Struktur Organisasi Kantor Akuntan Publik

Struktur Organisasi Kantor Akuntan Publik

Struktur Organisasi Kantor Akuntan Publik

CAP yang cukup besar dapat dibagi menurut jenis layanannya. Misalnya, kita bisa melihat departemen audit dibagi menjadi area audit, area penasehat (layanan manajemen) dan area sistem (analis sistem). Departemen ini bertujuan untuk memungkinkan staf profesional untuk mengembangkan keterampilan mereka ke arah yang sesuai dengan pengetahuan dan preferensi mereka untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.
Mulyadi (2002:33) menjelaskan bahwa struktur auditor dibagi menjadi “rekan (partner), manajer, auditor senior dan auditor junior”.

1. Parner

Rekan memiliki posisi tinggi dalam penugasan audit. Bertanggung jawab atas hubungan pelanggan. Tanggung jawab keseluruhan untuk audit. Mitra menandatangani laporan audit dan surat manajemen dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan biaya audit dari klien.

2. Manajer

Manajer bertindak sebagai pengawas audit dan bertanggung jawab untuk membantu kepala auditor dengan perencanaan program audit dan perencanaan audit. Review tugas, laporan audit dan surat manajemen. Manajer biasanya mengawasi pekerjaan beberapa auditor

3. Audit Senior

Auditor senior harus melakukan pengujian. Bertanggung jawab atas jadwal administrasi biaya ujian dan waktu ujian. Didedikasikan untuk memimpin dan meninjau pekerjaan auditor junior. Auditor senior biasanya tinggal di kantor klien selama proses audit.

4. Auditor Junior

Auditor junior melakukan audit rinci. Menyusun dokumen kerja untuk mendokumentasikan pekerjaan audit yang dilakukan. Posisi ini biasanya diisi oleh auditor yang baru saja menyelesaikan sekolahnya. Ketika melakukan pekerjaan sebagai auditor junior, seorang auditor harus benar-benar mengenal pekerjaan audit. Sumber Rangkuman Terlengkap : https://www.seputarilmu.com/