Apakah Anda termasuk kategori pemula di bidang pembuatan program atau aplikasi? Jika iya, maka sebaiknya Anda harus tahu bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari dan tidak boleh dilakukan untuk mengurangi kesalahan bagi pengembang software khususnya yang pemula.
Bahkan meski Anda adalah orang yang punya bakat di bidang pembuatan program, namun jika belum profesional maka harus tahu dulu beberapa hal seperti berikut.

1. Gaya Bahasa Pemrograman
Pekerjaan seorang pengembang software adalah menuliskan kode-kode yang dimengerti oleh komputer untuk menghasilkan sebuah produk baik program atau aplikasi. Kesalahan dimulai oleh seorang pengembang software amatir yaitu di mana tidak tahu gaya bahasa pemrograman yang benar sehingga alhasil kode yang dibuat berantakan.
Apalagi jika sulit dibaca, sehingga tidak tertata rapi, hal ini tentu saja akan berdampak pada error atau bug yang terjadi pada program yang sedang dirancang.

2. Coding Kurang Perencanaan
Karena tugas utama dari seorang pembuat program adalah menulis coding, maka sangat penting untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu. Biasanya untuk pengembang software pemula belum melakukan perencanaan, pada kode yang akan dibuat.
Padahal ketika bahasa pemrograman Anda belum direncanakan maka akan membuat kode yang dihasilkan tidak terstruktur. Hal ini nantinya akan menyusahkan Anda, karena pembuatan program atau aplikasi jadi semakin lama.

3. Umumnya Menggunakan Variabel Global
Tahukah Anda, bahwa seorang pengembang software tidak boleh menggunakan variabel global terlalu sering. Memang salah satu keunggulan dari penggunaan variabel global adalah karena cukup simpel.
Namun di sisi lain, penggunaan variabel ini jika terlalu banyak muncul maka akan menyebabkan runtime pada aplikasi yang dibuat.

4. Tidak Terbiasa Melakukan Variabel Input
Padahal diketahui bahwa melakukan variabel input ini sangat berpengaruh pada program yang sedang dibuat. Jika Anda tidak melakukan variabel input dari user, maka hal yang terjadi adalah program lebih mudah error.
User pemula biasanya melakukan input yang tidak teratur atau asal. Padahal setelahnya bisa terjadi error yang berkali-kali.

5. Tidak Melakukan Pencadangan
Pencadangan tentu saja merupakan hal yang dilakukan ketika anda bekerja sebagai pembuat program. Banyak pembuat program pemula atau yang junior kurang peka terhadap backup pekerjaan. Hal ini tentu saja manfaatnya adalah meminimalisir bahasa pemrograman yang rusak atau hilang apalagi jika hanya tersimpan pada laptop atau komputer.
Tentu saja, pekerjaan yang sudah Anda lakukan sangat lama dan memusingkan untuk pembuatan coding hingga modifikasi akan sia-sia jika datanya tidak dicadangkan atau di backup.

Itu tadi beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan oleh para pembuat program pemula. Untuk Anda yang ingin memiliki sebagai seorang pengembang software atau programmer, terdapat penawaran menarik dari Nextgen. Nextgen memberikan penawaran loker programmer di bidang IT untuk anda yang sudah berpengalaman ataupun fresh graduate. Anda akan mendapatkan beberapa posisi yang berkaitan dengan bidang IT salah satunya analisa sistem, pengembang software, digital manager dan masih banyak lagi.

By mirfan