut.

Komunikasi instan – Media dan pemasaran digital memungkinkan konversi waktu nyata antara bisnis dan organisasi serta pelanggan dan anggota mereka.
Umpan Balik – Bisnis bisa mendapatkan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang hal-hal yang terjadi di pasar yang ditargetkan dengan melibatkan dan meminta umpan balik.
Periklanan – Media digital menyediakan cara yang ditargetkan untuk mempromosikan nama merek Anda kepada pelanggan potensial.

Manfaat Menggunakan SEO, Media Sosial, dan ORM

Dalam hal meningkatkan peringkat pencarian, mempromosikan bisnis, dan membangun kesadaran positif, mereka membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk membangun serta mempertahankan reputasi online perusahaan. SEO, Media Sosial, dan ORM dapat memberikan itu. Manfaatnya adalah:

Membantu meningkatkan lalu lintas, yaitu pengunjung ke situs web yang ditargetkan dan eksposur.
Dorong pengikut dan penggemar.
Meningkatkan peringkat pencarian.
Bangun reputasi online, bangun nama dan nilai merek.
Perluas bisnis dan tingkatkan penjualan.
Berikan wawasan pasar.
Membangun kepercayaan dan kredibilitas.

SEO dan Media Sosial bukanlah manajemen reputasi online. Tidak diragukan lagi, layanan manajemen reputasi mencakup komponen SEO dan media sosial. Tapi, ketika datang ke kampanye manajemen reputasi online yang komprehensif, SEO jauh dari keseluruhan cerita. Mari kita lihat perbedaan utama SEO, Media Sosial, dan Manajemen Reputasi Online.

Untuk memahami perbedaan mendasar dari SEO, Media Sosial, dan ORM, kita perlu memahami perjalanan pembeli. Perjalanan pembeli terdiri dari tiga tahap penting:

Kesadaran: Pembeli dapat dengan mudah mengartikulasikan kebutuhan atau masalah, tetapi bahkan tidak menyadari kemungkinan solusi. Dia suka pergi ke Asia Tenggara tetapi mungkin atau mungkin tidak memiliki ide tempat tinggal atau apa yang harus dilakukan di sana, sehingga dia dapat mencari “tujuan di Asia Tenggara”, “hal yang dapat dilakukan di Asia Tenggara”, dll.

Pertimbangan: Dia sekarang tahu bahwa dia memiliki waktu seminggu untuk dihabiskan dan anggaran tertentu dalam pikirannya, tetapi dia perlu membuat rencana perjalanan, seperti tempat untuk dikunjungi, hal yang harus dilakukan, makanan untuk dimakan, hal-hal yang harus dibeli, dll. menelusuri “hal yang dapat dilakukan di Hong Kong” dan “motel atau restoran di Shanghai”.

Keputusan: Pembeli memiliki rencana perjalanan dan perlu menemukan penyedia tertentu di tujuannya, seperti “Hyatt di Hong Kong”, “kereta gantung di Hong Kong”, “Menara CCTV di Shanghai”, dll.

Terakhir, tetapi tentu tidak sedikit, manajemen reputasi online sering menggunakan apa yang mungkin dianggap atau sesuatu taktik keras yang berada di luar lingkup SEO konvensional dan Media Sosial. Apakah bisnis Anda hidup dan mati dengan ulasan pada publikasi online yang berdampak, maka Anda perlu mengoptimalkan situs tersebut dengan benar dan mengatasi entri negatif tersebut, seperti komentar yang memfitnah, konten yang disalin, materi yang tidak pantas, dll. yang tidak Anda kendalikan.