Arsip Infografis – Raksasa media sosial Meta sedang mengembangkan superkomputer Ai. Sebuah komputer berkecepatan tinggi yang ditenagai puluhan ribu GBU dirancang khusus untuk melatih sistem pembelajaran mesin atau AI.

Meta Facebook mengatakan superkomputer yang disebut rises super Cluster atau disingkat RIC sudah menjadi salah satu mesin tercepat. Ketika selesai pada pertengahan 2022 mesin ini akan diklaim menjadi yang tercepat di dunia.

Meta telah mengembangkan apa yang kami yakini sebagai superkomputer air tercepat di dunia kata Seo Meta dalam sebuah pernyataan. RIC akan digunakan untuk melatih berbagai sistem diseluruh bisnis Meta mulai dari algoritma. Moderasi konten yang digunakan untuk mendeteksi ujaran kebencian di Facebook dan Instagram hingga fitur Augmented Reality yang suatu hari nanti akan tersedia di hardware augment reality nya perusahaan.

Meta juga menyebut ereksi akan digunakan untuk merancang pengalaman dalam bisnis dunia virtual barunya yaitu metavars. RIC akan membantu peneliti Ai Mita membangun model Ai baru yang lebih baik dan dapat belajar dari trilyunan contoh beroperasi dengan ratusan bahasa yang berbeda.

Menganalisis teks gambar fan video secara bersamaan serta mengembangkan alat opmin reality baru dan banyak lagi. Pengerjaan RIC dimulai satu setengah tahun yang lalu yang diawali dengan merancang berbagai system hardware mulai dari pendinginan, daya jaringan dan pemasangan kabel yang semuanya dimulai dari awal.

Fase pertama RIC sudah aktif dan berjalan terdiri dari 760 sistem Nvidia GTX A100 yang berisi 6080 GBU yang terhubung. Hal itu merupakan jenis prosesor kelas atas dalam menangani masalah pembelajaran mesin Ai.

Meta akan telah memberikan peningkatan kinerja hingga 20 kali pada tugas penelitian visi mesin standarnya sebelum akhir 2022 RIC fase 2 akan segera selesai. Superkomputer ini akan berisi sekitar 16.000 total GPU dan akan dapat melatih sistem Ai dengan lebih dari satu triliun parameter pada kumpulan data sebesar exabyte.

Superkomputer Meta akan menjadi yang terbesar tercepat sekaligus yang termahal di dunia. Teknologi super komputer bukanlah hal yang baru. Perusahaan yang mengirim superkomputer pertama kali di dunia adalah Cray.

Cray mengembangkan superkomputer pertama yaitu cray 1 yang dirilis pada tahun 1976. Meskipun secepat komputer rumah saat ini cray one adalah superkomputer yang paling sukses pada masanya, beratnya mencapai 5,45 ton.

5 superkomputer tercepat dari 500k tercepat di dunia menurut top 500 adalah

– Fugaku Fujitsu Jepang mempunyai kecepatan 442 flops,
– Samid IPM Amerika Serikat mempunyai kecepatan 14 8,6 Flop
– Sera IPM Amerika Serikat memiliki kecepatan 94,6 Flop
– Sanwet taihulight dari RRC Cina mempunyai kecepatan 93 Flop dan
– K Fujitsu Jepang mempunyai kecepatan 10 Flop

Tujuan utama dari superkomputer adalah eksekusi miliaran operasi floating-point hanya dalam satu detik. Sebagian besar superkomputer modern memiliki sistem operasi Linux dimana setiap pabrikan memiliki turunan Linux spesifikasinya sendiri atau ada juga yang mengembangkan sistem operasinya secara mandiri. Terutama untuk program-program yang bersifat rahasia seperti militer.

Superkomputer umumnya digunakan untuk

– Tugas perhitungan intensif seperti perkiraan cuaca
– Riset iklim termasuk riset pemanasan global dan pemodelan molekul
– Simulasi fisik seperti simulasi pesawat terbang di terowongan angin
– Simulasi peledakan senjata nuklir dan riset fusi nuklir militer dan agensi Science adalah salah satu pengguna utama dari supercomputer ini.

Mengurus pemecahan sertifikat 

Pada perkembangannya integrasi Ai dengan kehidupan manusia membuat supercomputer menjadi pilihan banyak raksasa teknologi sebagai mesin training Ai. Sebelumnya Tesla dan Elon Mask membuat proyek 7 yang mendesain superkomputer untuk mesin pembelajaran Ai.

Ai bisa belajar sedemikian cepat dan mengupgrade kemampuannya secara mandiri dan rekor shift sehingga superkomputer dengan kecepatan Quantum akan menjadi tulang punggung untuk pengembangannya.

Sejak tahun 2013, Facebook telah membuat langkah signifikan dalam air termasuk pembelajaran dengan pengawasan mandiri. Dimana algoritma dapat belajar dari sejumlah besar contoh dan transformers yang tidak berlabel.

Ini memungkinkan model Ai untuk bernalar secara lebih efektif dengan fokus pada area tertentu dari input mereka. Meta Facebook akan mendesign Ai tingkat lanjut dengan berbagai domain baik penglihatan, ucapan, bahasa yang akan memerlukan pelatihan model yang semakin besar dan kompleks.

Terutama untuk kasus penggunaan kritis seperti mengidentifikasi konten berbahaya. Pengembangan super komputer untuk pembelajaran AI diperkirakan akan merevolusi dan mempercepat perkembangan teknologi lainnya secara berkali-kali lipat dalam beberapa tahun kedepan. Seperti kedokteran militer ruang angkasa dan juga kendaraan pintar.

Dengan super komputer kuantum pembelajaran Ai riset teknologi akan berkembang lebih cepat hingga 10 kali lipat.

Demikian sekilas mengenai superkomputer dari meta
facebook.