Tipe Burung Indonesia Yang Menarik Perhatian

Indonesia menjadi satu diantara negara yang mempunyai spesies burung cukup banyak. Tidaklah aneh, tipe burung Indonesia demikian bervariatif dan macamnya bermacam-macam.

Cukup banyak tipe unggas itu mengundang perhatian karena corak dan ukuran yang unik. Berikut sejumlah tipe burung yang bisa mengubah perhatian. Baca pembahasannya.

Jejeran Tipe Burung Yang Bisa Menarik Perhatian


Cendrawasih Biru

Burung yang mempunyai nama latin Paradisaea Rudolphi sebagai burung yang komunitas aslinya ada di Papua. Dengan panjang nyaris 30 cm membuat burung ini mengundang perhatian banyak orang. Tidak itu saja, warna dan corak bulu-bulu dari burung satu ini cukup cantik hingga dapat membuat orang yang menyaksikannya jadi kagum.

Dengan kombinasi warna hitam dan biru, kaki abu-abu, dengan irislah mata warna cokelat tua, ditambah lagi 1/2 lingkaran putih pada mata dengan burung ini. Burung satu ini benar-benar gampang diketemukan di gunung-gunung sisi timur dan tenggara wilayah Papua. Umumnya bisa disaksikan dari ketinggian lebih kurang 1.300 sampai 1.800 meter.

Merak

Tipe burung Indonesia satu ini kerap ditemui di sejumlah kebun binatang atau margasatwa. Walau dari memiliki bentuk hewan ini kelihatan sama dengan burung, tetapi Merak menjadi satu diantara spesies burung yang tidak bisa terbang. Hingga dia semakin banyak habiskan waktu berjalan pada tanah, dengan kaki kakinya.

Burung ini digolongkan jadi burung yang paling cantik, karena coraknya yang unik dan ada rumbai sayap di bagian belakang dari ekornya. Perihal ini pula sebagai daya magnet tertentu untuk publik untuk bersama-sama melihat keelokan yang dipunyai oleh burung Merak.

pelestarian-burung-indonesia

Jalak Bali

https://pleci.id/ Sangat kerap disebutkan, Jalak Bali jadi burung sebagai icon propinsi Bali. Burung cantik satu ini selainnya mempunyai warna bulu-bulu yang cukup menarik dapat keluarkan suara kicau yang merdu. Jalak Bali sendiri mempunyai panjang fisik lebih kurang 25 cm dengan berat tubuh 108 gram.

Ada warna biru tua di bagian pelupuk mata dan setengahnya warna kekuningan membuat burung ini jadi tipe burung Indonesia yang elok dan mengundang perhatian banyak khalayak. Di tahun 1991 juga, burung Jalak Balik jadi simbol fauna propinsi Bali.

burung-indonesia-termahal

Kasuari

Burung berikut memang menjadi satu diantara burung icon burung yang dari Papua. Sama seperti dengan Cendrawasih, meskipun namanya burung tetapi hakekatnya burung ini benar-benar tidak dapat terbang. Walau jadi icon burung yang dari Papua, burung ini ada juga yang dari negeri Kanguru yaitu Australia.

Mempunyai tubuh yang memiliki ukuran besar dan bulu-bulu warna hitam membuat burung ini kelihatan benar-benar gagah. Dibalik kekhasan dan keelokan burung ini, tetapi dia termasuk dari hewan yang cukup agresif dan memiliki cakar yang tajam. Bila sedang nikmati keindahan burung ini sebaiknya lebih waspada.

Murai Batu

Murai Batu atau yang disebutkan dengan Kucica Rimba, burung satu ini mempunyai nama latin yang unik yakni Copsychus Malabaricus. Penyebaran burung ini kurang lebih dari pulau Sumatra dan beberapa di pulau Jawa. Termasuk juga tipe burung Indonesia yang bisa berkicau dengan keras dan memiliki suara cukup merdu dan nikmat didengarkan.

Dengan corak warna hitam pada semua badan terutamanya punggung sayap, membuat burung satu ini kelihatan benar-benar elok dan unik. Ditambahkan lagi, corak warna merah dan semburat kekuningan di bagian dada dan perutnya membuat kelihatan lucu. Burung ini terhitung burung kecil hanya karena memiliki ukuran 14 sampai 17 cm.

Nuri Sayap Hitam

Nuri Merah-Biak demikian beberapa orang mengenali nama lain dari burung ini. Burung ini ada beberapa perubahannya di wilayah Papua terutamanya di beberapa pulau Teluk Cendrawasih. Sama ukuran sedang, sekitaran 30 cm panjangnya, ditambahkan bulu-bulu warna merah ceria membuat burung ini terlihat cantik.

Bersamaan dengan berjalannya waktu, jumlah tipe burung Indonesia yang elok ini makin langka. Akibatnya karena tindakan pelaku-oknum yang tidak bertanggungjawab yang lakukan penangkapan liar dan penebangan rimba secara illegal.

Macaw Sayap Hijau

Dengan komunitas asli ada di Indonesia, burung Macaw Sayap Hijau menjadi satu diantara burung yang paling bidik oleh beragam kelompok di semua dunia. Kecantikan dari burung ini lumayan menarik perhatian, karena bulu-bulunya yang warna ceria dan dikuasai oleh warna hijau dan biru.

Bukan itu saja, burung ini mempunyai paruh yang lumayan besar sebagai icon dari burung Macaw itu sendiri. Ukuran paruh yang besar berperan untuk pecahkan kacang-kacangan sebagai bahan khusus makanan mereka. Burung ini bisa juga diketemukan di sejumlah kebun binatang di Indonesia.

Lorikeet Pelangi

Sama dengan namanya, burung Lorikeet Pelangi mempunyai corak warna yang cukup unik. Yaitu yang seperti sebuah pelangi. Warna hijau, merah, kuning, biru, orange bersatu jadi satu warna yang elok bak pelangi. Tidaklah aneh, bila tipe burung Indonesia ini jadi sasaran beragam kelompok di semua dunia.

Ditambah dengan paruh imut warna jingga yang membuat mereka lebih benar-benar menggemaskan. Paruh kecil yang dipunyai burung ini dipakai untuk memakan dan tangkap serangga kecil sebagai makanan setiap hari mereka. Meskipun kelihatan benar-benar cantik, tapi bila menemui burung ini tetap harus waspada, karena termasuk hewan agresif.

Indonesia memang banyak memiliki tipe burung yang unik dan cantik. Seperti misalnya, Merak, Cendrawasih, Kasuari, Enggang dan ada banyak lagi. Burung-burung itu termasuk burung yang bisa mengundang perhatian karena warna dan corak bulu-bulu, belum juga kembali wujud paruh yang lain dibanding burung pada umumnya.