03/12/2020

Disini Saja

Disini Saja

Tips Agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat di Era New Normal

Tips Agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat di Era New Normal

Di era new normal seperti saat ini, masyarakat sudah kembali beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit di masa pandemi ini. Agar daya tahan tubuh anak kuat di tengah pandemi, orangtua harus berperan langsung membantu menjaga imunitas anak.

Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh juga tak kalah penting bagi anak-anak. Karena selayaknya orang dewasa, anak-anak juga rentan terpapar virus COVID-19. Berikut ini tips meningkatkan daya tahan tubuh anak yang wajib diketahui orangtua.

  1. Mengajak Anak Tetap Aktif

Meskipun anak banyak menghabiskan waktu di rumah, jangan biarkan ia hanya berkutat dengan ponsel ataupun bermalas-malasan. Sebisa mungkin ajak buah hati untuk tetap aktif, salah satu caranya adalah dengan berolahraga seperti berlari, berenang, ataupun bersepeda.

Biarkan anak bermain di luar rumah, karena dengan bermain di luar tubuhnya akan aktif bergerak, mendapatkan vitamin D dari sinar matahari serta dapat menghirup udara segar.

  1. Memberikan Makanan Bergizi

Anda juga wajib memberikan makanan yang kaya akan gizi agar daya tahan tubuh anak terjaga dengan baik, seperti memberikan buah dan sayur setiap hari. Beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh anak adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, zat besi, tembaga, mangan, seng, dan selenium.

  1. Memastikan Beristirahat Cukup

Agar daya tahan tubuh anak kuat, Anda perlu memastikan anak mendapatkan waktu beristirahat dan tidur yang cukup. Karena jika anak kurang tidur, ia akan mudah merasa lelah sehingga dapat menurunkan imunitas dan rentan terkena penyakit.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Agar tubuh anak terhidrasi dengan baik, Anda juga perlu menjaga asupan cairan dalam tubuhnya dengan memberikan air putih dan juga buah-buahan setiap hari.

  1. Menghindari Konsumsi Antibiotik Terlalu Sering

Perlu diperhatikan bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat disembuhkan dengan antibiotik, sehingga jika anak menderita penyakit yang bukan disebabkan oleh bakteri ada baiknya untuk tidak memberikan antibiotik. Karena alih-alih menyembuhkan, penggunaan antibiotik tanpa anjuran dokter justru dapat memperburuk kondisi anak.

Biasakan Anak Menjaga Kebersihan

Untuk melindungi anak dari virus dan menjaga kekebalan tubuhnya, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan orangtua adalah mengajarinya kebiasaan hidup bersih sedari dini. Berikan pemahaman bahwa hidup bersih sangat penting untuk menjaga tubuh dari paparan virus, salah satu caranya adalah dengan rajin mencuci tangan.

Karena tangan adalah media transmisi utama virus dan kuman, sehingga ajarkan ia untuk selalu mencuci tangan dengan benar setelah batuk, bersin, setelah dari kamar mandi, setelah menyentuh hewan peliharaan, setelah bermain di luar, ataupun setelah bepergian dari luar.

Itulah tips agar daya tahan tubuh anak kuat di era tatanan baru seperti saat ini. Semoga tips diatas bermanfaat.