28/10/2020

Disini Saja

Disini Saja

Tahapan Roasting Coffee Untuk Secangkir Kopi yang Nikmat

Tahapan Roasting Coffee Untuk Secangkir Kopi yang Nikmat

 

Biji kopi yang telah dipanen membutuhkan proses pemanggangan atau yang disebut proses roasting terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh para penikmat kopi. Dengan melewati proses roasting coffee maka akan memberikan kelezatan dan aroma khas kopi. Jadi kopi yang anda minum sebenarnya masih harus dipanggang untuk memberikan rasa kopi yang asli sebelum nantinya diolah menjadi bubuk kopi hingga menjadi secangkir kopi yang nikmat.

Tentang Roasting Coffee

Mulai dari biji kopi yang sudah dipanen, akan melewati proses yang sangat panjang sebelum dapat dikonsumsi. Proses yang dilalui mulai dari biji kopi merah (cerry) yang kemudian diproses menjadi gabah (HS).

Setelah itu gabah menjadi beras (green bean). Dari green bean kemudian akan dipanggang atau disangrai menjadi roast bean. Setelah dipanggang barulah roast bean digiling atau ditumbuk hingga menjadi bubuk hingga selanjutnya siap diproses dan diseduh kemudian siap dinikmati.

Proses roasting coffee sangat menentukan cita rasa kopi yang akan dinikmati nantinya sehingga merupakan proses yang krusial dan sangat penting dalam pengolahan kopi. Kesalahan dalam proses roasting tentu akan membuat rasa kopi menjadi kurang nikmat. Perbedaan proses roasting akan mempengaruhi rasa kopi sehingga dapat divariasikan sesuai selera.

Tahapan Roasting Coffee

Meskipun begitu roasting kopi bukanlah hal yang mudah seperti dengan memasukkan biji kopi ke alat pemanggang dan mulai roasting. Banyak hal yang harus diperhatikan seperti suhu roasting, lama waktu roasting, bahkan tekniknya yang berbeda tentu akan menghasilkan rasa kopi yang juga berbeda. Tahapan roasting coffee yaitu :

  1. Pastikan green bean memiliki tingkat kadar air 11% dan tersisa 4% setelah di roasting.
  2. Kenali karakter biji kopi yang akan diroasting.
  3. Buang rasa yang dianggap dapat mengganggu cita rasa khas kopi seperti wody astringent, grassy, earthy, carbony, dan rasa-rasa lainnya agar proses pemanggangan tidak terlalu lama dan gosong.
  1. Masukkan green bean ke dalam mesin roasting. Panggang hingga kopi berubah warna secara brtahap sesuai dengan tingkatan roasting baik itu light roast, medium roast, dark roast. Perhatikan waktu, suhu, dan warna biji kopi saat roasting.

Pada dasarnya proses roasting kopi merupakan proses memasak kopi untuk mengeluarkan kandungan air dalam kopi. Kopi akan menjadi kering dan mengembang serta beratnya juga akan lebih ringan karena terjadi proses penguapanyang juga akan membentuk aroma biji kopi tersebut.

Jadi ketika biji kopi dimasak maka akan terjadi reaksi kimia yang akan mengubah karakter biji kopi tersebut. Daripada repot melakukan roasting kopi, cukup gunakan mesin dan kapsul kopi dari Nescafe Dolce Gusto sehingga anda tidak harus memikirkan cara roasting coffee yang tepat. Semuanya sudah tersedia hanya dengan menekan satu tombol dan secangkir kopi siap dinikmati.