Souvenir pernikahan adalah benda yang dikasih oleh pihak pengantin kepada para tetamu undangan sebagai tanda terima beri atas ketidakhadiran mereka di pesta pernikahan kedua mempelai. Souvenir pernikahan memang tidak harus ada. Melainkan bagi mereka yang menginginkan nuansa berbeda dari pernikahannya biasanya memberikan souvenir di akhir acara. Fungsinya tentu saja agar menjadi kenangan bagi para tetamu undangan sekalian sebagai ungkapan terima kasih atas kedatangan mereka.

Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan saat ini bentuknya beragam-ragam. Mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Soal harga tentu saja bervariasi bergantung dari kerumitan pembuatan souvenir. Kecuali terakhir inilah yang perlu diamati bagi calon mempelai yang mau memberikan souvenir terhadap tamu undangan pernikahan mereka. Misalnya souvenir berupa kipas atau pigura dari tanah liat tentu lebih murah dibandingi seandainya souvenir berupa gelas kaca yang dihias dalam sebuah daerah seperti akuarium dengan memasang foto kedua mempelai di dalamnya. Atau tempat tissue dari kerajinan anyaman yang tentu lebih mahal jikalau diperbandingkan dengan sapu tangan bertuliskan ucapan terima kasih dari kedua mempelai.

Memilih souvenir pernikahan memang tak semudah membalik tangan. Meskipun pada dasarnya banyak pilihan yang ada di pasaran. Beragamnya permintaan souvenir inilah yang membikin para pembuat souvenir berdaya upaya kreatif untuk memberikan yang terbaik. Tidak sedikit pula yang memberikan bonus atau potongan harga seandainya mengorder dalam jumlah yang banyak. Agar tidak linglung memilih souvenir pernikahan yang sesuai dengan kemauan kita, beberapa tips memilih souvenir pernikahan berikut ini bisa diterapkan.

Tentukan macam Souvenir Pernikahan yang mau dikasih

Sebelum menetapkan untuk membeli souvenir pernikahan, hal pertama kali yang patut diperhatikan ialah mempertimbangkan jenis souvenir. Selain ini kelihatannya mudah, namun sebenarnya sulit karena penentuan ragam souvenir juga melibatkan selera kedua mempelai yang dapat saja berbeda serta ketersediaan budget. Pilihlah souvenir yang bisa dimanfaatkan oleh tamu undangan seperti gelas, sendok garpu, tempat tissu, pensil dan benda lain yang tidak langsung dibuang. Kecuali mubadzir, souvenir yang fungsinya hanya bisa dirasakan saat itu juga tanpa dapat diterapkan lagi akan membikin kecewa banyak pihak. Terlebih pihak mempelai sebab uangnya merasa dibuang begitu saja. Bila mengharapkan souvenir berupa benda yang dipajang, usahakan bendanya tampak baik dan cocok untuk jadi pajangan. Jangan sampai usai di tong sampah. harga paket souvenir wedding blitar

Survey tempat dan harga

Sesudah memastikan ragam souvenir yang akan diberikan, hal kedua yang dikerjakan yaitu informasi lapangan tempat sekaligus harga. Banyak tempat pembuatan souvenir yang saat ini menjamur di kota. Tak ada salahnya kita datangi mereka satu per satu untuk memandang produk souvenir. Pihak toko tidak akan kecewa jikalau Anda cuma melihat-lihat. Justru kans itu umumnya diaplikasikan oleh mereka untuk mempromosikan barangnya. Jikalau Anda tak sependapat, bisa jadi kerabat atau sahabat Anda yang menyukai dengan produk souvenir di warung tersebut. Kecuali toko, Anda juga dapat mendatangi pasar tradisional, pasar mingguan atau pameran yang biasanya memberikan harga lebih miring dan variasi benda yang berjenis-jenis. Bandingkan harganya, lalu bicarakan dengan pasangan mengenai souvenir yang sudah Anda incar.

Carilah yang unik dengan harga yang miring

Perempuan biasanya yang paling kompleks dalam memastikan opsi. Kadang kita sudah setuju dengan souvenir macam A dengan harga sekian di daerah A. Tapi sesudah kita pergi ke tempat lain, terbukti alternatifnya berubah. Karena itu janganlah lantas memutuskan alternatif sekiranya masih berada di area ragu-ragu. Buat saja daftar souvenir yang diharapkan. Bandingkan dengan jumlah undangan dan budget yang tersedia. Apabila menginginkan kenangan tersendiri, carilah benda yang unik sehingga ketika menerima barang lain di daerah yang berbeda, Anda tidak akan merasa rugi sudah memilih souvenir unik tersebut. harga paket souvenir wedding

Jumlah souvenir lebih banyak ketimbang jumlah tetamu undangan

Selain yang paling tak diinginkan dari suatu pesta pernikahan yakni jika ada tetamu undangan yang tidak kebagian souvenir karena habis. Kecuali membuat pihak mempelai malu, hal tersebut juga dapat menimbulkan kekecewaan bagi tetamu undangan. Karena itu sebelum membeli souvenir, pastikan jumlahnya melebihi jumlah undangan. Pastikan juga pagar ayu atau pagar bagus yang bertugas memberikan souvenir tak luput sehingga souvenir diterima oleh tiap undangan.

By travel